5 Alasan Anda Harus Menggunakan Provider e-KYC Andal

e-kyc

Penggunaan e-KYC dalam industri tidak lagi menjadi sebuah hal yang aneh. Dalam rangka mendapatkan hubungan dengan user yang baik, maka Anda sebagai pemilik bisnis wajib mengenal siapa user atau pelanggan Anda ini.

Konsep e-KYC sendiri adalah pemutakhiran dari know your customer yang dahulu banyak digunakan di layanan perbankan. Dahulu, hal ini dilakukan dengan sesi seperti wawancara dan tanya-jawab antara pihak perbankan dan calon nasabahnya. Hal ini ditujukan agar bank dapat mengenal dengan baik profil nasabahnya, terkait data-data yang mungkin di kemudian hari diperlukan untuk berbagai urusan.

Electronic-know your customer kemudian merupakan sistem KYC yang diaplikasikan melalui media elektronik dengan bantuan teknologi. Di sini, sesi wawancara dan pengumpulan data dilakukan dengan media aplikasi atau platform tertentu, kemudian verifikasi pengguna dapat memanfaatkan teknologi kamera yang mengumpulkan data untuk dipindai, antara lain foto wajah dan foto KTP atau kartu identitas lainnya.

Baca Juga: KYC adalah Mengenali Nasabah, Ini Manfaat dan Cara Kerjanya

Menjadi Salah Satu Provider e-KYC, Verihubs Hadir Membawa Solusi

e-kyc
Sumber: freepik.com

Karena e-KYC sendiri harus dilakukan dengan cermat dan teliti, maka Verihubs kemudian hadir untuk menawarkan produk terkait pengenalan pelanggan ini. Tidak hanya didukung dengan sistem yang solid, Verihubs juga menjamin setiap data yang diberikan dilindungi dengan baik, sehingga tidak disalahgunakan untuk kebutuhan lainnya.

Verihubs memiliki produk untuk mengenali pelanggan Anda dengan teknologi OCR. Di sini, pelanggan Anda tidak lagi harus memasukkan data secara manual, melainkan hanya perlu melakukan swafoto dengan KTP atau identitas lain yang dibutuhkan saja.

Dalam waktu singkat, pengisian formulir data diri dapat diselesaikan. Dilanjutkan dengan mengunggah foto selfie atau video wajah dengan berbagai ekspresi, maka sistem akan mendapatkan data-data yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi user yang akan menggunakan layanan Anda.

Bayangkan, dengan proses singkat tersebut, proses e-KYC Anda dapat selesai. Tidakkah ini menggiurkan untuk perusahaan Anda?

Di waktu yang sama, pelanggan akan merasa nyaman karena proses onboarding berjalan dengan ringkas, efisien, dan tidak membuang banyak waktu. Namun hal ini tidak mengesampingkan faktor akurasi data dan proteksi yang terjamin oleh Verihubs.

Alasan Mengapa e-KYC Dibutuhkan untuk Industri

e-kyc
Sumber: freepik.com

Ada sedikitnya lima alasan kenapa bisnis dan industri sebaiknya menggunakan konsep e-KYC ini dalam aktivitas mereka. Terlebih untuk bisnis dan industri yang berkenaan dengan urusan pembayaran, pinjaman, dan kegiatan finansial lainnya yang secara hukum diatur secara ketat.

1. Pertama, Mengurangi Risiko Kejahatan

Dengan mengetahui profil pelanggan Anda, Anda dapat melakukan pengecekan pada database yang terhubung dengan sistem. Di sini, akan muncul catatan kriminal, kasus fraud, atau catatan lain yang penting untuk diperhatikan.

Setidaknya dengan metode sederhana ini Anda dapat menekan risiko terjadinya kejahatan yang dapat mengancam bisnis Anda.

2. Kedua, Efisiensi dan Layanan

Dengan optimasi AI, pengenalan wajah yang dilakukan dalam citra yang dikirimkan oleh user akan lebih cepat. Hal ini tentu akan meningkatkan efisiensi operasi pada sistem, sehingga layanan yang diberikan dapat menjadi lebih baik.

Pelanggan baru dapat merasa lebih nyaman karena urusan verifikasi dapat diselesaikan dengan cepat, akurat, dan terjamin.

3. Ketiga, Kemudahan Akses Layanan

Dengan penerapan e-KYC yang didukung oleh provider e-KYC yang andal, maka pelanggan dapat menjalani proses ini dengan lebih cepat. Akses pada layanan terbuka lebar dengan mengandalkan teknologi informasi yang sudah ada sekarang ini.

Efisiensi waktu yang dimiliki pelanggan jelas akan meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan yang disediakan.

4. Keempat, Inovasi dalam Layanan Keuangan

Terus berkembang dan berinovasi juga terjadi di sektor bisnis ini. Maka dari itu, penggunaan e-KYC dapat menjadi bentuk nyata pengembangan dan optimasi teknologi yang ada. Proses yang awalnya harus dilakukan secara manual kini dapat dibantu dengan teknologi, tanpa mengurangi akurasi dan validitas proses yang dilakukan.

5. Kelima, Kemudahan Mengumpulkan Data Pelanggan

Pelanggan yang merasa dimudahkan tentu akan lebih cepat dalam mengumpulkan data yang diperlukan sebagai salah satu syarat administratif. Dengan begini, perusahaan juga akan memperoleh data dengan tempo yang lebih singkat, dan dengan akurasi yang tetap terjaga. Penyusunan database pelanggan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Apakah Anda Juga Membutuhkannya?

e-kyc
Sumber: freepik.com

Kerjasama dengan provider e-KYC menjadi hal yang sebaiknya dilakukan, demi proses yang lebih efektif, efisien, dan aman secara regulasi dan praktis. Beberapa jenis industri yang sekiranya akan membutuhkan hal ini antara lain:

  • Industri perbankan
  • Industri asuransi
  • Industri fintech
  • Industri e-commerce
  • Industri kesehatan
  • Pengelolaan perusahaan
  • Industri transportasi

Secara umum, setiap jenis industri yang memerlukan verifikasi data pengguna sebelum dapat menggunakan layanan yang disediakannya.

Baca Juga: Mekanisme Liveness Check dalam e-KYC yang Perlu Dipahami 

Ini mengapa, kehadiran Verihubs sebagai salah satu provider e-KYC menjadi relevan ditengah kebutuhan bisnis kekinian atas proses tersebut. Dengan berbekal sistem yang solid dan jaminan keamanan data, proses pengumpulan data pelanggan dapat berjalan dengan efektif dan efisien, sehingga waktu yang dimiliki perusahaan dapat dioptimalkan untuk pos yang lebih strategis. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan informasi lengkap mengenai produk dan layanan Verihubs sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya