Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Check in Hotel Online, Menyederhanakan Proses Verifikasi

check in hotel online

Check in hotel adalah proses kedatangan tamu secara resmi di hotel, sekaligus memasukkan barang-barang tamu ke dalam kamar, sedangkan check out adalah waktu bagi tamu hotel untuk melakukan proses pengeluaran barang dari dalam kamar, sekaligus membayar jika tamu memakai minibar. Tidak lupa, tamu hotel juga akan mengembalikan kunci kamar kepada resepsionis hotel di lobi. Pada umumnya, check in hotel dilakukan pukul 14.00 dan check out pukul 12.00 waktu setempat. Namun, waktu check in di hotel bisa berbeda jika memasuki musim high season seperti libur lebaran, libur sekolah, dan libur natal tahun baru. Lantas, bagaimana jika melakukan check in hotel online?

Kemudahan Melakukan Check In Hotel Online

check in hotel online
Sumber: Freepik

Sejak dulu, hotel memang dipilih sebagai tempat singgah yang nyaman bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Berbagai macam fasilitas yang ditawarkan menjadi alasan utama kenapa mereka memutuskan untuk bermalam atau sekadar melepas penat di hotel. Sebelum melakukan check in hotel, diperlukan reservasi terlebih dahulu. Setiap pengunjung atau tamu hotel dapat memesannya secara langsung ke pihak hotel atau menggunakan layanan online travel agent (OTA). Jika ingin langsung, tamu bisa menghubungi pihak hotel dari nomor telepon yang tertera di website hotel dan menanyakan ketersediaan kamar. 

Tidak lupa, informasi jumlah orang yang akan menginap, jumlah kamar yang dipesan, dan keterangan tambahan lainnya juga harus disampaikan secara detail. Selanjutnya, setiap tamu hotel akan menerima bukti pemesanan yang bisa digunakan untuk check in di hotel tujuan. Lain halnya jika ingin menggunakan layanan OTA, tamu bisa mengunduh aplikasinya di Play Store maupun App Store. Pilih hotel yang tersedia di aplikasi tersebut, lalu tinggal mengikuti petunjuk cara pemesanannya.

Jika sudah, tamu akan menerima kode booking hotel yang dikirim via email. Kemudian pembayaran tagihan kamar hotel dapat dilakukan melalui transfer rekening, kartu kredit, atau sistem pembayaran lainnya untuk mendapatkan bukti pemesanan. Di mana nantinya, bukti tersebut akan digunakan untuk melakukan check in hotel. 

Check In Hotel Online Adalah Pilihan yang Praktis!

Ternyata, check in hotel online bisa menjadi pilihan yang lebih praktis. Fitur check in hotel online ini memungkinkan tamu tidak harus melakukan interaksi langsung dengan staf hotel, karena proses check in dan aktivitas terkait bisa dilakukan melalui perangkat pintar. Melalui fitur check in terbaru ini, diharapkan akan lebih memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman bagi para tamu yang menginap. Pemanfaatan fitur check in hotel online ini sangat mudah. Pada hari check in, setiap tamu akan menerima link melalui SMS, WhatsApp, atau banner contactless check in di dalam aplikasi OTA untuk memasukkan dan melakukan proses verifikasi detail pemesanan. Proses verifikasi terdiri dari mengisi ID pemesanan, tanggal check in, data diri setiap tamu yang datang, hingga foto KTP tamu. Untuk memastikan proses check in sudah selesai, maka tamu dapat mencari tanda online check in pada pemesanan. 

Sesampainya di hotel tujuan, tamu yang memesan melalui aplikasi tidak lagi perlu menyerahkan ID. Tapi cukup menunjukkan ID fisik mereka untuk diverifikasi secara digital melalui aplikasi oleh petugas resepsionis. 

Verifikasi Identitas untuk Check in Hotel Online

check in hotel online
Sumber: Freepik

Proses verifikasi identitas untuk keperluan check in hotel online bisa mengandalkan teknologi dari Verihubs. Fitur Identity Verification Verihubs akan membantu memudahkan proses verifikasi identitas user dengan sumber data yang terpercaya. Apa saja yang bisa Anda dapatkan dari fitur ini?

1. OCR for ID Card

Tingkatkan user experience dan menghemat waktu input data melalui OCR (Optical Character Recognition) Verihubs yang bisa mengekstrak semua data teks dari sebuah dokumen secara otomatis. Keunggulan dari fitur OCR for ID Card Verihubs ini adalah:

  • Teknologi AI yang bisa disesuaikan. Algoritma berbasis AI ini dapat digunakan untuk mengekstrak data KTP, mengotomatisasi penginputan data, serta pengambilan foto ID untuk proses pemeriksaan.
  • Percepat waktu penginputan data. Dengan akses data yang terpercaya, maka proses verifikasi user jauh lebih aman dan akurat.
  • Memastikan data terinput dengan jelas. Text Recognition Verihubs dapat mendeteksi blur, silau atau gelap, dan perusahaan bisa menentukan instruksi pengambilan data kembali atau melakukan tindakan lainnya.

2. ID Check

Pastikan keaslian identitas dengan verifikasi data dari KTP secara praktis. Dengan ID Check Verihubs, identitas user dapat langsung dilakukan pengecekan dengan data KTP yang sudah terintegrasi dengan database pemerintah. Keunggulan dari fitur ID Check Verihubs ini adalah:

  • Bandingkan data dari KTP secara akurat. ID Check Verihubs mampu melakukan verifikasi data di KTP dari NIK, nama, tempat tanggal lahir, hingga foto dan mengembalikannya dalam bentuk approval data dan persentase kemiripan foto user.
  • Terintegrasi dengan database DUKCAPIL Indonesia. Dengan akses data yang terpercaya, maka tentunya proses verifikasi user jauh lebih aman dan akurat.
  • Deteksi dan pencegahan penipuan. ID Check Verihubs akan sangat bermanfaat untuk menghindari adanya penipuan, penyalahgunaan identitas dan tindakan kriminal yang tercatat negara.
  • Dapatkan hasil pengecekan dalam hitungan detik. ID Check Verihubs akan merespon setiap proses dengan real-time dan kurang lebih dalam 1 detik.

Cara kerja ID Check Verihubs adalah pengguna (verificator) memasukkan data user (orang yang ingin di verifikasi) berdasarkan data input NIK, nama, tanggal dan tempat lahir, serta foto selfie.  Kemudian, hasil pengenalan software akan menampilkan output berupa keabsahan registrasi NIK, keabsahan nama, keabsahan tanggal dan tempat lahir, hingga selfie similarity (dalam persen 0 – 100%). Hubungi kontak layanan Verihubs untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai teknologi termutakhir ini!