Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Proses Automasi adalah Kunci Praktisnya Layanan Keuangan Digital

automasi adalah

Layanan keuangan digital memerlukan banyak data dan informasi untuk beroperasi, salah satunya adalah data pribadi milik user-nya. Tanpa data pribadi ini, layanan tidak akan berjalan optimal. Namun apakah kemudian user harus melakukan input data dan semua proses verifikasi ini sendiri? Tentu saja tidak. Automasi adalah solusi yang diberikan pemilik layanan untuk kemudahan user.

Dalam rangka meningkatkan pengalaman pengguna saat bersinggungan dengan layanan yang disediakannya, pemilik bisnis wajib membuat sistem yang mampu memudahkan semua proses. Jelas, user di era sekarang hanya memiliki waktu yang terbatas untuk proses administrasi bukan?

Verifikasi identitas pribadi dan berbagai data penting lain dapat dilakukan dan terjadi dengan cepat dan akurat, sehingga banyak proses lain dapat berjalan semakin ringkas.

Automasi dalam Layanan yang Diberikan

automasi adalah
Sumber: freepik.com

Secara umum automasi dapat dipahami sebagai upaya menerapkan sebuah sistem yang baik untuk berbagai proses, sehingga proses dapat berjalan dengan sendirinya. Setidaknya, proses dari layanan bisnis yang Anda sediakan tidak perlu melibatkan faktor manusia yang terlalu banyak.

Sistem yang solid dan sudah terautomasi dapat membuat banyak hal menjadi lebih cepat. Pengambilan data user, input data yang dilakukan, pencocokan data ke database yang dimiliki, hingga proses konfirmasi kembali pada user terkait data yang dimasukkan. Ketika proses ini berjalan hanya dalam hitungan detik,  user jelas akan merasa lebih nyaman.

Namun demikian asumsi umum yang berkembang pada rendahnya akurasi data juga harus menjadi perhatian. Sebab jika layanan Anda dapat dijalankan secara otomatis namun tidak presisi, maka risiko yang besar harus ditanggung oleh user. Maka, selalu pastikan Anda menggunakan sistem yang sudah terautomasi namun solid, sehingga user dapat menggunakan layanan dengan optimal.

Pentingnya Menerapkan Automasi dalam Proses Verifikasi

automasi adalah
Sumber: freepik.com

Dalam konsep layanan keuangan digital, automasi ini diterapkan bersama dengan konsep know your customer (KYC). Konsep ini bertujuan memudahkan verifikasi data yang dimasukkan pelanggan, sehingga data yang masuk dapat diolah dengan cepat dan dicocokan dengan database yang sudah terhubung pada layanan.

Penerapan KYC yang optimal tidak hanya memberikan keuntungan pada user, namun juga pada bisnis dan layanan yang Anda sediakan.

1. Bentuk Pembaruan Sistem

Automasi verifikasi data user yang masuk merupakan salah satu bentuk pembaruan sistem yang cukup masif. Meski terlihat hanya terjadi secara sederhana di bagian registrasi saja, namun pada kenyataannya proses automasi ini dapat menjadi pemicu pengembangan inovasi di bidang lainnya.

2. Menghindari Tindak Kejahatan

Dikarenakan automasi yang terjadi selalu mengacu pada identitas milik user atau ciri fisik yang dimiliki, tindak kejahatan terkait akun yang dimiliki user dapat ditekan hingga titik minimal. Tanpa adanya identitas asli atau data scan wajah atau liveness detection, proses transaksi atau pendaftaran tidak akan dapat dijalankan dengan baik.

Pada skenario lain, ketika data yang identik dimasukkan untuk melakukan pendaftaran, maka sistem juga akan dapat mengenalinya dalam waktu singkat dan menolak pembuatan akun dengan informasi lama yang pernah digunakan.

3. User Experience Bernuansa Baru

Jika sebelumnya urusan registrasi harus dilakukan secara langsung pada kantor cabang atau kantor lain, kini user dapat melakukan registrasi dengan cepat bahkan tanpa meninggalkan sofa nyaman di rumahnya.

Proses registrasi atau verifikasi data akan berjalan lebih cepat, lebih mudah, dan tanpa mengesampingkan akurasi data, sehingga pengalaman user dapat ditingkatkan dengan kemudahan dan kebaruan ini.

4. Memperluas Pasar dengan Cepat

Pertumbuhan industri fintech belakangan ini terbilang sangat masif, baik dari sisi jumlah pengguna atau sisi jumlah penyedia layanan yang ada. Hal ini juga menjadi manfaat lain dari penggunaan automasi.

Automasi adalah salah satu kunci pendorong masyarakat dalam penggunaan layanan keuangan digital. Selama prosesnya dinilai mudah, cepat, dan tidak merepotkan, maka masyarakat akan semakin mudah pula mengadaptasi layanan yang Anda berikan.

5. Pentingnya Automasi adalah Efisiensi Waktu

Satu hal yang paling utama dalam penerapan automasi adalah efisiensi waktu operasional dan penggunaan. Dengan proses yang sudah berjalan otomatis, verifikasi data akan berlangsung cepat, pengecekan database hanya dalam hitungan detik, dan user tidak akan mengalami pemborosan waktu dalam menggunakan layanan Anda, tentu dalam asumsi jaringan internet yang digunakan juga benar-benar optimal.

Proses automasi adalah proses penting dalam bisnis layanan keuangan digital kekinian. Tanpanya, pengalaman user akan berkurang sehingga loyalitas user juga tidak akan terbentuk. Ini mengapa kemudian layanan verifikasi identitas dan data yang kredibel wajib digunakan pada produk yang Anda luncurkan ke pasar.

Verihubs hadir sebagai perusahaan penyedia produk verifikasi yang solid dan telah terbukti pada berbagai jenis bisnis. Sistem yang dimiliki Verihubs dapat membantu melakukan verifikasi dan validitas data yang dimasukkan user, dengan acuan database milik lembaga pemerintah. Dengan demikian proses penerapan automasi adalah hal yang tidak sulit dilakukan, dengan proses operasional Verihubs yang memang sudah matang dan siap digunakan. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lengkap terkait produknya!