Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Integrasi Data adalah Proses Wajib Bisnis Era Sekarang, Simak di Sini!

integrasi data adalah

Di era yang serba cepat seperti sekarang ini, keberadaan sistem informasi yang terintegrasi menjadi hal wajar. Setiap bisnis dan perusahaan yang ingin maju harus memiliki hal tersebut, sehingga usaha yang dilakukan bisa fokus ke target yang dituju. Integrasi data adalah langkah awal yang wajib diambil, sehingga semua sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat diolah dengan optimal.

Pada perusahaan penyedia layanan keuangan misalnya, integrasi tidak lagi bisa dielakkan. Optimalisasi data yang dipercayakan pada perusahaan harus dilakukan demi kenyamanan transaksi yang dilakukan, serta demi keamanan semua jenis data yang dimiliki.

Perlahan, mari pahami apa itu integrasi data dan manfaat yang bisa didapatkan saat perusahaan menggunakan konsep ini dalam operasional bisnisnya.

Memahami Integrasi Data

integrasi data adalah
Sumber : freepik.com

Integrasi data secara umum dapat dipahami sebagai proses untuk menggabungkan data dari beberapa tempat atau sumber yang berbeda. Dengan penyatuan data ini, diharapkan ada tampilan tunggal terpadu yang digunakan oleh user, dalam hal ini perusahaan, untuk mengoptimalkan proses kerja yang diperlukan.

Integrasi juga memiliki definisi tindakan menyatukan komponen yang lebih kecil ke dalam satu sistem besar, sehingga dapat berfungsi sebagai satu kesatuan utuh. Dengan begini, pemanfaatan data yang dimiliki bisa semakin optimal, sebab setiap bagian yang membutuhkan data bisa mengaksesnya dengan cepat.

Dalam konteks bisnis penyedia layanan keuangan, integrasi kemudian akan berbicara mengenai konsolidasi semua data yang dimiliki perusahaan. Data ini baik terkait klien atau terkait operasional perusahaan, dengan mempertimbangkan pertumbuhan volumenya dari waktu ke waktu.

Penggabungan data ini bertujuan agar dapat dikelola dengan lebih praktis, sederhana, dan tersistem, sehingga data apapun yang dibutuhkan bisa diakses dengan cepat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Proses Integrasi Data secara Umum

integrasi data adalah
Sumber : freepik.com

Karena integrasi data adalah hal umum yang saat ini dilakukan banyak jenis perusahaan, maka terdapat satu pola atau proses umum yang digunakan dalam hal ini. Ekstraksi, transformasi, dan pemuatan, jadi tiga tahapan yang digunakan.

  • Ekstraksi dilakukan dari beberapa sumber data, untuk kemudian memindahkannya ke area staging guna di sortir.
  • Transformasi dilakukan untuk mengubah bentuk dan format data ke dalam format lain yang sesuai untuk dimuat di dalam database yang dimiliki sehingga dapat dikelola secara tersistem dan rapi.
  • Selanjutnya adalah memuat data yang ditransformasikan ke dalam lingkungan gudang data analitis untuk dimanfaatkan secara optimal dalam berbagai proses.

5 Manfaat Integrasi Data adalah Sebagai Berikut

integrasi data adalah
Sumber : freepik.com

1. Data dan Informasi Terpusat

Integrasi data yang dilakukan memungkinkan perusahaan Anda memiliki database terpusat yang lengkap, handal, dan update. Jelas, hal ini akan memudahkan berbagai proses bisnis yang terjadi secara internal maupun eksternal.

Ketika pelanggan yang Anda miliki perlu melakukan akses pada akun yang dimilikinya, semua data bisa tersaji dengan lengkap dalam waktu singkat. Sistem login yang digunakan dapat terhubung dengan penyimpanan data user tersebut, sehingga user tidak perlu menunggu lama ketika akan mengaksesnya.

2. Dokumentasi Setiap Tahapan Bisnis

Jelas, saat Anda memiliki sistem informasi yang baik, setiap tahapan bisnis, transaksi, proses yang berjalan, akan terdokumentasi dengan baik. Semua memiliki tempat penyimpanan datanya masing-masing, sehingga urusan bisnis bisa berjalan lebih lancar.

Bisnis penyedia layanan keuangan akan berurusan secara konstan dengan data dan akun milik pelanggan, transaksi yang dilakukannya, upaya masuk dengan akses yang dimiliki, riwayat dengan pihak luar, pencatatan, dan sebagainya. Dokumentasi yang detail dapat membantu perusahaan melacak semua jenis transaksi, sehingga tidak ada yang terlewat dalam analisa di kemudian hari.

3. Kolaborasi Lintas Departemen Optimal

Dengan satu database utama, semua departemen bisa melakukan kolaborasi dengan lebih baik. Update pada satu jenis berkas bisa dilihat oleh departemen lain secara real-time, sehingga kebaruan informasi dan data bisa dijamin.

Proses persetujuan juga dapat dilakukan secara online, sehingga berkas yang perlu ditinjau tidak memakan waktu banyak menantikan persetujuan dari atasan ketika pihak terkait tidak ada di kantor. Semua proses berjalan lebih cepat, mudah, dan praktis.

4. Efisiensi Biaya dan Ruang Penyimpanan

Pada saat pertama kali melakukan setup, biaya yang dikeluarkan bisa jadi cukup besar untuk integrasi data. Namun karena integrasi data adalah satu hal yang digunakan dalam jangka panjang, maka untuk periode mendatang biaya operasional akan lebih efisien.

Efisiensi biaya dan ruang penyimpanan yang dikelola dengan baik dapat membantu perusahaan bergerak lebih optimal dalam pengembangan bisnis dan mencari pelanggan baru untuk bisnisnya. Usaha yang dilakukan berbagai divisi dapat semakin baik, sebab urusan operasional harian dapat diselesaikan dengan praktis dan cepat.

5. Proteksi Semua Data yang Dimiliki

Dengan satu tempat penyimpanan terpadu, proteksi yang diberikan pada data bisa lebih difokuskan. Mulai dari proteksi akses dengan metode verifikasi, proteksi berlapis pada upaya pencurian data, hingga proteksi internal pada risiko akses data ilegal dari pihak yang tidak memiliki izin.

Hal ini dapat dioptimalkan hingga titik tertinggi, sehingga data-data sensitif dan penting milik perusahaan serta user dapat terjamin keamanannya. Terlebih pada perusahaan layanan keuangan, yang pasti memiliki berbagai informasi privat milik user-nya.

Integrasi data adalah hal penting di era kekinian, agar perusahaan bisa memaksimalkan effort yang dimiliki untuk pengembangan usaha dan perluasan pasar. Tanpanya, perusahaan akan menghabiskan banyak waktu untuk mengelola jumlah data yang besar, dan operasional harian tidak akan efektif.

Dukungan verifikasi data user bisa diberikan secara maksimal oleh layanan Verihubs, dengan berbagai fitur yang dimilikinya. Karena integrasi data adalah salah satu upaya meningkatkan keamanan data, maka hal ini juga senada dengan layanan yang diberikan Verihubs. Hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lengkap mengenai produk Verihubs terbaru!