9 Poin tentang AI Improving Customer Experience dalam Bisnis

ai improving customer experience

Peningkatan performa kinerja dapat didukung banyak oleh optimasi teknologi AI. Dalam konteks peningkatan customer experience, AI ternyata juga memiliki peran yang tidak kecil. AI improving customer experience, menjadi topik utama dalam artikel kali ini.

Customer experience sendiri menjadi penting, karena dapat membantu memberikan efek jangka panjang pada hubungan antara bisnis dengan pelanggan. Semakin baik pengalaman yang didapatkan, semakin loyal pula pelanggan pada produk dan brand yang Anda miliki, sehingga terdapat hubungan saling menguntungkan untuk masa yang akan datang.

Sederet alasan harus dipahami oleh pebisnis mengenai bagaimana AI menjadi signifikan pada konteks peningkatan customer experience ini. Setidaknya terdapat sembilan poin berbeda, yang dapat Anda cermati di bawah ini.

Baca Juga: Sudahkah Anda Menggunakan AI Risk Management?

1. Know Your Customer

Salah satu cara bagaimana AI dapat meningkatkan pengalaman pelanggan adalah dengan know your customer. Konsep ini dapat membantu Anda mengumpulkan data pelanggan secara organik, menganalisanya secara real-time, dan memberikan data komprehensif mengenai pelanggan yang Anda miliki.

Tentu saja, data ini berguna untuk membantu proses penyusunan customer journey, sehingga benar-benar membuat mereka merasa nyaman dan segera dapat menemukan solusi atas masalah yang dimilikinya. Data tersebut juga dapat membantu urusan pemasaran, sehingga strategi yang disusun lebih akurat.

2. Menambahkan Efisiensi Kerja

ai improving customer experience
Sumber: freepik.com

Sebenarnya tidak terbatas pada efisiensi saja, namun juga kesederhanaan, dan produktivitas secara umum dalam proses bisnis yang ada. Misalnya saja dalam bentuk chatbot, otomasi jawaban yang diberikan pada pelanggan dapat menyelesaikan banyak masalah umum secara cepat dan tepat.

Pengerjaan tugas repetitif dapat diatur sedemikian rupa sehingga dapat selesai lebih cepat, sehingga banyak sumber daya dapat dioptimalkan untuk kebutuhan strategis yang lain. Produktivitas perusahaan dapat meningkat, karena sumber daya yang ada dapat dialokasikan untuk urusan lain selain proses repetitif.

3. Membantu Proses Pengambilan Keputusan

Dapat menjalankan peran sebagai ‘asisten’ dan ‘penyedia data’ untuk bisnis, hal ini banyak berperan pada proses pengambilan keputusan yang harus dilakukan. Terkait dengan customer experience, keputusan akan berkisar pada bagaimana perjalanan pelanggan, apa campaign yang tepat, dan hal-hal yang sifatnya berpusat pada pelanggan.

Yang jelas, penggunaan AI dalam urusan customer experience dapat membantu memprediksi kondisi dan selera pelanggan di masa yang akan datang.

4. Alur Pembelian yang Efektif

ai improving customer experience
Sumber: freepik.com

Pengalaman pelanggan akan dibentuk dari interaksi yang terjadi antara mereka dengan bisnis yang dijalankan. Hal ini juga termasuk pada proses pembelian. Tidak sedikit pelanggan yang sudah memasukkan produk ke dalam keranjang, namun tidak berlanjut ke tahap pembayaran karena banyak proses yang berbelit dan merepotkan.

AI akan mengambil peran dalam penyederhanaan hal ini. Dengan keterlibatan AI, alur transaksi dapat dipermudah sehingga pelanggan dapat menyelesaikan transaksi saat mereka ingin, dan tanpa memakan banyak waktu.

5. Deteksi pada Fraud

Pelanggan akan mendapatkan experience yang baik ketika tempat mereka beraktivitas terjamin keamanannya. Deteksi pada fraud dapat dilakukan oleh AI, sehingga data yang diberikan oleh pelanggan lebih terlindung dari upaya penyalahgunaan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Bahkan, pelanggan dapat memperoleh notifikasi ketika akun yang dimilikinya melakukan kegiatan di luar kebiasaan, atau login pada perangkat yang tidak terdaftar.

6. Analisis Pelanggan

ai improving customer experience
Sumber: freepik.com

Poin keenam dalam konteks AI improving customer experience adalah pada sektor analisis data pelanggan secara luas. AI, memiliki kemampuan untuk memproses data dalam jumlah besar dan kompleks, dan dapat memberikan hasil analisis yang sesuai dengan harapan.

AI dapat membantu Anda memahami konteks mengenai bagaimana tanggapan pelanggan pada apa yang dihadapinya saat ini, dan memberikan gambaran mengenai apa yang mereka inginkan dalam interaksinya dengan bisnis yang Anda miliki.

7. Proses Swalayan

Kecerdasan buatan dapat menyediakan insight berharga tentang dimana pelanggan berhenti atau stuck dalam melaksanakan transaksi yang mereka inginkan. Apa yang membuatnya ragu, apa yang menjadi hambatan ketika melakukan proses pelayanan mandiri, semua dapat diperoleh dari analisis AI.

Dengan insight ini, Anda dapat menyusun sistem self-service yang lebih solid dan simpel, sehingga pelanggan tidak perlu repot ketika akan memenuhi kebutuhannya sendiri dengan produk yang Anda miliki.

8. Engagement Lebih Besar Melalui Visual, Teks, dan Suara

ai improving customer experience
Sumber: freepik.com

Dengan kemampuan AI dalam mengenali ekspresi wajah, teks tanggapan, dan suara dari pelanggan, Anda dapat membuat konten promosi atau marketing yang jauh lebih engaging. Artinya, konten dapat disesuaikan dengan apa yang lebih disukai pelanggan, sehingga mendapatkan respon lebih baik dan berpotensi besar menjadi leads dan sales.

9. Predictive Personalized Experience

Terakhir adalah poin tersebut. AI akan membuat Anda, para pebisnis, untuk menganalisis riwayat interaksi pelanggan dan memperkirakan apa tindakan berikutnya, dan menggunakan informasi yang diperoleh untuk menyediakan tawaran yang lebih sesuai.

Dengan demikian, perusahaan dapat memperoleh tingkat engagement dan keuntungan yang lebih tinggi, karena pembelian lebih mungkin terjadi dari promosi yang tepat sasaran ini.

Baca Juga: Ketahui Proses OCR dan Apa Saja Manfaatnya bagi Bisnis Anda 

Memang, konsep AI improving customer experience idealnya menjadi pemahaman dasar para marketer kekinian. Penetrasi teknologi AI dalam sektor bisnis ini tidak lagi dapat dielakkan, dan adaptasi harus segera dilakukan. Tentu, adaptasi ini dapat dilakukan dengan banyak cara, dan tetap dapat membantu meningkatkan customer experience yang dimiliki bisnis Anda. Salah satunya adalah dengan memberikan kemudahan pada proses verifikasi, dengan metode verifikasi yang didukung AI dalam proses kerjanya. Produk-produk seperti ini disediakan oleh Verihubs dalam penawaran yang menarik, dan dapat Anda peroleh dengan menghubungi layanan pelanggan kami sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya