7+ Rekomendasi Aplikasi Absensi Online AI Terbaik

aplikasi absensi online ai

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin maju, memungkinkan semua pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif. Salah satu contohnya adalah kegiatan absensi. Jika dulu karyawan atau pegawai harus mengisi absen secara manual, kini Anda tinggal melakukan absensi online dalam waktu beberapa detik saja. 

Selain itu, tren teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) yang belakangan ini populer, semakin memudahkan Anda untuk melakukan absensi lewat fitur-fiturnya yang canggih. Nah, bagi Anda yang sedang mencari solusi absen mudah sekaligus fleksibel aksesnya, bisa menyimak pembahasan artikel berikut ini! 

7+ Rekomendasi Absensi Online untuk Kelola Daftar Hadir

Absensi fingerprint dan sejenisnya sekarang ini sudah tidak lagi zaman. Banyak perusahaan yang mulai beralih ke absensi digital, karena dinilai lebih fleksibel dan efisien. Pihak manajemen pun juga semakin mudah merekap data hadir karyawan. Dapatkan informasi lebih lanjut terkait rekomendasi tools-nya di bawah ini!

1. Verihubs

cara kerja absensi face recognition
Cara Kerja Absensi Face Recognition Verihubs

Sebagai salah satu penyedia jasa absensi online, Verihubs menawarkan teknologi AI dengan fitur canggihnya, yakni Face Recognition. Melalui fitur Face Recognition atau deteksi wajah, karyawan Anda tidak perlu repot-repot lagi mengisi daftar hadir secara manual. 

Cara kerja Face Recognition terdiri dari beberapa tahapan. Pertama, wajah Anda akan terpindai oleh sistem. Kedua, AI akan melakukan analisis wajah. Ketiga, teknologi akan mengkonversi gambar ke data. Lalu, yang keempat adalah pencocokkan wajah.  

Kelebihan fitur ini menyebabkan pengelolaan administrasi kehadiran dalam perusahaan dapat berjalan optimal. Teknologi ini juga mampu meminimalisir terjadinya kecurangan dalam proses kehadiran. 

Pasalnya, AI akan membandingkan wajah-wajah yang terdeteksi dengan database, supaya orang lain tidak bisa menggantikan untuk absen. 

Dampak baik lainnya, keakuratan fitur deteksi wajah dari Verihubs akan meningkatkan kedisiplinan karyawan. Bahkan, Anda juga bisa memadukan fitur ini dengan teknologi liveness detection, sehingga memberi keamanan ekstra untuk mencegah pemalsuan identitas digital. 

2. Jibble

Salah satu aplikasi absen online yang bisa Anda unduh di Play Store adalah Jibble. Jibble dilengkapi dengan teknologi GPS (Global Positioning System), sehingga memudahkan pelacakan lokasi karyawan. Nantinya, tracking data karyawan yang berisi informasi waktu dan tempat, bisa tersampaikan secara rinci melalui aplikasi ini. 

Sebagai media untuk absen, Jibble memungkinkan karyawan untuk mengambil swafoto saat check in maupun check out. Selain itu, aplikasi ini menawarkan versi profesional, yang lengkap dengan fitur payroll untuk menghitung gaji karyawan. Lama waktu bekerja dan overtime pun akan ikut tercatat melalui aplikasi ini. 

3. WiFi Attendance

Seperti namanya, WiFi Attendance memanfaatkan jaringan WiFi sebagai alat absensi bagi karyawan perusahaan. Pencatatan kehadiran karyawan akan secara otomatis dilakukan ketika mereka terhubung dengan jaringan WiFi kantor. Aplikasi ini berbeda dari aplikasi sebelumnya, karena tidak menyediakan fitur GPS maupun selfie

Meskipun begitu, aplikasi ini memungkinkan absensi online pegawai secara real time. Jadi, pihak manajer dapat memantau siapa saja yang hadir dan mengisi absen melalui dashboard online. Selain itu, Anda juga akan memperoleh ringkasan kehadiran berupa jam masuk hingga jam keluar.  

4. Clockify

Bagi pengguna Android, iOS, maupun desktop, bisa memakai Clockify sebagai media absen daring yang bebas akses, alias gratis. Aplikasi ini menyediakan time tracker dan timesheet. Pada time tracker, Anda dapat mengatur waktu untuk menghitung durasi pekerjaan secara akurat. 

Sementara itu, untuk mengisi data waktu, dapat Anda lakukan pada timesheet yang merangkum seluruh kegiatan Anda. Kedua fitur tersebut membantu pelacakan produktivitas karyawan semakin mudah, dengan data-data rekapan yang tersimpan. 

