Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Inilah Contoh Kata Sandi 8 Karakter, Simak Ulasannya!

Contoh kata sandi 8 karakter

Tentu Anda tak lagi asing dengan istilah kata sandi atau password yang sering digunakan dalam berbagai kegiatan sekarang ini. Kata sandi adalah satu rangkaian karakter yang dimasukkan ketika Anda akan masuk ke dalam satu akun atau layanan tertentu. Nah, selain membahas mengenai seluk beluk kata sandi, Anda juga akan mendapatkan contoh kata sandi 8 karakter yang kuat di artikel ini.

Kata sandi digunakan oleh seseorang untuk mengunci akun yang dimilikinya, agar tidak diakses oleh orang lain. Verifikasi ini diperlukan untuk  memastikan orang yang mengajukan akses adalah pemilik akun sendiri.

Sifatnya rahasia dan tidak boleh dibagikan kepada pihak lain. Jadi logikanya, ketika nama akun dan kata sandi yang dimasukkan cocok, maka pihak yang mengakses informasi tersebut adalah pihak yang sah.

Fungsi Kata Sandi atau Password secara Umum

Contoh kata sandi 8 karakter
Sumber : freepik.com

Pada dasarnya kata sandi atau password merupakan mekanisme keamanan dasar yang dibuat dari beberapa karakter alfabet, numerik, alfanumerik, dan simbolik. Kombinasinya menghasilkan kata sandi yang kuat dan sulit untuk dibobol atau dibajak.

Jadi fungsi yang dimiliki kata sandi adalah sebagai kode pengaman untuk mengakses suatu akun tertentu atau melakukan transaksi, guna memastikan akses atau transaksi yang dilaksanakan benar-benar dilakukan pihak yang sah.

Di era modern ini, kerahasiaan dan kekuatan kata sandi sangat penting, karena semakin banyak data pribadi yang dipercayakan pada berbagai layanan. Maka dari itu, beberapa contoh kata sandi 8 karakter, yang tergolong cukup kuat, bisa Anda temukan pada bagian berikutnya.

Tips Membuat Kata Sandi yang Kuat

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat password atau kata sandi yang tergolong kuat. Tentu, tips ini membantu Anda untuk memenuhi semua kriteria kata sandi kuat yang sulit dibobol pihak tidak bertanggung jawab.

1. Kombinasi Karakter

Tips pertama adalah pastikan kata sandi yang Anda buat merupakan kombinasi berbagai karakter. Mulai dari huruf besar dan kecil, simbol, angka, dan sebagainya. Semakin kompleks kombinasi yang dibuat, semakin kuat kata sandi yang Anda miliki.

2. Banyak Karakter dalam Kata Sandi

Seperti contoh kata sandi 8 karakter yang akan Anda dapatkan, semakin banyak karakter yang digunakan maka semakin kuat juga kata sandi yang Anda miliki. Meski demikian, hal ini juga berbanding lurus dengan tantangan mengingat kata sandi yang digunakan tersebut.

3. Mudah Diingat Tapi Sulit Ditebak

Untuk memudahkan Anda dalam mengingatnya, pastikan kata sandi tersebut cukup dekat dengan Anda, namun sulit ditebak oleh orang-orang yang mungkin Anda kenal. Bisa berupa kejadian, tempat, lokasi makanan berkesan, atau sebagainya. Kombinasikan tips ketiga ini dengan tips pertama dan kedua tadi.

4. Bersifat Tidak Umum

Kata sandi dalam bahasa Inggris cenderung lebih mudah diretas karena terdapat satu program yang secara khusus digunakan untuk hal ini. Maka dari itu, pastikan kata sandi yang digunakan tidak umum dan asing untuk orang lain. Anda bisa menggunakan bahasa daerah, campuran, atau frasa tidak masuk akal.

5. Kata Sandi Berbeda di Setiap Akun

Tidak sedikit orang yang masih menggunakan kata sandi sama untuk setiap akun yang dimilikinya. Hal ini buruk untuk keamanan data Anda, karena ketika satu kata sandi diretas, oknum tersebut bisa masuk ke akun lain yang Anda miliki. Jadi akan lebih baik jika setiap akun memiliki kata sandi berbeda, sehingga menyulitkan upaya peretasan yang dilakukan.

6. Tambahkan Fitur Keamanan Ekstra

Fitur keamanan ekstra akan menjadi tambahan yang sangat direkomendasikan untuk pengamanan akun Anda. Fitur ini bisa membantu memberikan proteksi lebih lanjut, setelah kata sandi dimasukkan. Misalnya dengan pengenalan wajah, sidik jari, atau metode lain yang dapat mengkonfirmasi permintaan akses lebih lanjut.

Contoh Kata Sandi 8 Karakter yang Bisa DIgunakan

Contoh kata sandi 8 karakter
Sumber : freepik.com

Untuk contohnya sendiri, sebenarnya bisa mengacu pada apa yang disampaikan di poin sebelumnya mengenai tips membuat kata sandi 8 karakter yang kuat. Anda bisa melihat beberapa contoh yang disampaikan di bawah ini. Ingat, poin di bawah ini hanya contoh, tidak direkomendasikan untuk ditiru sepenuhnya karena artikel ini dibaca oleh publik secara luas. Gunakan polanya, kombinasikan karakter yang digunakan, dan masukkan unsur unik Anda sehingga semakin kuat dan sulit dibobol.

  • H4r!$iaL, kata kunci ini terdiri dari 8 karakter, menggunakan kombinasi huruf kapital dan huruf kecil, serta menggunakan karakter numerik dan simbol. Format kombinasi ini cukup kuat untuk digunakan.
  • #RuMAhQu, kombinasi ini menggunakan simbol tagar (#) sebagai kombinasinya. Kata sandi ini sendiri bisa berarti ‘pagar rumahku’. cermati kombinasi huruf kapital dan huruf kecilnya.

Dan banyak lagi contoh kata sandi 8 karakter yang bisa Anda buat berdasarkan keunikan atau pengalaman yang Anda miliki.

Fitur keamanan ekstra sendiri bisa ditambahkan untuk meningkatkan proteksi dari akun yang Anda miliki dari pembobolan. Misalnya saja seperti verifikasi 2 arah dengan memanfaatkan OTP atau sidik jari, atau pengenalan wajah.

Meski demikian, hal ini akan tergantung pada penyedia layanan yang Anda gunakan, apakah akan memberikan proteksi tersebut atau tidak. Idealnya di era modern ini, setiap penyedia layanan atau pengelola data pelanggan sudah menggunakannya sebagai prosedur keamanan standar.

Verihubs Hadir untuk Membantu Meningkatkan Proteksi Akses Data Pelanggan yang Dikelola

Keberadaan Verihubs sejak 2019 lalu berhasil membantu meningkatkan proteksi akses data pelanggan yang dimiliki perusahaan, dengan menyediakan sistem autentikasi dan verifikasi modern. Menyediakan solusi end-to-end untuk urusan verifikasi dan autentikasi, setiap akses data pelanggan bisa dilindungi dengan optimal. Tentu saja, terkait dengan contoh kata sandi 8 karakter tadi, Verihubs mampu meningkatkan proteksinya dengan menambahkan verifikasi ganda. Segera tingkatkan proteksi akses data pelanggan Anda sekarang juga dengan Verihubs!