Facial Reader: Bagaimana Cara Kerja dan Keamanannya?

facial reader

Apa itu facial reader, dan bagaimana cara kerja? Facial reader yang merupakan teknologi pengenalan wajah biometrik adalah salah satu solusi identifikasi yang paling banyak diminta untuk verifikasi identitas online.

Jika didefinisikan, facial reader atau yang juga dikenal dengan istilah face recognition mengacu pada teknologi yang mampu mengidentifikasi atau memverifikasi subjek melalui gambar, video, atau elemen audiovisual apapun dari wajahnya. Pada umumnya, identifikasi ini digunakan untuk mengakses aplikasi, sistem, atau layanan, serta berfungsi sebagai pemindai wajah.

Ini merupakan metode identifikasi biometrik yang menggunakan ukuran tubuh, dalam hal ini adalah wajah dan kepala, untuk memverifikasi identitas seseorang melalui pola dan data biometrik wajahnya. Teknologi ini akan mengumpulkan satu set data biometrik unik dari setiap orang yang terkait dengan wajah dan ekspresi wajah mereka untuk mengidentifikasi, memverifikasi, dan/atau mengotentikasi seseorang.

Facial Reader Lebih Aman Digunakan dalam Proses Verifikasi

Prosedur  facial reader hanya memerlukan perangkat apa pun yang memiliki teknologi fotografi digital untuk menghasilkan dan memperoleh gambar, dan data yang diperlukan untuk membuat dan merekam pola wajah biometrik dari orang yang perlu diidentifikasi.

Tidak seperti solusi identifikasi lainnya seperti kata sandi, verifikasi melalui email, selfie/gambar, atau identifikasi sidik jari, facial reader menggunakan pola matematis dan dinamis yang unik berfungsi sebagai pemindai wajah yang menjadikan sistem ini salah satu yang paling aman dan paling efektif.

Proses facial reader dapat melakukan dua varian, tergantung kapan dilakukan:

  • Untuk pertama kalinya, sistem facial reader mengalamatkan wajah untuk mendaftarkannya dan mengaitkannya dengan identitas, sedemikian rupa sehingga terekam dalam sistem. Proses ini juga dikenal sebagai digital onboarding dengan pengenalan wajah.
  • Pengguna diautentikasi, sebelum didaftarkan. Pada proses ini, data yang masuk dari kamera akan dibandingkan dengan data yang ada di dalam database. Jika wajah cocok dengan identitas yang sudah terdaftar, maka user/pengguna akan diberi akses ke sistem dengan kredensialnya.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Facial Reader?

facial reader
Sumber: Freepik

Setelah memahami apa itu facial reader, pertanyaan berikutnya adalah seberapa andal sistem ini dan bagaimana cara kerjanya?

Sistem facial reader alias pembaca wajah akan bekerja dengan cara menangkap gambar yang masuk dari perangkat kamera dengan cara dua dimensi atau tiga dimensi tergantung pada karakteristik perangkat tersebut.

Itu artinya, sistem ini akan membandingkan informasi yang relevan dari sinyal gambar yang masuk secara real-time dalam foto atau video dalam database. Tentunya, proses ini jauh lebih andal dan aman daripada informasi yang diperoleh dalam gambar statis. Prosedur pengenalan wajah biometrik ini memerlukan koneksi internet karena basis data tidak dapat ditemukan di perangkat penangkap karena di hosting di server.

Dalam perbandingan wajah ini, sistem akan menganalisis secara matematis gambar yang masuk tanpa batas kesalahan, dan memverifikasi bahwa data biometrik sesuai dengan orang yang harus menggunakan layanan atau meminta akses ke aplikasi, sistem, atau bahkan gedung.

Berkat penggunaan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi pembelajaran mesin, sistem facial reader dapat beroperasi dengan standar keamanan dan keandalan tertinggi. Demikian pula, berkat integrasi algoritma dan teknik komputasi ini, prosesnya dapat dilakukan secara real-time.

Baca juga: Meniru Kerja Otak! Ternyata Ini Tahapan Facial Recognition

Kapan Facial Reader Dapat Digunakan?

Pengenalan identitas wajah menggunakan fokus pada verifikasi atau otentikasi, di mana teknologi ini digunakan dalam situasi seperti:

  • Faktor otentikasi kedua, untuk menambah keamanan ekstra dalam setiap proses masuk/login.
  • Akses ke aplikasi seluler tanpa kata sandi.
  • Akses ke layanan online yang dikontrak sebelumnya (login di platform online atau lainnya).
  • Akses ke gedung (kantor, acara, atau fasilitas apapun).
  • Metode pembayaran, baik di toko fisik maupun online shop.
  • Akses ke perangkat yang terkunci.
  • Check-in di layanan wisata seperti bandara, hotel, dan lainnya.

Kemudian Anda mungkin akan bertanya, apa keuntungan dari sistem facial reader? Sistem ini menawarkan beberapa manfaat dalam proses verifikasi identitas untuk entri jarak jauh dengan cepat dan lancar.

Baca juga: 2 Manfaat Utama 3D Facial Liveness Detection

Pilih Fitur dan Layanan Terbaik dari Verihubs!

Berkaitan dengan bahasan di atas mengenai facial reader, pastikan Anda memanfaatkan fitur dan layanan dari Verihubs untuk bisnis Anda. Anda bisa menerapkan Face Recognition yang memiliki sederet keunggulan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Deteksi teknologi AI secara akurat, yang mampu membedakan antara seseorang dengan atau tanpa kacamata, masker, atau jilbab.
  • Gambar putar secara otomatis ke posisi yang benar.
  • Proses berlangsung secara real-time dan hanya dalam hitungan detik.
  • Proses touchless yang terbukti lebih aman dan tentunya akurat.
  • Dapat dihubungkan dengan sumber data terpercaya, misalnya database pemerintahan untuk mendapatkan hasil yang lebih meyakinkan.

Dapatkan informasi yang lebih detail mengenai verifikasi berbasis teknologi yang canggih dari Verihubs ini, langsung saja hubungi kontak layanan Verihubs dan jadwalkan demo secara gratis.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya