Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Kenali Penyebab Data Breach dan 4 Cara Pencegahannya

data breach

Pelanggaran data atau data breach adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh hacker untuk menyusup pada perangkat seseorang dan mengambil data-data penting di dalamnya. Tindakan pembobolan data oleh hacker ini tentunya sangat merugikan, baik untuk reputasi seseorang maupun perusahaan. Oleh karena itu, keamanan data harus menjadi prioritas utama bagi siapa saja, baik individu maupun perusahaan.

Tanpa standar keamanan yang baik di tingkat pengguna dan perusahaan, maka risiko data breach akan selalu mengancam keamanan informasi para penggunanya. Memangnya, apa itu data breach?

Data breach adalah insiden keamanan pelanggaran data di mana hacker mendapatkan akses ke informasi sensitif seseorang tanpa adanya otorisasi. Data-data tersebut bisa berupa informasi pribadi, laporan keuangan, bahkan bisa juga catatan medis seseorang. Pelanggaran data ini menjadi salah satu jenis insiden keamanan siber yang paling umum dan dapat merugikan individu maupun bisnis. Penyebabnya bisa berasal dari berbagai hal, salah satunya adalah kelemahan keamanan di perangkat dan perilaku penggunanya.

Saat ini semakin banyak aplikasi dan fitur yang memerlukan data pribadi pemiliknya, dan hal ini merupakan celah keamanan yang sering dimanfaatkan hacker untuk menjalankan aksi kejahatan. 

Apa Saja Penyebab Terjadinya Data Breach?

data breach
Sumber: Freepik

Kira-kira, apa saja yang menjadi penyebab terjadinya data breach? Setidaknya ada lima faktor utama yang bisa menjadi penyebab pelanggaran data, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kredensial atau password yang lemah menjadi salah penyebab utama kenapa data breach dapat terjadi. Password atau kata sandi dibuat dengan tujuan untuk mengamankan sistem, namun sayangnya masih banyak yang menggunakan kata sandi dengan frasa sederhana. Jika hacker dapat menemukan kata sandi yang Anda gunakan, tentu saja mereka dapat dengan mudah masuk ke dalam sistem dan mengakses data-data sensitif di dalamnya.
  2. Kehilangan sebuah device juga bisa jadi penyebab seseorang mengalami data breach. Laptop atau hard drive eksternal yang tidak terenkripsi dan tidak dikunci akan sangat rentan terhadap hilangnya berbagai informasi penting di dalamnya.
  3. Faktor berikutnya adalah adanya kerentanan di dalam aplikasi. Bisanya, hacker akan melakukan sejumlah serangan ketika mereka menemukan kerentanan dalam sebuah sistem. Itulah sebabnya, penting bagi perusahaan untuk melakukan penetration testing secara rutin, yang dapat membantu perusahaan untuk menemukan celah keamanan supaya bisa segera ditambal atau diperbaiki.
  4. Adanya malware yang merupakan suatu program atau file berbahaya yang dibuat dengan tujuan jahat. Hacker dapat menyebarluaskan malware ketika sistem memiliki kerentanan keamanan, dan mereka juga dapat menanamkan malware ketika karyawan di perusahaan secara tidak sadar mengklik tautan berbahaya yang dikirim melalui email. Berbagai serangan malware ini biasanya akan digunakan oleh hacker untuk menghilangkan langkah otentikasi yang digunakan untuk melindungi sistem.
  5. Faktor orang dalam yang berbahaya. Selain karena faktor kesalahan teknis, ternyata data breach juga dapat terjadi karena faktor kesengajaan. Beberapa karyawan di perusahaan mungkin memiliki akses untuk melihat data sensitif perusahaan. Terkadang karena iming-iming imbalan berupa uang, karyawan dapat menyalahgunakannya dan memberikan akses tersebut kepada hacker. Jangan biarkan hal ini terjadi!

Baca juga: Penting! Inilah 3 Strategi Penerapan Cyber Security di Industri Keuangan Digital

Bagaimana Cara Mencegah Data Breach?

data breach
Sumber: Freepik

Siapa saja bisa berisiko mengalami pelanggaran data, baik individu, perusahaan, hingga instansi pemerintahan. Maka itu, Anda juga harus selalu waspada terhadap ancaman siber yang satu ini agar keamanan data tetap terjaga. Berikut ini adalah penjelasan cara mencegah pelanggaran data yang bisa Anda lakukan.

1. Pastikan Anda Menggunakan Password yang Kuat

Seperti yang telah diketahui, bahwa salah satu metode pelanggaran data yaitu melalui brute force attack atau peretasan dengan mencoba memecahkan password dan kredensial login. Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan kombinasi kata sandi yang kuat untuk mencegah terjadinya pelanggaran data.

2. Lakukan Enkripsi dan Backup Data

Enkripsi dan backup data secara rutin juga menjadi salah satu tindakan yang penting dilakukan untuk pencegahan serangan pelanggaran data. Lakukan pembersihan data yang sudah tidak diperlukan secara menyeluruh, dan buat instalasi baru di sistem operasi untuk menghapus drive.

3. Update Security Software Perlu Dilakukan!

Melakukan update security software secara berkala sangat penting dilakukan demi meningkatkan keamanan data. Pastikan memilih software keamanan tingkat tinggi yang sudah dilengkapi dengan antivirus, serta perlindungan dari berbagai jenis malware.

4. Isolasi Sistem yang Diserang oleh Hacker

Jika mengalami data breach, maka segera lakukan isolasi sistem untuk membatasi akses ke data-data berharga. Langkah ini harus segera dilakukan agar hacker tidak dapat mengakses dan merusak sistem lebih lanjut. Setelah itu, pastikan Anda menggunakan infrastruktur keamanan yang lebih tinggi agar serangan tidak terjadi secara berulang.

Baca juga: 4 Alasan Perlunya Menjaga Privasi di Dunia Digital

Pastikan Keamanan Data Agar Terhindar dari Data Breach!

Terjadinya data breach memang bisa diakibatkan karena beberapa hal, termasuk kerentanan pada aplikasi. Maka dari itu, pastikan tidak ada celah keamanan pada aplikasi bisnis Anda yang bisa dimasuki oleh hacker.

Jika keamanan data bisnis Anda menjadi prioritas utama, Anda perlu berkenalan dengan Verihubs. Berbagai fitur dan layanan verifikasi yang ditawarkan oleh Verihubs, sangat penting digunakan oleh perusahaan di era modern. Dengan sistem verifikasi yang handal seperti verifikasi nomor telepon, identitas, hingga biometrik dari Verihubs, Anda bisa memberikan pelayanan terbaik pada pengguna/konsumen Anda, tanpa mengesampingkan faktor keamanan, sehingga data breach dapat diminimalisir.

Bersama Verihubs, Anda bisa membangun ekosistem digital dan bisa mendapatkan kemudahan dalam sistem verifikasi serta otentikasi yang terintegrasi di sistem perusahaan Anda. Teknologi yang dikembangkan oleh Verihubs akan membantu bisnis atau perusahaan digital Anda dalam berinovasi dan memenangkan persaingan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera sesuaikan solusi terbaik dari Verihubs dengan kebutuhan bisnis Anda!