Sistem Biometrik adalah Upaya Verifikasi Digital yang Aman, Ini 4 Keunggulannya

biometrik adalah

Teknologi hadir untuk terus memutakhirkan sistem keamanan identitas, salah satunya adalah sistem verifikasi identitas berbasis biometrik. Sistem verifikasi identitas dengan menggunakan biometrik adalah teknologi verifikasi yang menggunakan identitas biologis dari seseorang. Tujuan dari sistem biometrik ini adalah agar terjadi verifikasi identitas yang akurat yang mampu membuktikan siapa diri seseorang dengan tepat. Dalam penggunaannya, sistem verifikasi identitas biometrik membutuhkan berbagai macam data. Di antaranya seperti foto wajah, rekaman suara, atau menggunakan rekam sidik jari. Data-data ini akan disimpan, untuk selanjutnya akan kembali digunakan jika pihak bersangkutan berusaha mendapatkan akses. 

Sementara itu, akses hanya akan diberikan jika data-data yang telah disimpan mampu dicocokkan dengan data pengakses. Jika data yang diberikan cocok, maka identitas akan terverifikasi dan akses diberikan. Namun jika data yang diberikan tidak cocok dengan data rekam biometrik yang telah ada, itu berarti identitas tidak terverifikasi dan akses tidak akan diberikan.

Keunggulan Sistem Verifikasi Identitas Biometrik adalah? 

biometrik adalah

Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan sistem verifikasi identitas menggunakan biometrik, Anda perlu tahu keunggulan-keunggulan dari penerapan sistem ini. Berikut adalah manfaat penggunaan verifikasi identitas berbasis biometrik yang bisa meyakinkan Anda untuk tidak lagi menggunakan verifikasi identitas secara konvensional. Mari simak satu per satu! 

1. Verifikasi dalam waktu singkat dan akurat

Berkat teknologi verifikasi identitas biometrik modern, proses verifikasi identitas skala masif dapat dilakukan dengan waktu singkat. Tidak heran jika sistem ini digunakan oleh pemerintahan, perbankan, institusi finansial, serta berbagai aktivitas yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi. Sistem verifikasi identitas biometrik juga mampu mengenali seseorang dengan tepat, akurat, dan konsisten. Dengan begitu, kesalahan dalam mengenali seseorang hanya karena memiliki kemiripan ataupun pemalsuan dapat dihindari

2. Lebih efisien dan praktis

Prosesnya yang terjadi secara masif membuat sistem verifikasi identitas biometrik ini sangat efisien. Efisiensi biaya terjadi karena tidak lagi membutuhkan proses yang panjang dan melibatkan banyak pihak. Selain itu, verifikasi ini juga lebih mudah dan praktis. Pasalnya, seseorang tidak perlu untuk membawa-bawa alat verifikasi seperti kartu, atau perangkat lainnya. Cukup dengan menunjukkan data biometrik yang melekat pada tubuh saja, maka verifikasi identitas dapat dilakukan.

3. Data akses tidak akan hilang atau dipalsukan

Kata sandi ataupun nomor identifikasi pribadi (PIN) adalah sistem verifikasi identitas yang sangat mudah terlupakan, sehingga seseorang perlu menuliskannya di suatu tempat. Namun sayangnya, menuliskannya justru akan meningkatkan risiko pencurian akses. Sementara itu, menggunakan sistem verifikasi identitas biometrik, data akses tidak akan hilang atau dipalsukan karena melekat pada diri seseorang.

Di sisi lain, permasalahan verifikasi identitas yang menggunakan perangkat adalah adanya risiko kerusakan seperti kartu hilang, patah, terbakar atau lainnya. Sementara itu, teknologi biometrik tidak mudah rusak karena data yang digunakan sangat beragam seperti retina, sidik jari, getaran suara, dan lain sebagainya.

4. Lebih mudah digunakan dan dapat dipercaya

Permasalahan mengenai kesulitan akses akibat tidak memahami teknologi juga dapat diminimalisir jika verifikasi identitas menggunakan teknologi biometrik. Pasalnya, data yang diberikan untuk verifikasi mudah untuk ditunjukkan tanpa intervensi atau petunjuk pihak lain seperti pelatihan khusus.

Selain itu, teknologi verifikasi identitas biometrik juga dapat mencatat segala aktivitas dengan lebih tepat karena dilakukan oleh sistem komputer. Dengan begitu, setiap akses masuk dan keluar bisa dengan mudah diketahui. Hal ini juga akan meningkatkan aspek akuntabilitas sistem keamanan sehingga dapat dipercaya dan tentunya juga diandalkan.

Hal terpenting dari sistem verifikasi biometrik adalah sistem ini hanya dapat diakses oleh satu orang saja. Pasalnya, setiap data verifikasi sifatnya sangat pribadi dan tidak bisa dipalsukan oleh orang lain. Itu artinya, sistem verifikasi biometrik bersifat unik. 

Implementasi Sistem Verifikasi  Identitas Biometrik

biometrik adalah

Berbagai manfaat dan keunggulan dari sistem verifikasi identitas biometrik membuat sistem ini dapat diandalkan di berbagai tempat, serta untuk bermacam keperluan yang sifatnya membutuhkan jaminan keamanan. Sebagai contohnya, akses pengambilan uang di mesin ATM, verifikasi transaksi melalui ponsel pintar, akses komputer pribadi, akses jaringan, akses membuka ruang penyimpanan, akses identitas kependudukan, akses asuransi, akses perpajakan dan layanan kesehatan, hingga keperluan partisipasi politik seperti untuk pengambilan suara, dan lain sebagainya. 

Cara kerja sistem verifikasi identitas dengan biometrik memang terdengar simple. Namun dalam praktiknya ternyata sangat rumit dan melelahkan karena proses verifikasi dilakukan satu per satu. Lalu kabar baiknya, saat ini teknologi telah mampu melakukan proses verifikasi secara digital dan otomatis. Dengan begitu, proses verifikasi menjadi sangat singkat dan semakin cerdas, seperti layanan yang ditawarkan oleh Verihubs. 

Verihubs hadir dan mulai menawarkan solusinya di tahun 2019, mencakup proses orientasi pelanggan, mulai dari verifikasi nomor telepon, identitas, biometric dan KYB (Know Your Business). Dengan melibatkan penyedia layanan verifikasi identitas digital yang terpercaya, tentunya Anda tidak perlu lagi khawatir untuk menerapkan sistem biometrik dan mendapatkan manfaat dari teknologi biometrik, bukan?

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya