Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Pengertian Know Your Business (KYB) dan Implementasinya

know your business

Sama halnya dengan Know Your Customer (KYC), ternyata Know Your Business (KYB) juga sangat penting. KYC mengharuskan bank dan penyedia layanan keuangan lainnya untuk menetapkan dan melakukan verifikasi identitas pelanggan mereka. Tujuannya adalah untuk menilai risiko pencucian uang yang mereka tunjukkan, dan memahami perilaku transaksional mereka. Langkah-langkah verifikasi yang sama juga sangat diperlukan ketika lembaga keuangan berurusan dengan bisnis lain. Proses verifikasi inilah yang disebut Know Your Business (KYB).

Dewasa ini, hampir semua instansi keuangan dan perusahaan konvensional memang mengandalkan regulasi KYB untuk mencegah aksi penipuan. Sebelumnya, Anda perlu tahu tentang sejarah KYB. Bank Secrecy Act (BSA), yang diperkenalkan pada tahun 1970 silam merupakan sebuah peraturan anti money laundering (AML) pertama yang diterbitkan di Amerika Serikat. Regulasi ini mengharuskan bank dan juga lembaga keuangan lainnya untuk memenuhi kewajiban compliance yang tersedia. Berangkat dari pemikiran bahwa setiap institusi harus bebas dari kegiatan penipuan, maka BSA melahirkan KYC untuk memastikan semua lembaga bisnis memverifikasi identitas dan kegiatan pelanggan mereka. Namun seiring berjalannya waktu, perusahaan tidak hanya melakukan transaksi dengan masyarakat saja. Pasalnya, perusahaan juga sudah melakukan hubungan profesional bersama instansi lain untuk meraup pendapatan lebih.

Melihat hal tersebut, BSA lantas mengeluarkan regulasi KYB, supaya perusahaan dapat meninjau aktivitas badan usaha yang bekerja sama dengannya. Untuk mengetahui lebih detail mengenai Know Your Business, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Know Your Business

know your business

Know Your Business atau KYB adalah sebuah regulasi yang mengharuskan perusahaan untuk meninjau aktivitas instansi yang bekerja sama dengan mereka. Aturan ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan kebijakan baru terkait aksi penipuan, dan juga menilai transaksi bisnis partner mereka yang mencurigakan. Know Your Business memiliki tujuan yang sama dengan KYC,  yaitu menilai dan memahami risiko yang ditimbulkan oleh hubungan bisnis baru dan yang sudah ada. Proses kerja KYB ini mewajibkan perusahaan untuk memeriksa seluruh kegiatan badan usaha yang menjadi partner mereka. Kemudian, berdasarkan hasil peninjauan, shareholder dan dewan direksi akan menentukan apakah aktivitas perusahaan yang menjadi partner legal atau tidak.

Pentingnya Regulasi KYB

Pada dasarnya, peraturan KYB ditujukan untuk membantu lembaga keuangan yang menangani dana dari basis pelanggan besar dan entitas perusahaan. Perbankan, perusahaan pialang, hingga dealer dari beberapa lembaga investasi juga dapat memanfaatkan aturan ini sebagai strategi risk management. Namun, regulasi ini juga dapat memberikan manfaat pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor lain. Memangnya, seperti apa manfaat yang akan diraih perusahaan dengan aturan KYB? Berikut ini pemaparannya:

  • KYB akan menghindarkan perusahaan dari kegiatan money laundering dan fraud.
  • Kinerja bidang operasional dan keuangan menjadi lebih baik.
  • Reputasi perusahaan akan lebih bersih dan bebas dari aktivitas kriminal.
  • Kesejahteraan perusahaan serta semua karyawannya lebih terjamin.

Implementasi Regulasi KYB

know your business

Meskipun peraturannya berbeda-beda di setiap daerah, namun proses kerja KYB pada umumnya mengharuskan perusahaan untuk melakukan metode peninjauan yang serupa. Perusahaan harus mengumpulkan serta menganalisis berbagai data dan juga informasi tentang badan usaha yang sedang bekerja sama dengan mereka. Menurut Comply Advantage, supaya proses pengamatan Know Your Business dapat berjalan, maka perusahaan perlu mengumpulkan informasi seperti alamat perusahaan, dokumen pendaftaran kerja sama, dokumentasi perizinan bisnis, serta identitas direktur dan pemilik perusahaan.

Perusahaan dapat merujuk pada sumber dan dokumen yang resmi untuk melakukan pemeriksaan KYB. Dokumen ini termasuk daftar dan juga catatan pihak pemerintah yang tersedia untuk umum, serta daftar perusahaan global. Know Your Business tidak hanya mengamati aktivitas bisnis dari perusahaan partner saja. Namun, regulasi ini juga mengharuskan perusahaan untuk meninjau kegiatan individu dari instansi partner yang mencurigakan. Dalam menetapkan identitas individu ini, perusahaan harus mengumpulkan dokumen resmi seperti paspor, SIM, hingga laporan bank, bersama dengan bukti alamat dan tanggal lahir.

Kemudian, proses akhir dari peninjauan KYB adalah keputusan shareholder perusahaan. Jika perusahaan partner terbukti melakukan penipuan, maka dewan direksi dan shareholder berhak untuk memutuskan hubungan kerja sama mereka. Bahkan, perusahaan juga memiliki hak untuk melaporkan partner yang bersangkutan pada pihak berwajib.

Solusi KYB Otomatis yang Lebih Praktis

Pada intinya, regulasi atau peraturan mengenai Know Your Business merupakan sebuah inisiatif yang dapat menyelamatkan bisnis atau perusahaan dari risiko kerugian yang besar. Institusi atau perusahaan yang mematuhi peraturan ini dijamin akan terlindung dari denda ataupun reputasi bisnis yang tercoreng.

Proses Know Your Business mengharuskan perusahaan untuk mengumpulkan, menganalisis, serta mengelola sejumlah besar data tentang bisnis yang memiliki hubungan dengan mereka. Melakukan pemeriksaan KYB secara manual tentu akan melibatkan waktu dan biaya tenaga kerja yang signifikan, dan meningkatkan potensi human error yang mahal. Dengan program KYB, proses yang diperlukan akan lebih cepat dan lebih efisien, daripada jika prosesnya harus dilakukan oleh tenaga manusia.

Saatnya meninggalkan cara manual, dan beralih untuk mengaplikasikan program KYC menggunakan layanan berbasis artificial intelligence (AI). Di era serba teknologi seperti saat ini, Anda memang perlu mempercepat proses onboarding pelanggan maupun partner bisnis baru secara akurat dengan ragam solusi autentikasi Verihubs berbasis AI untuk memerangi penipuan biometrik. Verihubs menawarkan banyak teknologi yang tentunya sangat berguna untuk bisnis Anda. Jangan tunda lagi, segera aplikasikan program KYC dan KYB demi keamanan dan kenyamanan bisnis Anda.