Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Chatbot AI: Keunggulan dan Kegunaannya bagi Bisnis Anda

chatbot ai

Sudah sering mendengar istilah chatbot AI sebelumnya, tapi belum begitu memahami apa artinya? Untuk menetapkan dasar untuk memahami chatbot AI, Anda harus tahu bahwa semua chatbot AI memang chatbot tetapi tidak semua chatbot merupakan chatbot AI.

Chatbots merupakan suatu program perangkat lunak yang terlibat dalam percakapan online dengan manusia secara otomatis, biasanya melalui teks. Secara umum, manfaat chatbots, adalah mereka menghasilkan respons otomatis yang mengurangi kebutuhan perwakilan manusia dalam merespons.

Sekarang, untuk lebih spesifik, apa yang dimaksud dengan chatbot AI?

Chatbot AI merupakan suatu program perangkat lunak yang memahami bahasa manusia lisan atau tulisan berdasarkan kemampuan Natural Language Processing (NLP). Ini berarti, chatbot AI dapat mendeteksi maksud pertanyaan yang diketik oleh pengguna dan memberikan respons terbaik yang dianggap paling sesuai.

Machine Learning (ML) juga merupakan aspek penting dari chatbot AI, karena ini memungkinkan chatbot AI untuk sedikit banyak belajar dan juga meningkat berdasarkan pengalaman.

Keunggulan Chatbot AI bagi Bisnis

chatbot ai
Sumber: Freepik

Perlu diketahui, ada berbagai jenis chatbot, tetapi sebagai aturan umum chatbot dapat dibedakan menjadi tiga yaitu Rule-Based Chatbot, Chatbot AI (Artificial Intelligent), Chatbot Hybrid (Kombinasi Rules Based & AI). Kira-kira, apa perbedaan ketiganya?

Rule Based Chatbot melakukan interaksi dengan perintah yang spesifik dan terstruktur. Jenis chatbot ini juga cenderung menyerupai FAQ interaktif, dengan kemampuan yang sangat mendasar. Bot akan bekerja dengan memahami kata-kata, urutan kata dan sinonim, memastikan bahwa pertanyaan dengan arti yang sama menerima jawaban yang sama.

Sementara itu, chatbot yang didukung oleh AI mampu menyelesaikan tugas yang lebih kompleks daripada Rule Based Chatbot. Jenis chatbot ini pada umumnya lebih canggih, interaktif, mampu belajar dari dari pola dan pengalaman sebelumnya. Kelebihan chatbot AI adalah sebagai berikut:

  1. Chatbot dapat memahami kesalahan ketik dan kesalahan tata bahasa, sehingga masih dapat menjawab pertanyaan dengan baik.
  2. Chatbot jenis Ini akan terus berubah atau meningkat tanpa banyak bantuan lebih lanjut.
  3. Percakapan dengan pelanggan akan terasa jauh lebih alami dan seperti manusia.

Sedangkan Chatbot Hybrid dianggap menawarkan solusi yang lebih baik dari kedua versi chatbot yang sebelumnya, di mana bot versi ini adalah penyempurna dari kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh Rule Based & AI.

Baca juga: 5 Poin Penting Penerapan Kecerdasan Buatan untuk Bisnis Anda

Kegunaan Chatbot AI bagi Bisnis

chatbot ai
Sumber: Freepik

Menurut Forbes, sekitar 80% pebisnis dunia saat ini mulai berencana untuk mengandalkan chatbot AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience). Mengapa demikian?

Dibangun menggunakan Artificial Intelligence di dalamnya, chatbot ini terbukti memudahkan bisnis dan menghemat biaya Customer Service (CS). Anda dapat menjawab bermacam pertanyaan ataupun berbagai masalah yang dihadapi oleh pelanggan secara cepat dan tepat.

Menambahkan sejumlah fitur chatbot di website juga sangat efektif meningkatkan kenyamanan pelanggan hingga para pelanggan merasa sangat dipedulikan. Chatbot akan memberi banyak manfaat pada pertumbuhan usaha atau bisnis. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Selalu Siap Sedia Selama 24 Jam Nonstop

Sebagian besar pelanggan jelas akan berpindah ke kompetitor jika Anda tidak mampu melayani mereka secara cekatan. Nah, di sinilah chabot diciptakan agar bisa selalu siap sedia melayani pelanggan tanpa batasan waktu.

