7 Manfaat Aplikasi Identifikasi Wajah dalam Bisnis

aplikasi verifikasi wajah

Untuk memudahkan pengguna jasa dan produk dari sebuah bisnis, banyak teknologi dikembangkan. Salah satu teknologi yang belakangan cukup populer dan ternyata banyak memiliki manfaat, adalah aplikasi identifikasi wajah.

Merasa asing dengan hal ini?

Mungkin jika Anda melihat penggunaannya dalam metode membuka kunci di smartphone atau perangkat laptop, kemudian konfirmasi pada industri fintech, atau konfirmasi identitas saat melakukan pendaftaran berbagai layanan, Anda akan menyadari betapa teknologi ini dekat dengan Anda.

Seperti namanya, aplikasi identifikasi wajah digunakan untuk dapat mengenali wajah user untuk berbagai keperluan. Untuk verifikasi identitas, untuk mencocokkan dengan data yang dimiliki, dan lain sebagainya.

Tapi apakah hanya ini saja manfaatnya?

Baca Juga: Cermati 2 Perbedaan Utama Face Comparison dan Face Recognition

7 Manfaat Aplikasi Identifikasi Wajah

Aplikasi identifikasi wajah
Sumber: freepik.com

Tidak sedikit manfaat aplikasi identifikasi wajah di berbagai segmen industri dan bisnis, jika diaplikasikan dengan tepat. Dalam bidang keamanan, dalam bidang hospitality, dalam tugas aparat kepolisian, hingga dalam penyusunan database pelanggan yang kuat dan solid untuk berbagai keperluan bisnis.

1. Berjaga-Jaga pada Tindak Kriminal

Ketika Anda memasang aplikasi ini dalam sistem keamanan yang Anda miliki, maka wajah pelaku kejahatan atau orang mencurigakan dapat dengan mudah dikenali, mengacu pada database pihak kepolisian. Proteksi ini diperlukan sehingga bisnis atau area properti yang Anda miliki lebih aman dari ancaman penjahat atau tindakan kriminal.

2. Membuka Perangkat Elektronik

Mulai dari smartphone, kemudian laptop, tablet, hingga pada penerapannya di smart home yang dapat membantu Anda membuka kunci rumah, semua dapat menjadi manfaat dari aplikasi yang satu ini. Jelas, pengaturannya akan disesuaikan dengan kebutuhan, namun ini menunjukkan luasnya spektrum penerapan teknologi ini.

3. Membantu Menemukan Orang Hilang

Lebih lanjut pada penerapan teknologi dan aplikasi ini, Anda juga dapat merasakan manfaatnya dalam upaya menemukan orang hilang. Perangkat yang terhubung dengan kamera di tempat umum dapat terhubung dengan aplikasi ini, dan membantu upaya menemukan orang hilang yang kebetulan berada di area yang terpantau CCTV.

4. Tugas Kepolisian dalam Hal Investigasi dan Identifikasi

Aplikasi identifikasi wajah tentu sangat membantu aparat kepolisian dalam melaksanakan tugasnya, baik dalam tugas harian, investigasi, atau identifikasi. Dengan penggunaan aplikasi ini, pihak kepolisian hanya perlu citra wajah dari seseorang, untuk melacaknya di database yang mereka miliki.

5. Mengidentifikasi Seseorang dengan Mudah

Untuk urusan hospitality, teknologi ini dapat membantu mengidentifikasi dan melakukan verifikasi pada identitas seseorang. Misalnya untuk urusan check in di tempat umum, akses masuk ke fasilitas tertentu, hingga mengenali tamu-tami VIP yang telah direncanakan mendapatkan perlakuan khusus, semua akan lebih mudah dengan teknologi ini.

6. Presensi Karyawan dan Siswa

Penerapannya di bidang bisnis dan pendidikan juga dapat membantu urusan presensi. Seseorang hanya perlu menghadap ke perangkat pemindai yang berupa kamera, dan data kehadiran akan secara otomatis tercatat, lengkap dengan identitas dan waktu presensi orang tersebut.

7. Mengakomodir Transaksi yang Aman

Verifikasi pada aplikasi fintech memerlukan metode yang aman dan solid dalam mengamankan transaksi yang dilakukannya. Selain PIN, Anda juga dapat menerapkan penggunaan identifikasi wajah menggunakan aplikasi sejenis. Dengan demikian transaksi yang dilakukan akan dapat diverifikasi dengan baik oleh pemilik sah akun tersebut.

Cukup banyak bukan manfaat dari aplikasi pengenalan wajah ini?

Kenali Cara Kerjanya, Maksimalkan Semua Fiturnya

Aplikasi identifikasi wajah
Sumber: freepik.com

Sebenarnya cara kerja dari teknologi ini cukup sederhana untuk dipahami. Namun secara praktis, banyak proses yang dilibatkan dan proses ini berjalan demikian cepat karena bantuan sistem yang solid.

  • Pertama, perangkat dan sistem akan melakukan deteksi. Deteksi merupakan proses untuk menemukan wajah dari sebuah citra yang tertangkap kamera. Wajah akan dikenali dari karakter yang telah ditetapkan sebagai template pada sistem. Di beberapa teknologi yang lebih lanjut, deteksi wajah tidak hanya dapat dilakukan dari depan, namun juga dari bagian samping.
  • Kedua, penggunaan penglihatan komputer. Teknologi ini digunakan untuk mengidentifikasi objek, berupa orang, tempat, dan benda dalam citra yang diperoleh kamera. Proses ini akan berjalan cepat dan dibantu dengan teknologi AI, sehingga semua objek yang diperlukan dalam analisis, yakni proses selanjutnya, bisa diperoleh dengan akurat.
  • Ketiga, proses analisis, wajah yang sudah didapatkan dan dikenali oleh sistem kemudian melalui tahap analisis terkait dengan ciri dan profil fisiknya. Data ini akan dikonversi menjadibentuk deret angka dan data yang mewakili profil wajah tersebut, dan dibandingkan dengan database yang sudah dimiliki.
  • Keempat, proses pengenalan wajah. Dengan berbekal hasil deret data dan angka yang terjadi di tahap ketiga, sistem kemudian dapat mencocokkan data ini dengan data yang ada di database. Proses pencocokan juga akan berjalan cepat, dengan bantuan AI sebagai ‘otak’ dari sistem ini. Setelah ditemukan kecocokan, sistem akan melakukan konfirmasi dan pemberitahuan pada identitas user tersebut.

Lalu Adakah Rekomendasi Sistem Identifikasi Wajah yang Handal?

Pilihan pada sistem dan aplikasi identifikasi wajah yang terbaik harus jatuh pada sebuah sistem yang solid, yang memiliki landasan database kuat, dan memiliki fitur lengkap sehingga dapat dengan mudah beradaptasi dengan kebutuhan Anda.

Jawabannya tentu saja, adalah Verihubs.

Baca Juga: Face Identification 101: Konsep, Cara Kerja, dan Bedanya dengan Face Verification 

Produk Verihubs berfokus pada berbagai sistem verifikasi, salah satunya adalah Biometric Verification. Produk ini memungkinkan Anda memperoleh aplikasi identifikasi wajah yang solid, mudah digunakan, dan user-friendly, sehingga pengguna yang Anda miliki juga tidak akan kesulitan. Di dalamnya terdapat fitur Face Recognition dan Liveness Detection, untuk membantu proses verifikasi yang dibutuhkan. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan kami sekarang juga. Segera gunakan Verihubs, dan optimalkan semua proses bisnis yang Anda milikI!

Artikel Terbaru Kami

insurance fraud

Mengenal Apa Itu Insurance Fraud dan Cara Mencegahnya

10 Perkembangan Teknologi Asuransi Beserta Pemanfaatannya

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!