Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Memahami Bahwa Cyber Crime adalah Ancaman Nyata, Simak di Sini!

cyber crime adalah

Istilah cyber crime adalah istilah yang belakangan akrab di telinga masyarakat. Mengingat kini sebagian besar aktivitas bisa dilakukan secara online, maka kejahatan siber menjadi semakin umum. Tentu, sebagai masyarakat modern yang paham akan pentingnya perlindungan data dan aktivitas digital, idealnya memahami konsep ini dengan baik.

Pemahaman pada cyber crime sendiri dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran akan pentingnya perlindungan pada informasi pribadi yang dimiliki. Maka akan dijelaskan secara singkat mengenai pengertian, jenis cyber crime yang sering terjadi, serta cara-cara yang bisa digunakan untuk menghindarinya.

Pengertian Cyber Crime adalah Sebagai Berikut

cyber crime adalah
Sumber : freepik.com

Jika mengacu pada apa yang disampaikan Organization of European Community Development atau OECD, cybercrime adalah semua bentuk akses ilegal terhadap suatu transmisi data. Semua bentuk kegiatan yang tidak sah dalam sistem komputer, termasuk dalam jenis tindak kejahatan siber.

Selain itu, konsep ini juga dapat dipahami sebagai tindak kejahatan yang terjadi di ranah dunia maya, dengan memanfaatkan teknologi komputer dan jaringan internet sebagai sasaran utamanya. Kemunculan tindak kejahatan siber ini sendiri menjadi efek dari semakin digitalnya kehidupan manusia era kekinian, sehingga semakin banyak pula urusan yang diselesaikan secara online dengan nilai yang besar.

Segala tindak kejahatan yang menggunakan teknologi komputer dan jaringan internet di ranah dunia maya, akan masuk pada jenis tindak kejahatan siber.

Mengenal Jenis-Jenis Cyber Crime

cyber crime adalah
Sumber : freepik.com

Jika dijabarkan, akan sangat banyak jenis cyber crime yang terjadi dan mengancam pengguna di dunia maya saat ini. Namun agar lebih padat, berikut jenis-jenis kejahatan siber yang terjadi dan harus diwaspadai dengan karakternya masing-masing.

  • Pencurian data, jenis ini dilakukan untuk memenuhi kepentingan komersial dengan dasar ada pihak yang ingin akses pada data rahasia pihak lain. Data yang akan diakses pasti memiliki nilai tertentu, dan rawan disalahgunakan untuk keuntungan sendiri.
  • Hacking, tindakan ini dilakukan untuk mengincar kelemahan atau celah dari sistem keamanan, guna mendapatkan keuntungan atau kepuasan pribadi.
  • Defacing, merupakan tindakan kejahatan siber yang tergolong ‘ringan’ sebab dilakukan hanya pada website non-profit. Namun hal ini juga berpotensi merugikan, karena data yang dibobol bisa bernilai tinggi.
  • Cyber typosquatting, tindakan ini mengincar nama domain milik brand terkenal untuk dijadikan sasaran, dengan memanfaatkan kemiripan nama domain dengan yang asli. Perbedaannya hanya sedikit, sehingga sering menimbulkan kesalahpahaman yang berdampak pada citra buruk brand asli.
  • Malware, merupakan perangkat lunak yang berbahaya dan bisa masuk pada perangkat komputer user dengan berbagai tujuan merugikan. Mulai dari virus, adware, worm, browser hijacker, dan lainnya.
  • Menyebarkan konten ilegal, tindakan ini secara jelas melanggar undang-undang yang berlaku di Indonesia. Contohnya adalah video porno, konten sensitif terkait isu SARA, jual beli barang ilegal, dan sebagainya.
  • Cybersquatting, penyerobotan nama domain yang dilakukan juga masuk dalam jenis cyber crime di dunia. Ketika muncul satu brand baru, biasanya brand akan mencari domain untuk dijadikan situs resmi. Pelaku cybersquatting sendiri melakukan klaim atau pembelian pada domain potensial, dan meminta tebusan. Hal ini terjadi juga pada nama akun di media sosial.
  • Carding, istilah ini digunakan untuk menyebut penyalahgunaan informasi kartu kredit milik orang lain. Akses kartu kredit dilakukan secara ilegal, untuk keuntungan pribadi.
  • Cyber terrorism, kejahatan ini menjadi isu internasional dan diperangi oleh berbagai negara di dunia. Aktivitas tersebut mengancam keselamatan warga masyarakat dengan teror melalui platform online.

Lalu Bagaimana Cara Menghindarinya?

cyber crime adalah
Sumber : freepik.com

Dari semua jenis cyber crime yang dijelaskan di atas, tentu semua orang wajib mengetahui bagaimana cara mengatasi dan mencegah terjadinya jenis kejahatan ini. Selengkapnya, pada poin berikut.

1. Dari Sisi Negara, Undang-Undang yang Jelas

Upaya makro yang bisa dilakukan tentu adalah penegakan hukum dan penyusunan undang-undang regulasi baku yang jelas. Serupa dengan kejahatan pada umumnya, kejahatan siber juga wajib memiliki aturan yang jelas, terkait kriteria kejahatan, cara pengungkapan, penyelidikan, dan proses hukum lainnya.

2. Dari Sisi Stakeholder Lain

Stakeholder lain, juga bisa diupayakan untuk meningkatkan proteksi pada data-data yang dimiliki oleh masyarakat secara luas. Penggunaan sistem keamanan tambahan bisa dilakukan, sehingga akses yang dilakukan harus dengan proses verifikasi ganda untuk melindungi data yang ada pada setiap akun.

3. Dari Sisi Masyarakat Umum

Kesadaran akan pentingnya perlindungan data dan perlindungan diri selama beraktivitas di dunia maya sangat penting. Menjaga data pribadi dengan tidak membagikannya ke sembarang pihak, kemudian mewaspadai adanya konten yang destruktif, dan secara aktif melaporkan konten atau akun yang memenuhi kriteria sebagai pelaku kejahatan siber dengan sistem yang berlaku, menjadi langkah paling sederhana yang bisa dilakukan.

4. Secara Umum

Memperkuat sistem yang ada pada suatu jaringan akan meningkatkan keamanan setiap pengguna yang ada di dunia maya. Verifikasi ganda, crosscheck dengan data legal masyarakat dan catatan kriminal, bisa dilakukan dengan akurat dan cepat jika sistem yang digunakan benar-benar solid dan kuat.

Verihubs Hadir sebagai Solusi Verifikasi Data User dan Perlindungan Akun

Pelaku cyber crime selalu memiliki catatan kriminal yang menempel pada identitasnya. Untuk membantu mewaspadai hal ini, Verihubs menawarkan fitur Fraud Check yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk menjaga keamanan data. Nantinya, akan dapat dikenali jika memang terdapat catatan kriminal di dalam data personal yang dimasukkan. Integrasinya terhubung langsung ke database pemerintah, sehingga dipastikan akurat dan valid. Ini mengapa, Verihubs penting digunakan oleh perusahaan di era modern, guna melakukan perlindungan pada data perusahaan dan data user menggunakan verifikasi yang jelas dan sangat akurat. Hubungi kami sekarang, dan pastikan keamanan semua data yang dimiliki!