Pelayanan bisnis Anda bisa tersedia selama 24/7 non stop by a chatbot.

2. Biaya Pelayanan Lebih Hemat

Selaku pebisnis, Anda tidak perlu lagi mempekerjakan karyawan untuk memberi service kepada pelanggan. Penggunaan chatbot sangat efektif menghemat biaya pelayanan bisnis Anda, bukan? Menurut hasil riset yang dilakukan Forrester Consulting, pelaku bisnis yang menyediakan chatbot dapat menekan biaya pelayanan pelanggan hingga 30%.

Tidak hanya itu saja, chatbot juga berpotensi memberikan hasil investasi besar. Alasannya tidak lain adalah karena efektivitas yang diberikan dari itu sendiri yang kemudian memberi peningkatan pada customer experience.

3. Jumlah Penjualan Lebih Optimal

Penggunaan chatbot nyatanya juga mampu memengaruhi reputasi bisnis yang Anda jalankan. Adanya service pelanggan yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan yang akhirnya akan memberi reputasi yang baik. Adanya reputasi baik inilah yang akan memberikan peluang mengoptimalkan jumlah penjualan.

4. Dapat Meningkatkan Kualitas Customer Experience

Chatbot merupakan salah satu CS yang bisa diandalkan, di mana chatbot bisa membangun percakapan secara proaktif dengan pelanggan lewat rekomendasi dan beberapa bantuan yang ditawarkan. Karenanya, pelanggan akan merasa cepat terbantu dan juga akan meningkatkan kualitas customer experience suatu bisnis secara signifikan.

5. Mampu Menghemat Waktu Pelanggan

Sebuah studi menunjukkan bahwa sebanyak 21% pelanggan menganggap chatbot ini termasuk cara termudah menghubungi suatu bisnis. Hal ini menegaskan bahwa chatbot memang sangat cerdas untuk memastikan pelanggan mendapat bantuan dari jawaban yang diberikan. Waktu pelanggan menjadi tidak perlu terbuang percuma karena tidak harus menunggu antrean sekadar untuk berkonsultasi.

6. Chatbot Sebagai Pendukung Lead Generation

Led generation merupakan langkah bisnis yang akan menghasilkan konversi dari setiap pengunjung yang mengunjungi website bisnis Anda. Menggunakan bantuan chatbot Anda dapat mengumpulkan properti penting pengunjung seperti nomor telepon, alamat email, hingga melakukan pemetaan audiens berdasar produk yang disuka dan tidak.

Dari sini pula, Anda selaku pemilik bisnis juga dapat mengetahui pengunjung mana saja yang berpotensi menjadi pembeli atau real buyer. Selanjutnya, Anda pun bisa merancang berbagai strategi pendekatan seperti mengirim newsletter, memberi voucher, menawarkan diskon, atau memberikan rekomendasi produk terbaru.

Baca juga: Mengenal Apa Itu AI, ML, dan Face Verification Berbasis API

Chatbot Terbaik untuk Layanan Pelanggan, Pilih Veriflow!

Chatbot akan membantu Anda mengotomatiskan sejumlah elemen utama bisnis mulai dari komunikasi dengan pelanggan, pemasaran, bahkan penjualan. Bagi Anda yang tertarik memanfaatkan robot cerdas yang satu ini untuk bisnis, produk terbaik dengan bekal fitur-fitur canggih yang bisa Anda pilih adalah Veriflow.

Memangnya, apa saja yang bisa Anda dapatkan dari penerapan Veriflow pada bisnis Anda? Dengan Veriflow, Anda bisa memberikan respons yang cepat dengan jawaban yang tepat kepada seluruh pelanggan Anda. Cukup sekali integrasi, Anda bisa bebas untuk menentukan flow verifikasi.

  • Veriflow mampu menciptakan percakapan yang lebih interaktif saat berinteraksi dengan pelanggan.
  • Dapat mengatur dan mempercepat sistem flow verifikasi supaya lebih efisien dengan low-code.
  • Sudah terintegrasi dengan sistem verifikasi untuk proses validasi identitas pelanggan saat onboarding.

Kini saatnya membangun kedekatan dengan pelanggan dengan percakapan yang lebih atraktif. Jadwalkan demo gratis dengan cara menghubungi kontak layanan Verihubs sekarang juga!