Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Contohnya dalam Bisnis

Siapa yang tidak kenal dengan ChatGPT? ChatGPT adalah salah satu contoh nyata dari penggunaan artificial intelligence yang paling banyak digunakan saat ini. Teknologi kecerdasan buatan ini menjadi salah satu bentuk perkembangan teknologi yang semakin populer belakangan ini.

Berbagai sistem teknologi telah menyisipkan teknologi AI untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Atau Anda justru belum mengenal apa itu kecerdasan buatan dan berbagai aplikasinya? Jangan khawatir, Anda bisa mengetahui semuanya dalam ulasan di bawah ini!

Apa Itu Artificial Intelligence?

Artificial Intelligence adalah sebuah program komputer yang dirancang sedemikian rupa, sehingga menyerupai kecerdasan manusia, mencakup kemampuan logika dan penalaran, pengambilan keputusan, cara belajar, maupun cara mengoreksi diri.

Dengan kata lain, AI merupakan sebuah sistem komputer atau perangkat yang menerapkan cara berpikir layaknya manusia. Oleh karena itu, teknologi AI disebut mempunyai potensi yang besar untuk mengubah kehidupan manusia di masa mendatang. 

Perangkat yang menerapkan teknologi AI umumnya dapat melakukan empat tindakan, yaitu dapat bertindak seperti manusia (acting humanly), berpikir seperti manusia (thinking humanly), kemampuan berpikir secara rasional (thinking rationally), dan kemampuan bertindak dengan rasional (acting rationally).

Kemampuan AI berasal dari kombinasi sistem algoritma dengan beberapa teknik, seperti machine learning, deep learning, dan natural language processing dalam membuat program kecerdasan buatan. Kombinasi ini memungkinkan munculnya model pemrograman AI dengan tiga fokus, yaitu pembelajaran, penalaran, dan koreksi diri.

Kelebihan Artificial Intelligence

Teknologi AI mempunyai banyak keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu teknologi yang menjanjikan di masa depan, seperti berikut :

1. Tingkat Efisiensi yang Tinggi

AI memiliki kecepatan pemrosesan data yang sangat tinggi, sehingga mampu menyelesaikan tugas-tugas dengan cepat dan akurat. Anda yang terburu-buru dalam mengolah data, bisa memanfaatkan tools berbasis AI untuk menghemat waktu, biaya, dan tenaga. 

Teknologi AI saat ini sudah banyak digunakan dalam berbagai sektor bisnis, seperti perbankan, logistik, dan manufaktur. Anda yang bekerja di bidang ini mungkin sudah merasakan bagaimana tingkat efisiensi AI dalam menyelesaikan pekerjaan.

2. Kemampuan Analitik

Teknologi kecerdasan buatan ini memiliki kemampuan dalam menganalisis data secara cepat dan akurat, meski dalam jumlah yang sangat besar. Tidak heran, jika AI memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan akurat.

3. Pengambilan Keputusan yang Objektif

Masih berkaitan dengan kemampuan analitik, AI juga mampu memproses data secara objektif, tanpa adanya pengaruh bias atau emosi dari manusia. Penggunaan teknologi AI dalam upaya pengambilan keputusan dapat mengurangi tingkat kesalahan dan meningkatkan akurasi ketika mengambil keputusan tertentu.

4. Pembelajaran Mandiri

AI membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang secara khusus mampu menulis dan melatih algoritma pembelajaran mesin atau machine learning. Kemampuan AI dalam belajar dari data yang ada ini juga dapat meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu. Sistem AI akan terus berkembang semakin cerdas seiring waktu.

Kekurangan Artificial Intelligence

Anda sudah mengetahui apa saja kelebihan dari AI, agar seimbang, Anda juga perlu memahami apa kekurangan dari teknologi yang dianggap menjanjikan di masa depan ini. Apa saja kekurangannya? Ini penjelasannya:

1. Penggantian Tenaga Manusia

Kemampuan teknologi AI dalam menyelesaikan berbagai macam tugas dengan jumlah yang besar secara cepat, ternyata cukup mengancam pekerjaan manusia. Mengapa bisa demikian? Pekerjaan yang sederhana dapat digantikan oleh teknologi AI, sehingga perusahaan tidak membutuhkan tenaga manusia lagi.

2. Keamanan dan Privasi

Anda tentu sudah tahu, jika penggunaan artificial intelligence melibatkan banyak data. Jadi, hal ini bisa berisiko pada keamanan dan privasi data tertentu. Data yang digunakan oleh sistem AI bisa sangat rentan terhadap penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya!

