Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Mengenal Lebih Mendalam Tentang Ekosistem Digital, Simak di Sini!

ekosistem digital adalah

Topik mengenai ekosistem digital, sekarang ini, sudah bukan hal yang asing untuk didiskusikan. Hampir semua perusahaan telah berusaha beradaptasi dengan hal tersebut, sebab ekosistem digital adalah platform di mana semua kegiatan bisnis terjadi saat ini, dan di masa yang akan datang.

Tapi apa itu ekosistem digital? Mengapa kemudian hal ini wajib dipahami pegiat bisnis di era kekinian?

Untuk Anda yang bergerak di bidang bisnis fintech, pemahaman pada konsep ini wajib dipahami. Secara praktis, bisnis yang Anda jalankan sudah berada dalam ekosistem digital, mungkin sejak bisnis tersebut dijalankan.

Maka mari, cermati satu per satu mengenai penjelasan terkait pengertian, manfaat, tujuan, dan bagaimana membantun ekosistem digital yang kondusif untuk produk fintech yang Anda miliki.

Memahami Ekosistem Digital adalah Hal Fundamental

Ekosistem Digital adalah
Sumber: freepik.com

Ekosistem digital adalah sebuah kumpulan teknologi informasi yang saling terintegrasi dan terkait, yang dapat digunakan sebagai kesatuan yang utuh. Sistem yang terbentuk kemudian dapat digunakan dan diisi oleh banyak pihak dalam bisnis, mulai dari pelanggan, pemasok, penyedia data, pihak pemerintah melalui dinas terkait, berbagai bentuk layanan dari bisnis lain, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, ekosistem digital menjadi satu platform bisnis era modern yang berhasil dimanfaatkan untuk memudahkan berbagai proses bisnis. Berkat keberadaan platform ini, setiap pihak yang terlibat dalam bisnis dapat meningkatkan efisiensi waktu, tenaga, dan sumber daya yang dimilikinya, untuk mencapai target yang dimiliki.

Seperti layaknya sebuah ekosistem bisnis, ekosistem digital adalah satu tempat dimana setiap pihak bertemu, melakukan transaksi, melakukan strategi pemasaran, dan mengembangkan usahanya menggunakan optimasi pengelolaan data dan informasi dengan sistem yang solid.

Selanjutnya Terkait dengan Manfaat Keberadaan Ekosistem Digital

Ekosistem Digital adalah
Sumber: freepik.com

Sederet manfaat dan tujuan ekosistem digital menjadi hal yang menarik untuk pengusaha dalam melakukan digitalisasi usaha yang dimilikinya. Tidak hanya sebagai upaya mengikuti perkembangan era bisnis saja, namun secara fundamental banyak juga jenis bisnis yang kemudian bergantung dengan keberadaan ekosistem digital itu sendiri.

Beberapa manfaat dan tujuan keberadaan ekosistem digital adalah sebagai berikut.

1. Percepatan Adopsi Teknologi Baru

Adaptasi pada teknologi yang baru muncul tidak jarang membawa tantangan untuk banyak pihak, terlebih usaha berskala kecil atau menengah yang kurang awam dengan konsep digitalisasi. Dengan ekosistem digital yang hadir untuk semua pihak ini, bisnis dapat segera mempelajari setiap penjelasan detail terkait teknologi baru yang muncul.

Teknologi baru yang terasa rumit akan dapat dimudahkan pemahamannya dengan penjelasan dari berbagai pihak. Tidak jarang, ada pihak-pihak yang mencoba membuat panduan secara lengkap, tahap demi tahap, untuk pemula agar dapat memahami penggunaan teknologi terbaru ini.

2. Peluang Sumber Pendapatan Baru

Ekosistem digital adalah sebuah sistem dimana semua pihak dapat terhubung dan terintegrasi dengan baik. Jelas, untuk bisnis hal ini akan membawa manfaat besar, dalam rangka menyediakan kanal pendapatan baru yang sangat berpotensi.

Misalnya untuk bisnis makanan dan minuman. Mereka yang telah terintegrasi dengan baik pada ekosistem digital, bisa membuat sistem pemesanan secara online yang cepat, praktis, dan akurat. Dengan begini, produk yang dimiliki tak hanya diperdagangkan secara langsung dengan semua keterbatasannya, namun dapat juga melalui kanal online dengan segala kelebihannya.

3. Efisiensi Biaya Proses Bisnis

Setiap proses kerja yang berjalan dapat dipersingkat dan ditingkatkan efisiensinya dengan digital ecosystem ini. Karena semua telah terhubung pada satu sistem yang solid, maka relasi yang terjalin akan semakin baik dari waktu ke waktu, meski tidak disertai dengan pertemuan tatap muka rutin.

Dari sisi pelanggan, hal ini juga akan sangat memudahkan sebab urusan administrasi dan transaksi yang diperlukan tidak harus dengan kehadiran fisik, namun cukup dengan menggunakan akun yang sudah terverifikasi dan metode yang aman dalam mengeksekusi urusannya.

Membangun Ekosistem Digital untuk Produk Fintech

Ekosistem Digital adalah
Sumber: freepik.com

Dasar dari ekosistem digital adalah integrasi data antara satu pihak dengan pihak lain, sesuai dengan kesepakatan yang terjalin. Untuk produk fintech, hal ini bisa sangat menguntungkan jika dimanfaatkan dengan cermat.

Salah satu cara membangun ekosistem yang baik untuk produk fintech adalah terjaminnya keamanan data sensitif yang dimiliki oleh pelanggan. Jelas, industri fintech secara langsung akan memiliki banyak sekali urusan dengan data pribadi yang sifatnya rahasia. Tanpa komitmen dan aturan jelas, produk fintech yang dimiliki tidak akan dilirik user sebab tidak ada jaminan kerahasiaan data.

Proses verifikasi yang cepat, valid, dan mengacu pada data yang benar-benar terjamin jadi salah satu upaya utamanya. Dengan upaya ini, produk fintech yang dimiliki dapat memberikan rasa nyaman dan aman pada penggunanya, sehingga lebih diminati di pasaran.

Selain itu, integrasi dengan berbagai pihak lain juga diperlukan sehingga layanan yang tersedia semakin luas. Produk fintech pada akhirnya bertujuan memudahkan urusan transaksi keuangan yang dimiliki user. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan dalam satu produk, maka semakin diminati pula produk tersebut oleh pasar. Tentu, tanpa mengesampingkan kualitas layanan, proteksi data, dan keamanan data yang sudah dipercayakan oleh user.

Pemanfaatan ekosistem digital adalah hal yang umum dilakukan oleh bisnis kekinian. Selain agar tetap eksis dan mampu bersaing, juga karena demikian banyak manfaat yang tidak boleh dilewatkan dalam rangka pengembangan bisnis. Jelas, dalam bidang fintech, keamanan data tetap harus menjadi hal utama mengingat tidak sedikit pihak dengan intensi buruk yang senantiasa menantikan kesempatan untuk mengambil keuntungan pribadi dari data user yang bernilai.

Verihubs Hadir untuk Mengakomodir Kebutuhan Industri Fintech

Dalam rangka mendukung terbentuknya ekosistem digital yang kondusif, Verihubs hadir menyediakan berbagai produk untuk melakukan verifikasi identitas user. Tidak hanya dapat melindungi data user, Verihubs juga mampu meningkatkan pengalaman user dalam menggunakan produk Anda. Hal ini sebab proses verifikasi berjalan hanya dalam hitungan detik saja.

Ekosistem digital adalah satu entitas yang akan menjadi panggung utama persaingan bisnis dan pengembangan inovasi bisnis di masa depan. Jadi, hubungi layanan pelanggan kami, dan pastikan produk Verihubs menjadi bagian dari bisnis Anda, demi keamanan akses dan proses verifikasi yang optimal!