Biometric Security Examples: Teknologi untuk Sistem Keamanan

biometric security examples

Sistem biometrik telah meningkat sebagai lapisan lanjutan untuk banyak sistem keamanan pribadi dan perusahaan. Dengan pengidentifikasi unik dari biologi dan perilaku manusia, ini mungkin tampak sangat mudah. Namun, identitas biometrik telah membuat banyak orang berhati-hati tentang penggunaannya sebagai autentikasi mandiri. Seperti apa biometric security examples untuk sistem keamanan?

Keamanan dunia maya modern berfokus pada pengurangan risiko untuk solusi keamanan yang kuat ini, di mana kata sandi tradisional telah lama menjadi kelemahan sistem keamanan. Biometrik bertujuan untuk menjawab masalah ini dengan menghubungkan bukti identitas dengan tubuh dan pola perilaku user.

Apa itu Biometrik?

Biometrik adalah pengukuran biologis atau karakteristik fisik yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi seseorang. Misalnya, pemetaan sidik jari, pengenalan wajah, dan pemindaian retina adalah semua bentuk teknologi biometrik, tetapi ini hanya opsi yang paling dikenal.

Para peneliti mengklaim bentuk telinga, cara seseorang duduk dan berjalan, bau badan yang unik, pembuluh darah di tangan seseorang, dan bahkan kerutan wajah adalah pengidentifikasi unik lainnya. Ciri-ciri ini selanjutnya juga bisa mendefinisikan biometrik.

Biometric Security Examples

biometric security examples
Sumber: Freepik

Seperti apa biometric security examples? Biometrik memang sudah sering digunakan dalam keamanan, dan sebagian besar Anda dapat memberi label biometrik ke dalam tiga kelompok, yaitu biometrik biologis, morfologi, dan perilaku.

  • Biometrik biologis menggunakan sifat-sifat pada tingkat genetik dan molekuler, di mana ini mungkin termasuk fitur seperti DNA atau darah, yang mungkin dinilai melalui sampel cairan tubuh Anda.
  • Biometrik morfologi melibatkan struktur tubuh, yang lebih banyak ciri fisik seperti mata, sidik jari, atau bentuk wajah Anda dapat dipetakan untuk digunakan dengan pemindai keamanan.
  • Biometrik perilaku didasarkan pada pola yang unik untuk setiap orang, di mana cara Anda berjalan, berbicara, atau bahkan mengetik di papan ketik dapat menjadi indikasi identitas Anda jika pola ini dilacak.

Di dalam praktiknya, keamanan biometrik telah terlihat efektif digunakan di banyak industri. Biometrik canggih digunakan untuk melindungi dokumen sensitif dan barang berharga. Biometrik juga tergabung dalam e-passport di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, e-passport memiliki chip yang berisi foto digital wajah, sidik jari, atau iris mata seseorang, serta teknologi yang mencegah chip tersebut dibaca oleh pembaca data yang tidak sah.

Baca juga: Masa Depan Biometrics Technology dalam Industri

Peran Penting Biometric Security

biometric security examples
Sumber: Freepik

Identifikasi biometrik memiliki peran yang semakin besar dalam keamanan sehari-hari. Karakteristik fisik relatif tetap dan individual dan bahkan dalam kasus anak kembar. Identitas biometrik unik setiap orang bisa digunakan untuk mengganti atau setidaknya menambah sistem kata sandi untuk komputer, telepon, dan ruang serta bangunan dengan akses terbatas.

Setelah data biometrik diperoleh dan dipetakan, maka akan disimpan untuk dicocokkan dengan upaya akses di masa mendatang. Sebagian besar waktu, data ini dienkripsi dan disimpan di dalam perangkat atau di server jarak jauh.

Pemindai biometrik adalah perangkat keras yang digunakan untuk menangkap biometrik untuk verifikasi identitas, di mana pemindaian ini cocok dengan database yang disimpan untuk menyetujui atau menolak akses ke sistem. Dengan kata lain, keamanan biometrik berarti tubuh Anda menjadi “kunci” untuk membuka akses Anda.

Biometrik sebagian besar digunakan karena dua manfaat utama, yaitu:

  • Kenyamanan penggunaan, yaitu biometrik selalu bersama Anda dan tidak dapat hilang atau dilupakan.
  • Sulit dicuri atau ditiru, yaitu biometrik tidak dapat dicuri seperti kata sandi atau kunci.

Apakah Pemindai Biometrik Aman Digunakan?

Perlu dipahami, dengan adanya risiko terhadap privasi dan keselamatan, perlindungan tambahan harus digunakan dalam sistem biometrik. Akses yang tidak sah menjadi lebih sulit saat sistem memerlukan berbagai cara otentikasi, seperti deteksi kehidupan (seperti kedipan) dan pencocokan sampel yang disandikan dengan pengguna dalam domain terenkripsi.

Beberapa sistem keamanan juga menyertakan fitur tambahan, seperti usia, jenis kelamin, dan tinggi badan, dalam data biometrik untuk menggagalkan peretas. Biometrik memang menjadi cara yang berkembang untuk memverifikasi identitas sistem keamanan siber. Perlindungan gabungan dari tanda tangan fisik atau perilaku Anda dengan autentikasi lainnya bisa memberikan beberapa keamanan terkuat yang diketahui.

Teknologi biometrik menawarkan solusi yang sangat menarik untuk keamanan. Terlepas dari risikonya, sistemnya memang sangat nyaman dan sulit ditiru. Ditambah lagi, sistem ini akan terus berkembang untuk waktu yang sangat lama di masa depan.

Baca juga: Pemanfaatan Biometric Face Recognition dalam Konteks Riil

Anda bisa memilih Verihubs sebagai solusi yang paling tepat untuk kebutuhan bisnis Anda dalam hal verifikasi biometrik. Dengan produk Biometric Verification yang ada, proses verifikasi menggunakan acuan biometrik wajah pengguna bisa berjalan dengan cepat, akurat, dan efisien.

Produk Biometric Verification yang ditawarkan oleh Verihubs punya dua fitur utama, yaitu Face Recognition dan Liveness Detection yang bisa dioptimalkan pada bisnis Anda. Jangan tunda lagi, segera hubungi kontak layanan pelanggan untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai produk dan fitur unggulan Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya