Income Check: Verifikasi Data & Gaji Secara Akurat!

income check

Pernahkah Anda mendengar istilah income check alias pemeriksaan pendapatan individu? Ini adalah proses meminta dan mengevaluasi dokumen pendapatan seperti slip gaji, surat keterangan penghasilan, laporan pajak, dll. Dahulu, proses ini akan memakan banyak waktu, belum lagi tumpukan dokumen yang merepotkan.

Tapi sekarang, pemeriksaan pendapatan bisa Anda lakukan dalam hitungan detik menggunakan aplikasi atau platform pihak ketiga yang terpercaya, contohnya Verihubs. Namun sebelum mengenal fitur pemeriksaan pendapatan yang canggih ini, mari pahami terlebih dahulu apa itu pemeriksaan pendapatan dan manfaatnya untuk bisnis Anda!

Apa Itu Income Check?

Istilah income check merujuk pada proses yang dilakukan oleh pihak tertentu, seperti lembaga keuangan, perusahaan kredit, atau penyedia layanan tertentu, untuk mengonfirmasi dan mengevaluasi tingkat pendapatan seseorang. Tujuan dari proses ini adalah untuk memastikan keabsahan informasi finansial individu atau pihak yang bersangkutan.

Di dalam pemeriksaan pendapatan, biasanya terdapat rincian tentang range pendapatan, perusahaan tempat bekerja, nomor telepon, dan sejumlah informasi pribadi lainnya, seperti nama lengkap dan nomor kependudukan. 

Proses ini dapat bervariasi tergantung pada konteksnya. Misalnya, dalam persetujuan kredit, pihak kreditur tentu saja ingin memastikan bahwa seseorang memiliki pendapatan yang memadai untuk membayar pinjaman. 

Sementara di dalam konteks penyewaan properti, proses ini penting bagi calon penyewa untuk memastikan bahwa mereka mampu membayar sewa. 

Jadi, dapat Anda simpulkan bahwa income check merupakan proses verifikasi pendapatan yang bertujuan untuk membuktikan identitas dan pendapatan seseorang, apakah sesuai dengan kondisi finansial yang sebenarnya atau belum? 

Siapa Saja yang Memerlukan Income Check?

Ketika Anda memikirkan tentang cara mengecek gaji atau pendapatan, hal pertama yang umumnya terlintas di benak Anda pasti tentang mendapatkan pinjaman. Namun, ternyata bukan hanya pemberi pinjaman seperti bank, fintech, atau P2P Lending saja yang menggunakan verifikasi pendapatan. 

Pihak lainnya seperti tuan tanah dan jasa persewaan properti, ternyata juga memerlukan verifikasi data pendapatan untuk memastikan bahwa penyewa dapat membayar sewa. Pialang investasi dan penasihat pensiun juga dapat menggunakannya untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada nasabahnya.

Jadi intinya, memverifikasi pendapatan seseorang adalah praktik bisnis yang berkelanjutan, karena mengurangi risiko pemberian pinjaman (atau sewa) kepada orang-orang yang tidak mampu membayar kembali. 

Selain itu, hal ini juga bermanfaat bagi pelanggan, karena melindungi mereka dari pengeluaran yang berlebihan dan masuk ke dalam situasi di mana mereka gagal membayar pinjaman atau tidak mampu membayar sewa.

Mengapa Income Check Perlu Didigitalisasi?

Setelah mengetahui apa itu pemeriksaan pendapatan, mungkin Anda bertanya-tanya memangnya perlu proses ini didigitalisasi? Jawabannya adalah ya, sangat perlu, sebab cek pendapatan menggunakan tumpukan kertas dan dokumen-dokumen sudah sangat ketinggalan zaman, terlebih lagi di era yang serba praktis seperti sekarang.

Berikut ini beberapa alasan lainnya mengapa proses income check perlu didigitalisasi, khususnya pada lembaga keuangan seperti bank, fintech, dan P2P Lending.

1. Bagi Perusahaan

  • Otomatisasi proses verifikasi data pendapatan individu dapat mengurangi beban kerja manual dan meningkatkan efisiensi proses.
  • Mengotomatiskan proses verifikasi data dan gaji, dapat membantu perusahaan selaku pemberi pinjaman untuk menghemat waktu dan biaya administratif yang melelahkan.
  • Mengurangi risiko human error dalam memastikan keakuratan data yang digunakan dalam keputusan keuangan.
  • Memungkinkan verifikator memiliki akses 24/7 terhadap data terkini mengenai status pekerjaan dan pendapatan pemohon.
  • Perusahaan dapat memperoleh wawasan tentang autentikasi pendapatan pelanggan, untuk menilai kelayakan kredit dan mengurangi risiko gagal bayar.
  • Percepat proses pengajuan pinjaman dari hitungan hari menjadi hitungan menit.
  • Memudahkan perusahaan untuk mematuhi regulasi dan kebijakan terkait verifikasi pendapatan serta mengurangi risiko denda atau sanksi.
  • Perusahaan dapat mengambil keputusan keuangan lebih cepat, yang dapat meningkatkan responsivitas terhadap pelanggan atau mitra bisnis.
  • Mencegah pemalsuan dokumentasi pendapatan yang dapat merugikan perusahaan.