3. Sangat Bergantung pada Data

Teknologi AI memang sangat bergantung terhadap data untuk prosesnya. Oleh karenanya, Anda perlu memastikan telah memasukkan data yang tepat. Pasalnya, jika data yang Anda gunakan terkontaminasi oleh bias, maka data yang dihasilkan oleh sistem AI bisa menjadi tidak akurat.

4. Pemahaman Konteks yang Terbatas

Teknologi AI juga cenderung memiliki keterbatasan dalam memahami konteks yang rumit atau kompleks. Sebagai contoh, AI mungkin akan kesulitan dalam memproses natural language, sehingga tidak mengerti makna yang sesungguhnya dari sebuah kalimat atau percakapan.

Contoh Artificial Intelligence

Anda penasaran dengan teknologi AI untuk mempermudah aktivitas bisnis yang sedang Anda jalankan? Coba gunakan beberapa website yang menerapkan teknologi kecerdasan buatan! Berikut ini beberapa aplikasi artificial intelligence yang paling umum dan populer :

1. Grammarly

Siapa yang belum kenal Grammarly? Grammarly ternyata salah satu website yang menerapkan teknologi AI. Tools ini sangat membantu Anda dalam memperbaiki tata bahasa untuk bahasa asing tertentu. Sehingga, Anda tidak perlu kesulitan lagi saat ingin mengirim email atau membalas pesan menggunakan bahasa asing.

2. OpenAI

OpenAI merupakan website riset dan pengembangan produk berbasis artificial intelligence. Salah satu produk AI adalah ChatGPT. 

Anda memiliki bisnis di bidang kepenulisan? ChatGPT bisa menjadi salah satu platform penting untuk menghasilkan konten artikel, terjemahan teks, hingga script coding yang patut Anda pertimbangkan.

3. Jasper AI

Masih di bidang penulisan konten, ada pula contoh artificial intelligence bernama Jasper AI. Jasper AI menggunakan teknologi natural processing language dengan klaim memiliki 10 persen data dari internet. Oleh sebab itu, penggunaan tools ini bisa membantu Anda menulis konten blog dengan topik dan gaya bahasa yang beragam.

4. AI Image Enlarger

Anda sedang berbisnis di bidang fotografi? WebsiteAI Image Enlarger bisa membantu Anda untuk mengubah kualitas dan resolusi foto. Tidak tanggung-tanggung, website ini

bisa mengubah resolusi foto hingga dua sampai empat kali lebih tinggi dari aslinya. Jadi, AI Image Enlarger sangat cocok untuk foto yang blur atau kurang detail.

5. Magic Eraser

Tidak hanya AI Image Enlarger, Magic Eraser juga termasuk tools berbasis AI yang bermanfaat di bidang fotografi. Magic Eraser bisa membantu untuk menghapus objek foto yang tidak Anda inginkan yang masuk di dalam frame.

Sudah Mengenal Lebih Dalam tentang Artificial Intelligence?

Jadi, artificial intelligence artinya suatu teknologi yang mampu melakukan pekerjaan layaknya manusia. Anda bisa menggunakan berbagai aplikasinya untuk memudahkan pekerjaan, seperti proses verifikasi rekan bisnis. Khususnya bagi Anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis di bidang digital. 

Anda bisa meningkatkan keamanan bisnis dengan memanfaatkan produk AI dari Verihubs. Misalnya, memanfaatkan produk Social Media Verification, yang mampu mengidentifikasi tingkat kemiripan antara foto klien di postingan media sosial dengan foto selfie yang mereka berikan kepada Anda dalam dokumen kerjasama.

Kemudian, ada Teknologi OCR, yakni teknologi berbasis AI yang mampu membaca gambar dokumen identitas klien, lalu mengekstraknya pada form website Anda. Sehingga, Anda tidak perlu memasukkan data secara manual.

Jika Anda ingin terhindar dari fraud untuk data digital, Anda bisa juga menggunakan Biometric Verification yang mampu mendeteksi wajah pengguna, apakah wajah orang tersebut asli atau menggunakan tools AI. 

Artikel Terbaru Kami

watchlist screening

Watchlist Screening: Solusi Identifikasi Pelanggan Anda!

income check

Income Check: Verifikasi Data & Gaji Secara Akurat!

bisnis pencucian uang

Hindari! Contoh Bisnis Pencucian Uang dengan Risiko Besar