Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Mengenal Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat Autentikasi dalam Sistem Perusahaan

autentikasi adalah

Isu keamanan data pribadi menjadi penting, karena kini setiap hal dikaitkan dengan akun pribadi yang berisi banyak sekali informasi bersifat rahasia. Autentikasi adalah satu sistem keamanan yang canggih, yang kemudian dapat membantu menjaga kerahasiaan data dan informasi yang ada pada suatu akun.

Tapi apa sebenarnya pengertian dari autentikasi ini? Bagaimana cara kerjanya, dan apa manfaatnya? Kemudian jika terjadi masalah, bagaimana cara menyelesaikannya?

Beberapa pertanyaan singkat di atas akan dijawab pada poin-poin berikut ini.

Apa Itu Autentikasi? Autentikasi adalah Sebagai Berikut

autentikasi adalah
Sumber : freepik.com

Autentikasi adalah satu metode untuk melakukan konfirmasi pengguna atau user pada suatu layanan, aplikasi, sistem pembayaran, atau sistem penyimpanan, bahwa pengguna tersebut adalah orang yang sah dan memiliki hak akses atas informasi tertentu.

Jika Anda pernah memasukkan nama pengguna dan kata sandi saat masuk ke sebuah akun, itu adalah bentuk autentikasi paling sederhana yang ada saat ini. Atau mungkin saat Anda memasukkan PIN saat melakukan transaksi? Hal tersebut juga termasuk dalam sistem autentikasi yang diberlakukan agar transaksi yang terjadi benar-benar dilakukan oleh pengguna sahnya.

Informasi atau data yang digunakan untuk melakukan autentikasi sendiri biasanya merupakan data rahasia yang hanya diketahui pengguna atau pemilik akunnya saja. Maka dari itu, ketika data yang dimasukkan cocok, maka sistem menganggap permintaan akses yang dilakukan benar-benar diajukan oleh user sahnya.

Tapi Bagaimana Cara Kerja Autentikasi Ini?

Sebenarnya cukup banyak jenis autentikasi yang saat ini ada dan digunakan oleh berbagai institusi, baik swasta maupun pemerintah. Namun pada dasarnya, cara kerja autentikasi adalah sebagai berikut.

  1. Perangkat pengguna atau user akan menghubungkan diri ke jaringan.
  2. Server atau penyedia layanan akan meminta identitas pengguna, dalam hal ini adalah username dan password yang bersifat rahasia.
  3. Selanjutnya akan dilakukan pencocokan data yang dimasukkan dengan data yang telah dimiliki oleh direktori penyedia di dalam database.
  4. Jika data yang dimasukkan dan data yang ada di database cocok, maka akses masuk akan diberikan.
  5. Sistem juga akan mencatat aktivitas yang dilakukan pengguna, seperti waktu akses masuk, durasi akses yang dilakukan, data apa saja yang diakses, perubahan yang dilakukan, dan sebagainya.
  6. Jika sistem tidak menemukan kecocokan data yang dimasukkan dan data yang ada di dalam database, maka permintaan akses akan ditolak. Beberapa sistem autentikasi melakukan pembatasan percobaan untuk satu username, dan ketika ini terlewati akan dilakukan blokir sementara karena dianggap sebagai upaya pembobolan akun.
  7. Sistem yang digunakan juga memungkinkan log out otomatis saat panel atau aplikasi ditutup pada perangkat yang digunakan user. Beberapa tetap meminta konfirmasi saat log out, atau harus dilakukan secara manual.

Cukup sederhana dan mudah dipahami bukan? Namun sistem dan teknologi yang ada di dalamnya tentu tidak sesederhana penjelasan di atas. Proses singkat ini melibatkan banyak pihak dan sistem informasi yang cepat, sehingga memungkinkan akurasi tinggi dalam autentikasi yang dilakukan.

Manfaat dan Fungsi Sistem Autentikasi adalah Sebagai Berikut

autentikasi adalah
Sumber : freepik.com

Terkait dengan manfaat dan fungsinya, berikut penjelasan singkat yang bisa Anda simak.

Manfaat Sistem Autentikasi

  • Meningkatkan keamanan akses dari akun yang dimiliki user
  • Proteksi data yang ada di dalam akun dapat dilakukan dengan baik
  • Meminimalisir terjadinya upaya pembobolan akun dari pihak yang tidak bertanggung jawab

Fungsi Sistem Autentikasi

  • Menjaga keamanan data yang ada di dalam akun
  • Memastikan permintaan akses yang diajukan user valid dan sesuai dengan database yang dimiliki layanan
  • Melakukan konfirmasi ganda pada permintaan akses yang diminta user
  • Melakukan tindakan pencegahan dan antisipasi pada upaya akses ilegal yang dilakukan pihak tidak bertanggungjawab
  • Melakukan pemblokiran akun, baik sementara atau permanen, ketika kesalahan data log in terjadi berulang
  • Menjadi titik awal yang aman untuk melakukan validasi informasi yang dimasukkan user dengan data yang dimiliki di database layanan

Ketika Terjadi Masalah Autentikasi, Ini yang Bisa Anda Lakukan

Tidak jarang akses yang dilakukan oleh user yang sah juga mengalami berbagai permasalahan. Permasalahan yang sering muncul adalah lupa password, tidak dapat memasukkan kode verifikasi ganda, pergantian perangkat yang tidak dikenali oleh sistem, hingga bahkan adanya maintenance pada server atau pusat layanan, sehingga login yang ingin dilakukan gagal.

Secara sederhana, sebenarnya Anda dapat memanfaatkan sistem yang tersedia bilamana yang terjadi adalah lupa password. Nantinya sistem akan memberikan prosedur penyetelan ulang pada password yang digunakan, sehingga Anda bisa kembali menggunakan akun Anda.

Namun demikian ini hanya cara paling umum yang digunakan. Pada banyak layanan lain juga digunakan metode yang beragam, tergantung dengan apa yang menjadi prosedur tetap dari layanan yang diberikan.

Proses autentikasi sebenarnya menjadi proses krusial dalam menjaga keamanan data. Di era serba digital seperti sekarang ini, perlindungan pada data wajib dilakukan, dan bila perlu secara berlapis. Ini mengapa kemudian sangat direkomendasikan penggunaan layanan verifikasi untuk membantu melindungi data pengguna sekarang ini.

Platform yang aman dan dapat menjamin keamanan data penggunanya menjadi hal paling ideal. Atas dasar ini Verihubs hadir dengan menawarkan solusi all in one platform untuk autentikasi dan verifikasi data dalam jumlah besar. 

Verihubs, Hadir untuk Membantu Autentikasi dan Verifikasi Data Pengguna

Verihubs sebagai perusahaan SaaS yang didirikan sejak tahun 2019 lalu hadir untuk membantu mengurangi resiko kecurangan, menciptakan platform yang aman untuk pelanggan bisnis Anda, dan solusi end-to-end untuk verifikasi dan autentikasi.

Karena autentikasi adalah proses yang penting dalam akses ke dalam akun, maka layanan Verihubs memastikan semua permintaan akses yang diminta benar-benar valid. Baik dengan metode biometrik, verifikasi nomor telepon, hingga verifikasi identitas user dengan kartu identitas, semua bisa dilakukan dengan praktis dan cepat bersama Verihubs. Gunakan layanannya sekarang, dan tingkatkan keamanan sistem Anda!