Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Doxing: Jenis, Dampak, Upaya Mencegah, dan Cara Mengatasinya

doxing adalah

Bagi Anda yang belum tahu, doxing adalah praktek cyberbullying yang sebetulnya sudah terjadi sejak lama. Identitas dan data pribadi seseorang memang cukup ampuh untuk dijadikan senjata untuk melakukan tindak kejahatan, karena data yang dimiliki korban bersifat permanen, seperti nama asli, alamat rumah, data keuangan, dan lain sebagainya.

Sebetulnya, istilah doxing pertama kali muncul pada tahun pada tahun 1990, di mana pada saat itu motif dari perbuatan doxing adalah untuk mengungkap rival peretas atau orang-orang yang berlindung di balik nama palsu.

Pada umumnya, serangan doxing bisa dilakukan dalam berbagai tujuan, mulai dari yang tidak penting seperti mendaftar email palsu untuk memesan barang, hingga yang lebih berbahaya seperti melecehkan seseorang atau keluarganya dan pencurian identitas.

Mengenal Jenis-Jenis Doxing

doxing adalah
Sumber: Freepik

Doxing bisa dilihat dan dikenal melalui beberapa bentuk atau jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis umum dari serangan doxing yang perlu diketahui:

1. Doxing Deanonymizing

Jenis doxing yang satu ini dilakukan dengan mengungkapkan identitas seseorang yang sebelumnya atau dari awal menganonimkan diri (tidak menggunakan nama asli). Contohnya adalah membongkar akun media sosial milik seseorang yang anonim, padahal mereka yang memilih untuk menganonimkan identitasnya memiliki alasan tersendiri yang seharusnya dihargai.

2. Doxing Targeting

Doxing targeting merupakan jenis doxing yang dilakukan dengan mengungkapkan informasi spesifik tentang seseorang yang memungkinkan mereka untuk dihubungi atau ditemukan. Dengan kata lain, keamanan online mereka telah dilanggar, misalnya disebarkannya nomor telepon, alamat rumah, atau kata sandi akun seseorang. Data-data tersebut sangat krusial sehingga bisa jadi akan membahayakan bagi korban.

3. Doxing Delegitimizing

Jenis doxing berikutnya adalah dilakukan dengan cara mengungkapkan informasi yang bersifat sensitif atau intim tentang seseorang. Disebarkannya data tersebut akan merusak kredibilitas atau reputasinya, mengingat sifatnya yang sangat pribadi sehingga tidak banyak diketahui oleh orang lain. Contohnya adalah catatan medis, keuangan pribadi, catatan hukum, atau pesan serta foto pribadi yang biasanya sulit atau tidak bisa terlihat oleh publik. Para korban pasti memiliki alasan untuk menyimpan sendiri data-data tersebut, jadi doxing jenis ini benar-benar melanggar dan mengganggu privasi korban.

Dampak Negatif Terkena Doxing Adalah Sebagai Berikut

Tentu saja, doxing tidak dapat dianggap sebelah mata karena dampaknya yang berbahaya. Berikut ini adalah beberapa dampak yang dapat dialami oleh korban:

  • Rasa malu di depan umum dan mendapatkan penghinaan atau bullying dari publik
  • Mendapatkan diskriminasi, di mana hal tersebut dapat terjadi jika karakteristik pribadi dirinya terungkap.
  • Bisa mengalami cyberstalking dan physical stalking.
  • Bisa mengalami pencurian identitas dan penipuan dalam hal finansial.
  • Rusaknya reputasi personal dan profesional, dan lambat laun hal tersebut akan menyebabkan kerugian secara sosial dan finansial.
  • Meningkatnya kecemasan, serta menurunnya kepercayaan dan harga diri.

Upaya Menjaga Data Agar Tidak Terkena Doxing

Internet dan dunia digital seperti media sosial memang tempat bagi kebanyakan orang untuk berekspresi. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan supaya bisa terhindar dari doxing

Melindungi informasi pribadi lebih dari sekadar mengamankan data, akan tetapi juga melindungi dari serangan digital lebih lanjut. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu diikuti agar terhindar dari serangan doxing:

  • Pastikan pengaturan privasi pada akun sosial media berada pada kontrol yang sangat kuat.
  • Lakukan pencarian internet tentang diri Anda dan keluarga secara berkala. 
  • Secara teratur, hubungi pakar teknologi untuk memeriksa perangkat pribadi agar gangguan-gangguan dapat terdeteksi.
  • Gunakan otentikasi multi-faktor jika memungkinkan, sehingga peretas akan lebih susah untuk membobol data-data Anda.

Baca juga: Cek KTP User Lebih Akurat Pakai Fitur ID Check Verihubs

Penanganan Data yang Terkena Doxing

doxing adalah
Sumber: Freepik

Meskipun data-data telah tersebar karena serangan doxing, namun Anda masih bisa mencoba beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak dari serangan doxing dan menanganinya:

  • Kumpulkan dan jaga dengan baik bukti-bukti serangan doxing yang Anda miliki. Setelah itu, silakan laporkan masalah dan bukti yang Anda miliki ke platform media sosial tempat di mana data-data Anda disebarkan.
  • Blokir kontak yang tidak diinginkan dan yang tidak dikenal.
  • Carilah dukungan atau bantuan secara lebih lanjut dari polisi, layanan hukum, atau layanan konseling.
  • Supaya tetap aman di kemudian hari, pastikan Anda meninjau dan memperbaharui setelan privasi dan keamanan Anda.

Baca juga: 3 Manfaat ID Check dan Cara Kerjanya, Efektif untuk Bisnis!

Doxing adalah jenis cyberbullying yang dampaknya bisa sangat besar dan berbahaya terhadap seseorang yang menjadi korbannya. Karena doxing bisa mengincar siapa saja dan kapan saja sesuai keinginan pelaku, maka lebih baik mencegah daripada harus menjadi korban doxing.

Verihubs menghadirkan layanan berbasis teknologi yang super lengkap untuk pertahanan keamanan data penting dalam sektor industri, pemerintah, serta bisnis fintech dan e-commerce. Dengan fitur ID Check Verihubs misalnya, identitas user pada bisnis Anda dapat langsung dilakukan pengecekan dengan data KTP yang sudah terintegrasi dengan database resmi.

Pelajari lebih jauh mengenai berbagai solusi yang ditawarkan oleh Verihubs, langsung saja klik di sini untuk jadwalkan demo secara gratis.