Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

6 Tips dan Contoh Password yang Kuat Agar Tidak Mudah Diretas

contoh password

Setiap orang tentu membutuhkan password pada mayoritas aktivitas online, seperti memeriksa email atau perbankan online. Memang lebih mudah bagi sebagian orang untuk membuat dan mengingat password yang sederhana. Namun perlu dipahami bahwa hal ini berisiko pada keamanan online. Password yang Anda buat sebaiknya tidak sulit Anda ingat, namun harus sulit untuk ditebak orang lain. Dalam pembahasan kali ini akan diberikan beberapa contoh password yang kuat, dan tips bagaimana membuat password supaya tidak mudah diretas. 

Timbul pertanyaan, mengapa password yang kuat diperlukan? Faktanya adalah, meskipun mayoritas website sudah aman, namun selalu ada kemungkinan orang lain yang berniat jahat mencoba mengakses atau mencuri informasi-informasi Anda. Tindakan seperti ini pada umumnya dikenal sebagai hacking (meretas). Contoh password yang kuat adalah salah satu cara untuk mempertahankan akun dan informasi pribadi Anda dari hacker. 

Apa Manfaat Penggunaan Password yang Kuat? 

Manfaat jika Anda menggunakan contoh password yang kuat adalah data pribadi Anda aman, termasuk data di sosial media, hingga data-data yang tersimpan di perangkat komputer maupun ponsel. Data di akun-akun yang terkait dengan keuangan juga akan lebih aman. Seperti email, akun internet atau mobile banking, akun dompet digital, akun belanja online di e-commerce, dan lain sebagainya. 

Ingin Tahu Contoh Password yang Kuat, Hindari Kesalahan Ini!

contoh password

Pada umumnya, password yang dibuat mengandung unsur nama keluarga, hobi, ataupun menggunakan pola sederhana lainnya. Password semacam ini memang mudah diingat, tetapi sangat kurang aman. Mari kita pelajari beberapa kesalahan password pada umumnya, dan melihat beberapa contoh password yang kuat.  

1. Menggunakan kombinasi nama dan tanggal lahir

Kata sandi atau password ini menggunakan informasi pribadi terlalu banyak. Misalnya “Indah67”, di mana Indah adalah nama pribadi atau nama anak, dan 67 adalah tanggal lahir yaitu 6 Juli. Password ini lemah dan sangat mudah ditebak. Solusinya, Anda harus membuat kombinasi password yang kuat menggunakan simbol-simbol, huruf-huruf kapital, dan susunan secara acak. Lantas, bagaimana contoh password yang kuat? Anda dapat membuat kombinasi password dari nama alat elektronik dan jenis makanan, misalnya microwave dan pizza dapat dikombinasikan menjadi “micRow4vep!ZZa”.

2. Password kurang dari enam karakter

Password memang sudah dibuat dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, simbol, dan angka. Namun password tersebut tetap lemah jika hanya terdiri dari empat atau lima karakter saja, misalnya “J4t!” yang merupakan kata depan dari alamat rumah pribadi. Password ini hanya terdiri dari empat karakter, sehingga password ini terlalu singkat. Password ini juga terdiri dari bagian dari alamat pribadi yang dapat diakses publik. Solusinya, contoh password yang kuat idealnya adalah lebih dari enam karakter. Nama jalan dari alamat sebenarnya bisa diganti dengan nama jalan lainnya. Misalnya, Horizon Hill dapat dikombinasikan menjadi “h02izoNH!77”.

3. Menggunakan pola sederhana

Password dengan pola sederhana yang mudah diingat, tentu akan sangat mudah ditebak oleh hacker. Misalnya kombinasi angka dan huruf “123abccba321”. Ingatlah bahwa password yang disusun acak akan jauh lebih kuat dari pola yang sederhana seperti di atas. Jika Anda mengalami kesulitan untuk membuat password baru, Anda bisa coba menggunakan aplikasi password generator. Berikut ini adalah contoh password yang kuat yang dihasilkan dari aplikasi password generator “#eV$pIg&qf”.

4. Menggunakan password yang sama di semua akun

Sebagian orang memilih untuk menggunakan password yang sama di semua akun. Melalui cara ini, mereka hanya perlu mengingat satu password saja. Permasalahannya adalah, memang tidak ada yang salah dengan password atau cara Anda ini, tetapi ingatlah bahwa sebaiknya Anda tidak menggunakan password yang sama untuk akun yang berbeda. Solusinya, buatlah kombinasi password yang unik untuk setiap akun Anda demi keamanan. 

Contoh password yang kuat adalah password yang panjang dan sulit ditebak, menggunakan lebih dari enam karakter kombinasi huruf (huruf kapital dan kecil), angka-angka, dan simbol-simbol, serta tidak menggunakan kata-kata umum atau informasi pribadi. Ingatlah untuk menggunakan tips-tips di atas setiap kali Anda membuat kata sandi agar keamanan Anda tetap terjaga.

Tips Membuat Password yang Kuat

contoh password

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kata sandi atau password yang kuat hendaknya mudah Anda ingat, tetapi harus sulit ditebak orang lain. Marilah kita lihat beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan saat membuat password.

  1. Hindari menggunakan informasi pribadi Anda seperti nama, tanggal lahir, username, atau alamat email. Informasi-informasi ini pada umumnya dapat diakses publik, sehingga orang lain lebih mudah menebak password Anda.
  2. Gunakan password yang panjang, setidaknya minimal 6 digit, atau dapat lebih panjang untuk keamanan ekstra.
  3. Jangan memakai password yang sama untuk semua akun. Sebab, jika seseorang menemukan kata sandi pada satu akun Anda, maka akun-akun Anda lainnya juga akan terancam. 
  4. Gunakan kombinasi angka, simbol, huruf kapital, dan juga huruf kecil.
  5. Hindari untuk menggunakan kata-kata yang dapat ditemukan di dalam kamus. Misalnya, “bahagia12” merupakan password yang lemah.
  6. Perlu diketahui, bahwa password acak adalah password yang terkuat. Jadi, jangan ragu untuk membuat password acak, ya

Ingat, hindari dan jangan pernah pakai ulang password yang sudah pernah dipakai sebelumnya, ya! Untuk keamanan ekstra, gunakan layanan tingkat keamanan 2 tahap atau two-factor authentication (2FA), misalnya ada password dan verifikasi via email atau nomor HP. 2FA adalah lapisan keamanan tambahan untuk melindungi akun Anda lebih jauh, dengan memastikan bahwa orang yang berusaha untuk mengakses akun adalah Anda sendiri.

Bagaimana cara kerjanya? Pertama, Anda perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Setelah itu, Anda tidak akan langsung masuk, sebab Anda harus menyediakan informasi tambahan. Pemeriksaan informasi kredensial tambahan ini bisa berupa beberapa cara, misalnya Anda akan menerima kode verifikasi yang dikirim ke perangkat Anda yang terautentikasi. Teknologi autentikasi untuk keamanan data memang sangat penting. Sekarang giliran Anda untuk memastikan bahwa bisnis Anda menggunakan 2FA dengan layanan dari Verihubs. Dari teknologi yang canggih dan mudah digunakan, Verihubs akan memberikan berbagai solusi untuk membuat customer journey yang lebih simple dan tentunya dengan standar keamanan lebih unggul.

Verihubs telah dipercaya oleh banyak pelaku bisnis di Indonesia dari perusahaan fintech, bank digital, bank konvensional yang memiliki aplikasi seluler, hingga bisnis digital lainnya. Selain memasang layanan 2FA untuk bisnis, Anda pun bisa menentukan apakah user adalah orang asli atau bukan, secara cepat dan pasti, dengan menggunakan layanan dari Verihubs.