Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Mengenal Teknologi Biometrik Authentication, Apa Kelebihannya dari Sistem yang Lalu?

biometric authentication

Metode pengamanan di era modern ini kian canggih dan kuat. Jika awalnya hanya menggunakan kata sandi atau password saja, beberapa tahun belakangan biometric authentication sudah menjadi hal umum yang diterapkan pada banyak perusahaan dan layanan.

Pertanyaannya kemudian, apa itu biometric authentication? Apa pula keunggulannya hingga bisa menjadi metode keamanan baru dalam menjaga sebuah akun atau akses?

Penjelasan mengenai pengertian biometric authentication dan apa keunggulannya bisa Anda temukan di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Biometric Authentication

biometric authentication
Sumber : freepik.com

Biometric authentication sendiri adalah proses autentikasi identitas dengan mendasarkan pada karakter fisik atau perilaku manusia. Karakter fisik yang digunakan antara lain sidik jari, pemindaian wajah, geometri jari, geometri daun telinga, hingga pengenalan iris mata, dan pengenalan suara.

Ciri fisik ini dianggap otentik dan unik, sehingga sangat sulit untuk ditiru. Idealnya dengan metode tersebut, akses yang dimiliki benar-benar bisa hanya bisa didapatkan oleh user pemilik akun atau yang berhak atas akses tersebut.

Jenis lain yang digunakan dalam autentikasi ini adalah perilaku khas yang dimiliki user. Paling sederhana adalah tanda tangan, cara mengetik, menulis, gestur saat berjalan, dan gerakan tubuh lain yang otentik. Meski mungkin bisa ditiru, namun ketika masuk ke dalam sistem dan dipindai dengan cermat, pasti akan ada perbedaan antara satu orang dan orang lainnya.

Kekuatan Perlindungan Biometric Authentication

biometric authentication
Sumber : freepik.com

Kini banyak orang menggunakan dan membuat berbagai akun untuk menunjang aktivitasnya. Mulai dari akun perbankan, akun transportasi online, urusan organisir agenda, pengelolaan keuangan, bahkan hingga urusan pajak.

Tentu akun-akun ini sangat bernilai karena menyangkut banyak informasi pribadi. Setiap orang harus mengingat banyak username dan password agar bisa tetap beraktivitas dengan lancar, dan memproteksi akunnya.

Namun dengan metode autentikasi ini, user hanya perlu menghadap pada perangkat pemindai, dan membiarkan sistem melakukan ekstrak data dari wajah atau sidik jari. Tentu, tingkat kekuatan perlindungan yang diberikan sangat baik sebab sulit untuk mencoba melakukan pembajakan pada data biometrik ini.

4 Keunggulan Metode Autentikasi dengan Data Biometrik

biometric authentication
Sumber : freepik.com

Jika berbicara mengenai faktor keunggulan metode autentikasi biometrik dibandingkan dengan metode lain, terbilang cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Efisiensi Waktu Autentikasi dan Verifikasi

Untuk mendapatkan akses, user perlu memasukkan nama dan kode akses yang diperlukan. Secepat apapun proses input ini, tetap akan memakan waktu yang tidak sebentar ketika digunakan pada skala masif.

Biometric authentication memungkinkan verifikasi lebih cepat dan efisien untuk skala masif, karena yang diperlukan hanya scan wajah atau faktor biometrik lain pada user. Proses verifikasi di database juga hanya berlangsung dalam hitungan detik, sehingga urusan ini bisa diselesaikan dengan cepat.

2. Kemudahan Akses

Tanpa perlu kartu, atau menunjukkan QR Code di smartphone, atau perangkat tambahan lain, user bisa masuk dengan mengandalkan ciri fisik dari user. Yang harus dipastikan hanya proses pemindaian berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan.

Selain itu user juga tidak perlu mengingat password, atau PIN, atau hal sejenisnya karena pada dasarnya ciri fisik seseorang sulit berubah kecuali terjadi hal masif dan mendasar.

Kemudahan ini juga terletak pada input data yang digunakan sebagai kuncinya. User tidak perlu menginstal aplikasi apapun, perangkat tambahan apapun, atau pelatihan khusus. Untuk user baru, hal ini akan sangat membantu dan mempermudah berbagai urusan.

3. Semua Tercatat di Sistem

Setiap proses pemindaian yang terjadi akan tercatat secara rinci di database yang ada, sehingga penelusuran riwayat akses bisa dengan mudah dilakukan. Mengingat upaya pemalsuan pada akses biometrik sangat sulit dilakukan, riwayat akses tetap diperlukan sebagai pelengkap sistem keamanan.

Aspek akuntabilitas tetap jadi prioritas sistem keamanan dengan metode biometric authentication, sebab pada dasarnya sistem keamanan ditujukan untuk hal tersebut.

4. Akses Tunggal oleh User

Yang terpenting dari akses biometrik authentication adalah bahwa akses hanya dimiliki oleh user dan tidak ada orang lain yang dapat menggunakan akses tersebut. Karena secara fisik user harus ada dan hadir di hadapan perangkat pemindaian, maka pembobolan akun akan sangat sulit terjadi.

Satu dan lain hal, tentu sistem ini tetap memiliki celah. Namun pada dasarnya semua celah yang mungkin terlihat sudah benar-benar ditutup rapat, sehingga celah yang tersisa benar-benar sedikit dan sulit dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggungjawab.

Biometric authentication telah menjadi hal mendasar untuk mengamankan akses. Tentunya, hal ini awam digunakan perusahaan dan layanan besar di seluruh dunia. Untuk memenuhi kebutuhan ini pada perusahaan Anda, Verihubs siap menjadi opsi terbaik yang ada di indonesia.

Biometric Authentication Verihubs dengan Face Recognition dan Liveness Detection

Verihubs sendiri memiliki dua fitur untuk biometrik verification yang diberikannya. Pertama Face Recognition yang diperkuat dengan teknolog AI sehingga dapat mengenali indentitas asli melalui perbandingan wajah antara selfie dan foto KTP atau suatu database dengan cepat, dan yang kedua adalah Liveness Detection.Fitur kedua ini memungkinkan sistem mendeteksi objek di depan kamera secara akurat dan memastikan objek tersebut merupakan identitas asli yang hidup dan bukan representasi foto atau topeng. Dengan sistem biometric verification dari Verihubs, data user terjamin keamanannya karena perlindungan kuat yang diberikan. Gunakan produk Verihubs sekarang dengan menghubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan perlindungan ekstra untuk data user Anda!