2. Bagi Klien, Nasabah, maupun Karyawan

  • Manfaat income check bagi masyarakat, yakni tidak perlu lagi repot-repot membawa tumpukan dokumen, karena mereka dapat dengan mudah membuktikan identitas dan pendapatan dengan memindai dokumen yang sesuai.
  • Menguntungkan bagi pekerja lepas yang ingin mengajukan kredit, karena bukti identitas dan pendapatan dapat diverifikasi menggunakan laporan bank yang mencatat transfer uang dari klien dan pemilik proyek.
  • Tidak perlu menunggu proses persetujuan berhari-hari, karena pihak HR dapat merespons permintaan verifikasi status pekerjaan dan pendapatan kapan saja, bahkan di luar jam kerja atau di akhir pekan sekalipun. Dengan begitu, pihak klien, nasabah, atau karyawan tidak akan kehilangan peluang untuk meningkatkan batas kredit, membeli mobil, rumah, atau bahkan mengakses bantuan pemerintah.
  • Klien atau nasabah dapat dengan mudah mengunggah dokumen pendapatan mereka secara elektronik, menghilangkan kebutuhan untuk pergi ke kantor fisik, atau mengirimkan dokumen melalui pos.
  • Pemahaman yang lebih baik tentang proses verifikasi pendapatan, meminimalkan ketidakpastian dan meningkatkan transparansi.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Cek NIK KTP Secara Online Apakah Terdaftar!

Bagaimana Income Check dari Verihubs dapat Membantu?

Sebagai perusahaan spesialisasi sistem verifikasi dan otentikasi, layanan income check dari Verihubs bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk menyederhanakan proses pemeriksaan bukti pendapatan yang melelahkan. Layanan ini memberikan banyak manfaat, baik itu bagi perusahaan maupun masyarakat.

Salah satu manfaat utamanya adalah membuat verifikasi pendapatan menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, algoritma canggih dan in-house AI dari Verihubs mampu meningkatkan akurasi atau ketepatan proses verifikasi dan cek pendapatan, serta menurunkan potensi kesalahan dalam evaluasi dan konfirmasi data keuangan. 

Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan efisiensi dan membantu perusahaan Anda mendapatkan kepercayaan dan loyalitas klien. Di sisi lain, pelanggan akan merasa prosesnya tidak terlalu rumit dan mengganggu, jika mereka tidak perlu repot mengumpulkan dan menyerahkan banyak dokumen. 

Mengapa Harus Income Check dari Verihubs?

Jika Anda menerapkan cara mengecek gaji dari Verihubs, maka Anda dapat menikmati berbagai keuntungan, seperti

1. Sumber Data yang Andal dan Kredibel

Platform ini menggunakan sumber data yang andal dan kredibel, termasuk data tanda pengenal pemerintah yang sah dan disetujui oleh regulator. Dengan begitu, layanan ini dapat memastikan keakuratan dan legalitas informasi yang digunakan dalam proses verifikasi pendapatan.

2. Integrasi API yang Sederhana

Platform kami menawarkan integrasi API yang sederhana dan ramah pengembang, sehingga dapat disesuaikan untuk kebutuhan bisnis dan dapat dijalankan serta diterapkan tanpa menghadapi kendala atau kompleksitas yang berlebihan.

3. Tidak Ada Biaya Integrasi untuk Layanan berbasis API

Layanan ini menjanjikan tanpa biaya integrasi untuk layanan berbasis API. Ini berarti tidak ada langganan bulanan, setoran tinggi, atau komitmen lalu lintas yang tinggi, yang harus dikeluarkan pengguna. Hal ini dapat membantu organisasi mengelola anggaran dan biaya operasional.

4. Skema Pembayaran yang Efisien untuk Mendukung

Skema pembayaran platform ini adalah pascabayar dengan TOP (jangka waktu pembayaran) 14 hari. Melalui skema ini, pembayaran pun jadi lebih fleksibel dan yang terpenting dapat menghindarkan bisnis Anda dari potensi downtime operasional.

5. Perspektif Total, Dasbor Tunggal

Layanan income check dari kami menyediakan dasbor tunggal, yaitu Dasbor Verihubs, yang mengumpulkan tanggapan dari proses verifikasi pendapatan. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat tren dalam data mereka dan mengoptimalkan hasil untuk mendukung sasaran bisnis mereka.

6. Tim Customer Success yang Responsif

Platform ini juga menawarkan tim sukses pelanggan yang responsif. Waktu respons dapat bervariasi, tergantung pada tingkat prioritas pertanyaan dan masalah yang paling kritis akan mendapatkan tanggapan segera. 

Baca Juga: Income Check – Aplikasi Verifikasi Pendapatan & Gaji Karyawan

Dapatkan Layanan Income Check Terjamin dari Verihubs!

Intinya, pemeriksaan pendapatan merupakan salah satu proses yang krusial, karena dapat mempengaruhi keberlanjutan sebuah bisnis, terutama bisnis di sektor keuangan. Kabar baiknya, sekarang proses ini dapat dilakukan secara digital menggunakan solusi otomatis yang canggih sekaligus aman, yaitu menggunakan layanan income check dari Verihubs.

Melalui layanan ini, setiap elemen identitas (termasuk pendapatan) dari karyawan formal diatur dan diperbarui oleh in-house AI Verihubs. Dengan begitu, layanan ini mampu memberikan verifikasi status ketenagakerjaan dan pendapatan secara akurat dan update melalui data dari BPJSTK (BPJS Ketenagakerjaan).

Tunggu apa lagi? Dapatkan layanan verifikasi data dan gaji yang akurat, cepat, dan anti ribet bersama kami! Manfaatkan layanan ini untuk meningkatkan pengalaman pelanggan sembari membantu mengurangi risiko, menyederhanakan proses operasional, serta mengembangkan bisnis Anda!

Artikel Terbaru Kami

watchlist screening

Watchlist Screening: Solusi Identifikasi Pelanggan Anda!

income check

Income Check: Verifikasi Data & Gaji Secara Akurat!

bisnis pencucian uang

Hindari! Contoh Bisnis Pencucian Uang dengan Risiko Besar