Lindungi Bisnis Anda! Kenali Apa Itu Customer Identity Fraud

apa itu customer identity fraud

Penggunaan identitas individu secara curang atau pencurian identitas melibatkan perolehan informasi mereka dan menggunakannya untuk tujuan kriminal. Pada umumnya, para korban pencurian identitas tidak pernah tahu persis bagaimana informasi mereka diperoleh hingga disalahgunakan. Untuk bisnis, baik skala besar atau kecil, sangat penting untuk mengetahui siapa pelanggan mereka dan mencegah terjadinya customer identity fraud.

Penipuan dapat memengaruhi bisnis dalam beberapa cara, mulai dari kerugian finansial hingga kerusakan reputasi. Sebagai contoh, kreditur di sektor keuangan perlu memeriksa pelanggan baru dengan prosedur validasi data pelanggan yang ketat.

Langkah-langkah tersebut tidak hanya membantu bisnis melindungi diri dari penipuan data, akan tetapi juga menjaga kepercayaan pelanggan yang sudah ada.

Tapi bagaimana Anda menerapkan pemeriksaan verifikasi data ke dalam model bisnis Anda? Dan yang lebih penting, dengan cara yang tidak memengaruhi pengalaman pelanggan. Nah, artikel ini akan menjelaskan bagaimana bisnis dapat melindungi diri mereka sendiri dengan lebih baik terhadap  customer identity fraud, dengan metode bagaimana memverifikasi identitas asli pelanggan.

Cara Bisnis Mencegah  Customer Identity Fraud

apa itu customer identity fraud
Sumber: Freepik

Di dunia yang sangat terhubung dan digital seperti sekarang ini, ada kemungkinan pelanggan Anda menjadi korban penipuan identitas. Perusahaan, pelanggan, dan data Anda dapat sangat terpengaruh oleh penipu. Inilah mengapa sangat penting untuk menyadari  customer identity fraud dan memastikan bahwa data pelanggan Anda berkualitas tinggi dan akurat.

Ada beberapa cara agar Anda tetap waspada terhadap  customer identity fraud dan menjaga kebersihan data Anda, serta metode untuk mengidentifikasi informasi penipuan atau spam di database Anda.

Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana untuk membantu Anda mencegah pencurian identitas pelanggan dan memverifikasi data pelanggan:

1. Identifikasi Verifikasi

Tujuan verifikasi identitas adalah untuk membuktikan bahwa individu di balik proses adalah benar-benar seperti yang mereka klaim. Alasannya adalah untuk mencegah seseorang melakukan proses atas nama orang lain tanpa izin, membuat identitas palsu, atau melakukan penipuan.

Memeriksa identitas secara konsisten akan mengurangi kemungkinan bahwa satu organisasi atau layanan akan melakukan pemeriksaan identitas yang kurang efektif daripada yang lain. Sehingga akibatnya, penipuan identitas dapat ditargetkan pada lebih sedikit organisasi dan layanan.

Bukti fisik dan digital dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang, di mana ini bisa dalam bentuk paspor atau informasi yang disimpan dalam database misalnya. Memeriksa bukti sangat penting dan Anda harus yakin itu asli. Ini juga akan membuktikan apakah itu telah dipalsukan atau palsu. Dengan berhasil memeriksa identitas pengguna, maka Anda dapat yakin bahwa Anda akan memberikan hal yang benar kepada orang yang tepat.

2. Periksa Laporan Keuangan dan Kredit Secara Teratur

Berbeda dengan penipuan kartu kredit terhadap individu, penipuan kredit bisnis dapat memengaruhi banyak orang, bahkan reputasi perusahaan. Penipu tidak memerlukan kartu kredit bisnis fisik untuk melakukan penipuan, sehingga aktivitas tidak sah dapat terjadi tanpa sepengetahuan Anda. Laporan kartu kredit bisnis yang menunjukkan transaksi penipuan mungkin menunjukkan bahwa Anda telah menjadi korban penipuan.