Aplikasi ini memang gratis, tetapi dengan fitur yang terbatas. Jika Anda menginginkan akses lebih banyak dari aplikasi ini, maka dapat melakukan langganan ke paket berbayar. 

5. Hubstaff

Absen online pakai aplikasi apa? Jika Anda memiliki karyawan yang lebih banyak bekerja di lapangan, maka menggunakan Hubstaff bisa jadi solusi. Aplikasi ini memungkinkan absen dengan fitur GPS yang dapat melacak lokasi karyawan secara real time.  

Dengan adanya fitur GPS, pemantauan terhadap karyawan yang turun di lapangan atau bertugas di luar kantor semakin efisien. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan time tracker untuk memasukkan detail durasi waktu mengerjakan proyek. 

Anda bisa melihat laporan dan analisis terkait waktu dan jenis proyek yang sedang karyawan kerjakan. Hal ini membantu untuk memantau kinerja karyawan dan produktivitasnya. 

Baca Juga: Contoh Absensi Kehadiran Karyawan dengan Teknologi AI

6. QuickBooks Time

Saran aplikasi absensi online gratis yang bisa Anda gunakan berikutnya adalah QuickBooks Time. Aplikasi ini dapat mencatat waktu keluar dan masuk karyawan melalui ponsel masing-masing. Selain itu, karena mendapat perbekalan GPS, HR (Human Resources) dapat memantau aktivitas karyawan dengan lebih mudah. 

Adanya QuickBooks Time juga meringankan pekerjaan HR di bidang administrasi. Penghitungan gaji karyawan misalnya, bisa lebih mudah karena aplikasi ini terhubung dengan software akuntansi QuickBooks. Supaya mendapatkan semua fitur utamanya, Anda dapat berlangganan di paket berbayar. 

7. Connecteam

Connecteam menawarkan kelebihan pengelolaan karyawan dalam satu aplikasi. Hal ini sesuai dengan slogannya yang bertuliskan All-in-One App. Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini, antara lain clock in and out, job progress, daily reports, hingga group chat

Fitur clock in and out berfungsi untuk mencatat waktu kehadiran karyawan secara akurat. Selain itu, Anda dapat mengirimkan notifikasi pemberitahuan melalui aplikasi ini untuk mengingatkan para karyawan terkait tenggat waktu tugas atau absensi. 

Kelebihan lainnya dari Connecteam adalah akses multi platform yang memungkinkan Anda membukanya dari perangkat seluler maupun desktop. Berdasarkan fitur dan kelebihannya, absensi online ini dapat memudahkan pengelolaan karyawan dalam satu tempat. 

8. Time Clock by Homebase

Time Clock by Homebase mampu mencatat kehadiran karyawan dengan lebih efisien dan aman. Pasalnya, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur PIN, sehingga aksesnya bersifat personal. Anda bisa menggunakan device smartphone, tablet, atau komputer untuk mengakses aplikasi ini. 

Cara aplikasi ini merekap absen dari karyawan adalah melalui beberapa metode verifikasi identitas. Misalnya, seperti kode PIN, sidik jari, hingga scan barcode. Tujuan daripada metode ini adalah memastikan karyawan melakukan absen dengan akurat dan otentik. 

Baca Juga: Berguna untuk Bisnis, Pilih Aplikasi Absensi Online Terbaik!

Tertarik Menggunakan Absensi Online Berbasis AI?

Ilustrasi Penggunaan Absensi Face Recognition Verihubs

Dari berbagai rekomendasi absensi online di atas, Verihubs memiliki keunggulan daripada tools lainnya. Pasalnya, masih jarang aplikasi absen daring gratis yang menyediakan fitur Face Recognition seakurat milik Verihubs. Pasalnya, tingkat akurasi biometrik kami mencapai hingga 99,9%

Kami menawarkan teknologi biometrik terbaik yang mampu mendeteksi wajah seseorang, bahkan saat memakai aksesoris. Selain itu, sistem kami mampu memberikan notifikasi, ketika gambar blur atau pencahayaan kurang terang. Hal ini membuat operasional lebih efisien dan meningkatkan pengalaman pengguna. 

Terlebih lagi, sudah banyak perusahaan besar yang memakai jasa Verihubs, seperti Miniso, Rukita, Bukalapak, Detik.com, dan masih banyak lainnya. Bahkan, kami telah mengantongi sertifikat ISO 27001 dan NIST FRTE 1:1 & 1:N. Jadi, tunggu apalagi? Segera pakai Face Recognition dari Verihubs untuk pengalaman absen terbaik!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!