Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Digitalisasi adalah Proses Fundamental di Era Modern, Simak di Sini!

digitalisasi adalah

Kata ‘digitalisasi’ adalah satu kata yang tak mungkin lepas dari pembahasan dunia industri dan informasi di abad ke-21 ini. Berbagai bentuk digitalisasi terus digenjot, dalam rangka memudahkan semua proses yang berjalan. Digitalisasi adalah sebuah proses yang krusial, dan wajib dilakukan setiap jenis bisnis jika ingin terus berkembang.

Tapi apa yang dimaksud digitalisasi ini? Bagaimana proses yang terjadi, sehingga sebuah bisnis atau industri dikatakan sudah melakukan digitalisasi?

Penjelasan mengenai kedua pertanyaan tersebut akan Anda dapatkan pada bagian selanjutnya dalam artikel ini. Selain itu, Anda juga akan disajikan informasi mengenai urgensi verifikasi di era digitalisasi ini, dalam rangka mendukung setiap proses yang berjalan dan terkait dengan data.

Mari masuk ke pembahasan pertama, mengenai apa itu digitalisasi.

Mengenal Apa Itu Digitalisasi 

digitalisasi adalah
Sumber: freepik.com

Secara sederhana digitalisasi adalah proses perubahan yang terjadi pada teknologi bersifat analog ke teknologi bersifat digital. Proses yang terjadi kemudian banyak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, hingga saat ini industri sudah semakin modern dan mengandalkan teknologi tersebut untuk terus menopang operasionalnya.

Digitalisasi sendiri dilakukan dalam rangka peningkatan efisiensi dan efektivitas kinerja setiap bagian dari industri, sehingga waktu dan seluruh sumber daya yang dimiliki dapat diolah seoptimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Proses peralihan ini juga ditujukan untuk memudahkan semua urusan yang diperlukan oleh user atau pengguna layanan dan produk. Dengan berbagai kemudahan yang tersedia berkat proses tersebut, diharapkan loyalitas user meningkat dan transaksi yang terjadi semakin besar nilainya.

Gambaran mendasar yang dapat diberikan adalah peralihan penggunaan berkas berbentuk fisik, ke dalam berkas berbentuk file digital, pada setiap bagian industri yang beroperasi.

Lalu Bagaimana Proses Digitalisasi Terjadi?

digitalisasi adalah
Sumber: freepik.com

Meski pada prakteknya proses ini berjalan sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang memiliki karakter unik, namun proses digitalisasi dapat dikelompokkan menjadi tiga tahapan besar. Mulai dari proses sampling, kemudian proses kuantisasi, dan terakhir proses pengkodean data yang sudah didapatkan.

Penjelasan pada bagian kedua terdapat dalam poin berikut ini.

1. Tahap Sampling

Tahap ini dilakukan dengan cara mengambil contoh besaran sinyal dan data analog pada titik tertentu secara teratur dan berurutan. Tujuan dasar dari tahap pertama ini adalah mendapatkan gambaran kasar pada data yang ada di lapangan saat ini, untuk keperluan proses selanjutnya dalam digitalisasi.

2. Tahap Kuantisasi

Tahap kedua dalam proses digitalisasi adalah kuantisasi. Tahap ini dilakukan untuk menentukan segmen atau kategori dari sampel yang telah didapatkan pada tahap pertama tadi. Kategorisasi akan dilakukan dengan kriteria jelas, sehingga mudah dikenali dan diidentifikasi.

3. Tahap Pengkodean

Data yang telah terkategorisasi dengan sistematis kemudian diubah bentuknya menjadi deret kode yang dapat dipahami oleh mesin atau perangkat komputer. Hasil dari pengkodean ini nantinya akan berbentuk file digital yang dapat ditampilan pada perangkat display yang digunakan. Data yang dimiliki tadi akan diubah ke dalam bentuk kode digital biner, yang secara general dapat dibaca oleh setiap sistem yang digunakan di dunia.

Bagian Ketiga, Pentingnya Verifikasi dalam Era Digitalisasi

digitalisasi adalah
Sumber: freepik.com

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa data yang dimiliki kemudian diubah ke dalam bentuk kode digital biner agar dapat dibaca oleh sistem secara umum di seluruh dunia, maka permasalah muncul pada akses yang bisa dilakukan oleh banyak pihak.

Padahal kenyataannya data-data ini bukan merupakan data umum yang bisa diakses oleh publik secara luas. Sebagian besar data memiliki nilai yang tinggi dan bersifat pribadi, sehingga tidak boleh diketahui pihak lain karena menyangkut informasi sensitif.

Data terkait informasi pribadi seseorang menjadi salah satu data yang sifatnya tertutup dan tidak boleh diketahui pihak lain. Hal ini mengingat data pribadi juga digunakan untuk berbagai transaksi perbankan, dan urusan lain yang sifatnya mungkin tidak terbuka.

Verifikasi sebagai Gerbang Filtrasi Akses

Verifikasi kemudian hadir dan mengambil peran sebagai gerbang filtrasi atas akses yang diminta oleh masyarakat atau publik. Akses pada data-data terbuka dan sifatnya informatif, seperti artikel yang Anda baca ini, akan dapat dilakukan oleh masyarakat luas tanpa harus menggunakan password atau melalui pemeriksaan keabsahan akses yang dilakukan.

Publik secara terbuka dapat mengakses informasi seperti ini karena sifatnya umum dan memang ditujukan untuk edukasi, sehingga semakin banyak orang yang mengaksesnya, maka semakin baik edukasi yang diberikan tulisan singkat ini.

Di sisi lain, data pribadi memerlukan proteksi yang jelas pada akses masuknya, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mendapatkan akses untuk melihat, mengolah, dan memanfaatkan data pribadi yang mereka miliki.

Proses verifikasi adalah proses untuk memastikan bahwa pengguna yang mengajukan akses pada informasi pribadi merupakan pengguna yang sah, memiliki akses atas informasi tersebut. Proses ini dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari verifikasi nomor telepon, verifikasi identitas, hingga verifikasi biometrik.

Verihubs Hadir untuk Membantu Memberikan Proteksi Akses Data Berharga Tersebut

Kesadaran pada pentingnya proteksi akses pengguna ini kemudian menjadi dasar Verihubs mengembangkan bisnis yang dimilikinya. Dikenal luas sebagai salah satu perusahaan dengan produk handal di bidan verifikasi, setiap layanan yang diberikan Verihubs untuk perusahaan Anda dijamin solid, aman, dan mudah diterapkan namun memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Mempercepat dan memberikan perlindungan pada proses digitalisasi adalah salah satu hal yang umum dilakukan Verihubs dalam bisnisnya selama ini. Produk verifikasi yang dapat Anda gunakan beragam, mulai dari Phone Number Verification, Identity Verification, Biometric Verification, hingga Business Verification. Semua produk berorientasi pada verifikasi yang cepat, akurat, dan efektif, sehingga user dapat melewati proses ini tanpa membuang waktu. Gunakan produk Verihubs sekarang juga, dan hubungi layanan pelanggan kami untuk informasi lengkap mengenai produknya!