Face Identification Verihubs Berhasil Raih Sertifikat NIST FRVT 1:N

FRVT 1:N

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa proses biometrik adalah hal yang lazim di era digitalisasi seperti saat ini. Demi keamanan masyarakat, tentunya penyedia jasa biometrik harus teruji, misalnya melalui proses sertifikasi NIST FRVT 1:N.

Kabar baiknya, Verihubs telah berhasil  lolos sertifikasi NIST pada kategori FRVT 1:N (one-to-many) untuk produk Face Identification dengan posisi nomor 1 di Indonesia. Tentu saja hal ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa.

Verihubs yang merupakan perusahaan berbasis Saas (software-as-a-service) yang menyediakan solusi lengkap bagi kepatuhan dan keamanan bisnis digital perusahaan di Indonesia, memang pantas mendapatnya prestasi ini.

CTO Verihubs, Williem mengungkapkan rasa bangganya melihat hasil teknologi algoritma Face Identification yang dimiliki oleh Verihubs. “Pencapaian ini adalah berkat kerja keras tim yang dapat membawa Verihubs mencatatkan rekor baru sebagai perusahaan teknologi biometrik asal Indonesia untuk kategori FRVT 1:N”, ujar Williem.

Apa itu NIST FRVT?

NIST yang merupakan singkatan dari National Institute of Standards and Technology adalah lembaga standarisasi dan salah satu laboratorium bidang sains dan teknik tertua di Amerika Serikat, berada di bawah kendali Departemen Perdagangan pemerintah Amerika Serikat.  

Sedangkan FRVT (Face Recognition Vendor Test) adalah sebuah program uji pengukuran kinerja teknologi pengenalan wajah yang dijadikan sebagai tolak ukur kecanggihan teknologi pengenalan wajah berdasarkan pemrograman algoritma yang dimiliki. Teknologi ini dapat diterapkan di lembaga sipil, lembaga jasa keuangan maupun lembaga penegakan hukum. Program uji pengukuran tersebut juga mengukur akurasi, kecepatan, ketangguhan, pemakaian CPU dan memory, serta beberapa faktor lainnya. 

NIST FRVT didirikan pada tahun 2000 untuk memberikan evaluasi independen terhadap prototipe dan algoritma pengenalan wajah yang tersedia secara komersial. Evaluasi ini akan memberikan informasi kepada pemerintah Amerika Serikat untuk membantu menentukan di mana dan bagaimana teknologi pengenalan wajah dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Hasil FRVT juga dapat membantu mengidentifikasi arah penelitian masa depan untuk komunitas pengenalan wajah.

Baca juga: Optimasi Algoritma Machine Learning dalam Face Recognition untuk Verifikasi Identitas yang Akurat

Bagaimana Cara Kerja FRVT 1:N dalam Memberikan Penilaian?

FRVT 1:N
Sumber: Freepik

Kategori FRVT 1:N identification adalah pengujian pada teknologi biometrik yang lebih kompleks di mana teknologi face recognition akan membandingkan sebuah foto dengan puluhan jutaan foto sekaligus. Berdasarkan peringkat NIST, teknologi Verihubs termasuk ke dalam kategori yang tercepat.

Verihubs juga telah berhasil memperoleh peringkat pertama pada kategori ini setelah memenuhi kriteria yang ditentukan oleh NIST. Sistem yang dikembangkan oleh Verihubs dapat memverifikasikan wajah dengan jutaan wajah dalam database hanya dalam hitungan milidetik.

Setiap teknologi yang meraih sertifikasi pada kategori ini, berarti telah melalui pengujian yang kompleks dalam memprediksi kegagalan pengenalan gambar. Diketahui, NIST mengevaluasi 33 algoritma verifikasi wajah yang akurat, pada ambang batas False Non-Match Rate (FNMR) di bawah 1 persen.

Tentu saja, mendapatkan sertifikasi NIST FRVT 1:N ini adalah prestasi yang luar biasa bagi Verihubs. “Kami akan terus berinovasi dalam semua teknologi yang kami kembangkan agar lebih baik, lebih membantu memecahkan persoalan, lebih efisien dan lebih terjangkau. Selain itu, kami juga selalu akan memberikan yang terbaik terutama bagi setiap klien yang sudah mempercayai layanan-layanan kami”, demikian ujar Williem.

Baca juga: Kupas Tuntas Cara Kerja Face Recognition untuk Verifikasi Identitas

Verihubs Menawarkan Solusi Terbaiknya!

Manager IT AI Verihubs, Hanry Ham mengatakan bahwa pihaknya siap menjawab permintaan pasar, terutama bagi perusahaan penyedia layanan jasa keuangan dan perusahaan berbasis teknologi dalam mewujudkan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi di dunia digital.

Beberapa solusi yang ditawarkan oleh Verihubs di antaranya adalah sistem KYC (Know Your Customer) dan KYB (Know Your Business) untuk memeriksa dan memvalidasi pelanggan prospektif, hingga menjadi penyedia infrastruktur back-end lengkap yang dibutuhkan untuk membuat produk fintech yang aman dan terkontrol.

Bersama Verihubs, maka pengalaman pelanggan akan lebih lancar, operasional lebih efisien, dan keamanan data terjaga karena berbasis teknologi.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!