Cara Face Liveness Detection Bedakan Wajah Asli dan Palsu

face liveness detection

Terdapat sederet alasan yang meyakinkan Anda bahwa sistem atau teknologi face liveness detection sangat penting untuk diterapkan pada bisnis Anda. Salah satunya adalah karena teknologi ini cukup sulit untuk diretas, sehingga tingkat keamanan lebih tinggi.

Coba Anda bayangkan, jika ada orang yang mencuri atau memiliki foto atau video milik orang lain, lalu orang itu akan meminta akses untuk informasi dan transaksi keuangan tanpa sepengetahuan orang yang bersangkutan menggunakan foto atau video tadi. Jika teknologi face recognition belum dilengkapi dengan kecanggihan face liveness detection, maka orang tersebut tetap ada kemungkinan mengakses akun korban meskipun hanya dengan foto dan video. Tapi, ketika sistem menggunakan face liveness detection, tentunya kemungkinan diretas menjadi lebih kecil.

Alasan lainnya adalah teknologi ini mampu beradaptasi dengan cepat. Meskipun saat ini semakin gigih usaha para peretas untuk mengelabui sistem, akan tetapi teknologi liveness detection tetap mampu memberikan keamanan secara maksimal. Pasalnya, penggunaan teknologi utama AI memungkinkan liveness detection mampu menjawab tantangan yang ada, serta dapat menyesuaikan dan belajar terhadap kasus yang pernah ada, sehingga kasus yang sama tidak akan terulang kembali.

Selain itu, sistem keamanan akan menjadi lebih tinggi berkat teknologi ini. Menariknya lagi, teknologi ini bisa diaplikasikan di berbagai perangkat seluler sehingga user atau pelanggan dari rumah pun dapat mengakses layanan bisnis Anda. Mulai dari kecepatan proses verifikasi, keamanan data dan informasi, hingga kemudahan mengakses layanan bagi user dan pelanggan, tentunya semua itu juga akan secara langsung meningkatkan kepuasan pelanggan jika bisnis Anda menggunakan teknologi face liveness detection

Face Liveness Detection Bisa Bedakan Wajah Asli dan Palsu

face liveness detection
Sumber: Freepik

Semakin canggih teknologi pengamanan yang dimiliki, tentunya akan semakin canggih pula ancaman yang muncul. Ancaman yang paling besar pada sistem verifikasi pengenalan wajah ini adalah spoofing dan penggunaan deepfake untuk meniru citra wajah milik user yang bersangkutan. 

Apakah keduanya masih bisa membobol sistem keamanan dengan teknologi face liveness detection? Kira-kira, bagaimana cara face liveness detection membedakan wajah asli dan palsu?

Teknologi Face Liveness Detection dalam Menangani Spoofing

Spoofing adalah penipuan online yang bermaksud untuk mengambil alih akun user, mengakses akun user secara ilegal, hingga memanfaatkan informasi yang ada di dalam akun untuk kepentingan pribadi.

Pada konteks penggunaan face detection, upaya spoofing berupa penipuan dengan meminta foto wajah dengan KTP ataupun tanda pengenal lainnya yang kemudian dapat dijadikan data masukan ke dalam sistem.

Tapi tenang saja, berkat adanya teknologi face liveness detection maka upaya spoofing akan menjadi jauh lebih sulit karena input data yang diminta tidak sekedar foto, namun juga video. Jelas, permintaan video dari orang asing, pihak yang tidak dikenali, ataupun pihak sejenis tidak akan mudah dituruti oleh user. Jadi, risiko pemalsuan juga akan lebih rendah dan menjadi sangat sulit sebab bentuk input yang diminta berupa video.

Baca juga: 3 Alasan Liveness Identification Diperlukan dalam Bisnis

Bagaimana dengan Deepfake?

Deepfake adalah salah satu aplikasi atau sistem yang akan membantu seseorang untuk mereplikasi wajah orang lain dengan tingkat kemiripan yang luar biasa. Hal ini memang bisa menjadi ancaman tersendiri pada keamanan akun, bahkan setelah menggunakan teknologi verifikasi biometrik sekalipun.

Tapi, jangan terlalu khawatir karena dengan teknologi face liveness detection, sistem akan mendeteksi tingkat keaslian input data masukan dengan mempertimbangkan banyak hal seperti ciri dan profil fisik, cahaya pada file video yang dimasukkan, dan lain sebagainya. 

Serangan deepfake memang bisa jadi sulit untuk dideteksi, karena seringkali terlihat realistis. Cara untuk menghindari serangan siber yang ini salah satunya ya dengan menggunakan perangkat lunak liveness detection.

Baca juga: Mekanisme Liveness Check dalam e-KYC yang Perlu Dipahami

Verihubs Punya Fitur Liveness Detection yang Canggih

face liveness detection
Sumber: Freepik

Liveness Detection yang disediakan oleh Verihubs dalam layanannya akan membantu proses pengenalan wajah menjadi lebih akurat, sehingga dapat melakukan verifikasi dengan cepat bahwa wajah yang ada di depan perangkat pemindai benar-benar wajah pengguna asli yang hidup.

Keunggulan dari sistem Liveness Detection dari Verihubs ini di antaranya adalah mampu membedakan antara wajah asli dan representasi palsu, serta mampu mendeteksi gambar digital yang mungkin dimasukkan oleh scammer atau user ilegal. Selain itu, sistem juga mampu mencegah aktivitas login secara ilegal dengan mendeteksi objek hidup dan mati melalui dua fitur canggih yaitu deteksi liveness yang aktif dan pasif.

Tersedia pula fitur pengamanan gambar secara detail yang menganalisa tekstur kulit, pencahayaan, dan distorsi, sehingga akan jauh lebih aman dari gangguan hacker yang menggunakan foto cetak, foto digital, video rekaman, hingga topeng wajah (deepfake).

Dengan begitu banyaknya keunggulan yang ditawarkan, proses deteksi wajah bisa berjalan dengan optimal, aman, dan cepat, tanpa mengurangi sisi perlindungan akun para user atau pelanggan. Tak perlu tunda lagi, segera hubungi kontak layanan pelanggan Verihubs sekarang, dan dapatkan informasi lebih lanjut.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!