Maka dari itu, periksa tagihan Anda secara teratur untuk tagihan yang tidak biasa sehingga Anda dapat mengetahuinya sesegera mungkin. Supaya tugas ini lebih mudah dikelola, pertimbangkan untuk memanfaatkan alat perbankan online untuk melakukan tinjauan mingguan. Perbarui kata sandi secara teratur dan tetap waspada saat menerima pesanan. Pastikan bahwa masalah dilaporkan ke perusahaan kartu kredit sesegera mungkin.

3. Verifikasi Dokumen Online

Metode verifikasi pelanggan yang paling umum adalah verifikasi dokumen online. Menggunakan solusi pihak ketiga yang membantu memverifikasi dokumen online, Anda akan dapat mengidentifikasi pelanggan dengan mudah, di mana teknologi semacam ini memberikan bukti keaslian 100%, meskipun dapat menimbulkan ketidaknyamanan tambahan bagi pelanggan.

4. Otentikasi Berbasis Pengetahuan

Anda bisa memanfaatkan pengambilan keputusan yang efektif berdasarkan komposisi identitas. Analisis yang lebih komprehensif tentang komposisi identitas dan pencegahan transaksi penipuan dapat dilakukan dengan melihat lebih dari sekedar hasil “cocok/cocok” atau “lulus/gagal”. Jika perlu, dapatkan tingkat verifikasi yang lebih tinggi.

Buat pertanyaan Otentikasi Berbasis Pengetahuan yang dinamis saat ada atribut identitas yang mencurigakan dengan menjalankan pertanyaan pilihan ganda yang hanya dapat dijawab oleh pelanggan Anda yang sebenarnya.

5. Kenali Pelanggan Anda (KYC)

Sebagai bagian dari peraturan Kenali Pelanggan Anda (KYC), bank memverifikasi keabsahan calon pelanggan sebelum mereka membuka rekening, serta selama masa pakai rekening. Prosedur KYC sangat penting untuk industri perbankan, keuangan, dan juga asuransi khususnya karena mencegah penjahat dan pelaku jahat lainnya dari dengan mudah menyembunyikan dana tidak sah. Selain melindungi bank dari kerugian keuangan dan reputasi, proses KYC ini juga dapat memastikan kepatuhan terhadap peraturan pemerintah.

Baca juga: Pentingnya Deteksi Fraud dan Upaya Pencegahannya bagi Bisnis

6. Gunakan Software Verifikasi Identitas Terbaik

apa itu customer identity fraud
Sumber: Freepik

Perangkat lunak atau software verifikasi identitas akan membantu perusahaan memverifikasi identitas pengguna mereka di kehidupan nyata. Karena mudahnya membuat identitas palsu secara online, maka sangat penting untuk memastikan bahwa seseorang adalah seperti yang mereka katakan. Perangkat lunak yang memverifikasi identitas adalah cara yang terbaik untuk memastikan apa yang Anda lihat di situs website sesuai dengan yang Anda harapkan secara langsung.

Proses masuk, pertanyaan, dan jawaban, atau ID video adalah metode umum perangkat lunak verifikasi identitas. Dengan menggunakan perangkat lunak semacam ini, maka Anda akan meminimalkan risiko menjadi korban penipuan untuk bisnis Anda dan memaksimalkan kepercayaan pelanggan.

Jika saat ini Anda ingin menemukan penyedia verifikasi identitas dan solusi pencegahan penipuan yang dapat berkembang dengan cepat dan mudah seiring perubahan taktik yang digunakan oleh penipu, Verihubs bisa Anda pilih.

Baca juga: Bermanfaat, Bagaimana Cara Kerja Fraud Detection System?

Verihubs menyediakan Identity Verification layanan verifikasi yang solid, handal, dan akurat, untuk melindungi akses dari akun yang dimiliki oleh pengguna. Proses verifikasi dalam yang dilakukan sangat kuat sehingga sulit untuk ditembus. Hubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!