6 Langkah Cara Merubah WhatsApp ke Akun Bisnis

Cara merubah whatsapp ke akun bisnis

Adaptasi yang dilakukan oleh pelaku bisnis terus terjadi, selama perkembangan teknologi dan tren terus bergulir.ika dahulu upaya pemasaran dan layanan pelanggan dilakukan menggunakan media konvensional, kini akun WhatsApp bisnis menjadi opsi yang menarik. Meski demikian ternyata cukup banyak yang belum mengetahui cara merubah WhatsApp ke akun bisnis yang berfungsi.

Tentu saja dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi tersebut, yang dijelaskan dalam tahap-tahap detail sehingga dapat diikuti dan dipraktekkan. Nantinya ketika sudah selesai, Anda akan memiliki akun bisnis dengan beragam benefit yang dapat digunakan.

Secara mendasar terdapat enam langkah yang harus Anda lakukan.

Baca Juga: Fast Respon, Wajib Disediakan untuk  Pengalaman Terbaik

Langkah Pertama, Unduh Aplikasinya

Untuk memiliki akun WhatsApp jenis bisnis, maka tentu Anda perlu memiliki aplikasinya terlebih dahulu. Hal ini adalah langkah pertama dari cara merubah WhatsApp ke akun bisnis. Anda bisa mengunduh WhatsApp Business di perangkat yang Anda gunakan.

Bila menggunakan perangkat Android, maka Anda bisa menemukannya di Google Play Store, jika perangkat yang Anda gunakan merupakan produk dari Apple, maka gunakan Apple App Store untuk mendapatkan aplikasi ini.

Ukurannya tidak besar, sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan di perangkat Anda. Jadi tak perlu khawatir kapasitas ruang penyimpanan penuh karena mengunduh dan menginstal aplikasi ini.

Langkah Kedua, Pastikan Tinjau Ketentuan Layanan yang Ada

Cara merubah whatsapp ke akun bisnis
Sumber: freepik.com

Setelah melakukan pengunduhan dan instalasi, lanjutkan dengan membaca seluruh ketentuan layanan WhatsApp Business yang akan Anda buat ini. Ingat, cermati setiap poinnya dan pastikan Anda memahami serta menyetujui ketentuan yang diberikan.

Tidak sedikit orang yang merasa kerepotan dan sulit memanfaatkan fiturnya karena lalai dalam mencermati setiap penjelasan yang ada di bagian ini. Maka dari itu, kecermatan dan ketelitian harus diutamakan di tahap kedua agar Anda benar-benar paham ketentuan layanan yang diberikan WhatsApp.

Setelah Anda membaca semua dan menyetujuinya, Anda bisa mengklik Agree & Continue yang ada di bagian akhir dari penjelasan tersebut. Anda dapat melangkah ke tahap berikutnya.

Tahap Ketiga, Lakukan Pendaftaran Nomor Telepon

Tahap selanjutnya yang akan Anda lalui adalah mendaftarkan nomor telepon akun bisnis yang akan dibuat. Jika nomor ini merupakan akun yang saat ini digunakan, maka Anda bisa dengan mudah melanjutkan ke tahap keempat.

Namun jika nomor yang akan didaftarkan tidak tersemat di dalam perangkat yang digunakan untuk mengunduh aplikasi ini, maka Anda harus memasukkannya secara manual. Pastikan kode negara dan nomor telepon yang dimasukkan sudah benar.

Klik tanda Selesai atau Lanjut, dan klik OK untuk menerima kode pendaftaran 6 digit yang dikirimkan melalui SMS atau panggilan telepon flash call. Cara ini digunakan untuk melakukan verifikasi nomor yang akan digunakan menjadi nomor utama akun WhatsApp Business.

Masukkan kode yang dikirimkan atau tunggu hingga panggilan telepon yang datang dari pihak WhatsApp sampai ke perangkat yang digunakan, dan proses verifikasi nomor telepon selesai dilakukan.

Keempat, Buat Akun dan Lengkapi Profil

Cara merubah whatsapp ke akun bisnis
Sumber: freepik.com

Proses verifikasi selesai, kini saatnya masuk ke tahap keempat dalam cara merubah WhatsApp ke akun bisnis. Di tahap keempat ini Anda akan melakukan pembuatan akun dan pengisian lengkap pada profil akun bisnis yang akan dibuat.

Data yang harus disiapkan antara lain adalah nama bisnis Anda, kategori bisnis, kemudian foto profil dari akun bisnis yang akan digunakan. Beberapa informasi lain juga dapat ditambahkan, termasuk alamat bisnis, kemudian jam operasional, dan penjelasan lain yang terkait dengan bisnis Anda.

Setelah proses pengisian ini selesai dilakukan, Anda bisa mencoba mengirimkan pesan dan melakukan interaksi ke pelanggan yang Anda miliki menggunakan akun WhatsApp Business ini. Ingat, proses ini hanya bersifat pilot dan percobaan saja, karena masih ada dua tahapan yang harus dilalui.

Tahap Kelima, Aktivasi Fitur Balas Pesan Otomatis

Kini Anda sudah memiliki akun WhatsApp Business yang bisa digunakan. Namun sebelum dapat mengakomodir banyak pertanyaan pelanggan, Anda harus melakukan aktivasi pada fitur balas pesan otomatis. Fitur ini menjadi fitur andalan agar waktu respon yang dimiliki semakin cepat.

Terdapat tiga jenis pesan otomatis yang dapat digunakan:

  • Away Message, untuk memberitahukan bahwa layanan pelanggan sedang dalam waktu istirahat sehingga pelanggan diharapkan menunggu sebentar
  • Greeting Message, untuk memberikan salam atau sapaan pada pelanggan yang mengakses WhatsApp Business Anda
  • Quick Replies, untuk membalas dengan cepat pada kata kunci tertentu yang disampaikan oleh pelanggan dalam chat yang terjadi

Anda bisa melakukan pengaturan pada Settings, kemudian Business Settings, kemudian memilih opsi yang tersedia.

Terakhir, Atur Isi Pesan Balasan Otomatis yang Diinginkan

Cara merubah whatsapp ke akun bisnis
Sumber: freepik.com

Tulis jawaban yang ingin Anda berikan pada feedback yang disampaikan pelanggan dengan akun WhatsApp Business yang Anda miliki. Pengaturan pesan ini dapat disesuaikan dengan keperluan, dan sesuai dengan jenis pesan yang Anda pilih untuk digunakan.

Di waktu yang sama, Anda dapat mengatur waktu balas pesan yang dikirimkan melalui akun bisnis Anda. Hal ini banyak digunakan ketika layanan atau sistem sedang dalam masa maintenance, untuk meminta pelanggan menunggu sejenak, atau ketika feedback tengah ditindaklanjuti.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan, Pakai Chatbot Saja!

Cukup mudah bukan cara merubah WhatsApp ke akun bisnis dan melakukan pengaturan di dalamnya? Jika Anda menemukan kesulitan dalam proses ini, Anda bisa dengan mudah menghubungi layanan Verihubs untuk berkonsultasi. Verhubs memiliki produk Veriflow, yang dapat membantu operasional WhatsApp Business dan optimasi chatbot yang ada di dalamnya. Prosesnya mudah, cepat, dan praktis, Anda bisa langsung menghubungi kami pada tautan yang tertera di atas tadi. 

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya