Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

5 Penyebab Kode OTP Tidak Masuk Beserta Solusinya

kode-otp-tidak-masuk

Penggunaan kode OTP dalam melakukan transaksi awam dilakukan sebagai sistem keamanan yang optimal. Pasalnya, kode OTP ini hanya dapat digunakan sekali, seperti namanya one time password, dan hanya memiliki masa aktif beberapa menit. Kendala terkadang muncul saat kode OTP tidak masuk ke perangkat, baik melalui pesan singkat atau akun WhatsApp yang dimiliki.

Permasalahan ini terbilang umum dalam urusan OTP, namun cukup mengganggu ketika diperlukan konfirmasi cepat dengan kode tersebut. Maka dari itu, dalam artikel singkat ini akan disampaikan beberapa penyebab kode OTP tidak masuk ke perangkat, serta cara mengatasinya.

Simak selengkapnya pada poin berikut ini!

1. Kartu SIM Tidak Aktif

kode otp tidak masuk
Sumber: freepik.com

Akun WhatsApp secara langsung terhubung dengan nomor yang ada di kartu SIM smartphone Anda. Ketika akan menerima kode OTP, pihak layanan yang Anda gunakan akan secara langsung mengirimkan kode ke akun WhatsApp atau melalui pesan singkat.

Tentu hal ini membutuhkan kartu SIM yang aktif dan menyala di smartphone yang digunakan, agar metode pengiriman kode OTP dari layanan bisa diterima. Ketika kartu SIM tidak aktif maka pesan yang berisi kode OTP ini tidak akan bisa diterima pada perangkat yang digunakan.

Solusi : Anda harus memastikan kartu SIM dalam keadaan aktif dan masih memiliki masa berlaku. Terkadang, penyetelan SIM ganda di dalam smartphone juga bisa menjadi penyebab mengapa nomor telepon yang dimasukkan ke layanan tidak kunjung menerima kode OTP. Lakukan aktivasi pada kartu SIM yang nomornya digunakan, lalu coba kembali meminta OTP dari layanan.

2. Terdapat Pemblokiran Panggilan atau Pesan Singkat

Penyebab kode OTP tidak masuk yang kedua adalah adanya pengaturan pemblokiran panggilan atau pesan singkat dari nomor yang tidak disimpan di dalam perangkat. Pengaturan ini juga awam diterapkan pada perangkat smartphone dengan tujuan menghindari telepon gelap dan SMS yang bisa ditujukan untuk tidak kejahatan.

Masalah ini terkadang tidak disadari karena beberapa smartphone memiliki pengaturan default demikian. Pengguna yang ingin mengirimkan kode OTP dan pesan singkat kemudian akan terhambat, hingga pengaturan yang digunakan diubah.

Solusi : Periksa bagian pengaturan panggilan atau pesan singkat melalui fitur pesan atau pengaturan pesan di WhatsApp. Pastikan semua sudah terbuka, dan diatur untuk mengizinkan pesan atau panggilan masuk dari nomor yang belum disimpan sebelumnya.

3. Kesalahan Nomor Telepon Pengguna

kode otp tidak masuk
Sumber: freepik.com

Kesalahan paling sering terjadi adalah kesalahan input nomor telepon pada saat diminta oleh sebuah layanan. Kesalahan satu nomor saja dapat mengakibatkan kegagalan pengiriman OTP ke perangkat yang digunakan user.

Penggunaan smartphone dengan dua kartu SIM juga meningkatkan resiko kesalahan input pada saat diminta, karena terkadang user juga lupa dengan nomor telepon yang digunakan dan aktif di perangkat saat ini.

Solusi : Jelas dengan memeriksa dan memastikan nomor telepon yang digunakan terpasang, aktif, dan bisa dihubungi. Hal ini bisa menggunakan bantuan perangkat lain untuk mencoba melakukan panggilan pada nomor tersebut.

4. Kode OTP Tidak Masuk karena Ketiadaan Sinyal

Pengiriman kode OTP ke perangkat menggunakan pesan singkat atau melalui WhatsApp juga tetap akan bergantung pada keberadaan sinyal seluler dan jaringan internet. Tanpa keberadaan sinyal, maka pesan berisi kode OTP ini akan gagal diterima.

Kode OTP tidak masuk juga bisa disebabkan oleh ketiadaan sinyal, baik jaringan seluler maupun jaringan internet. Hal ini bisa terjadi pada titik buta atau blind spot, daerah terpencil, area dengan tembok terlalu tebal, atau adanya kerusakan perangkat.

Solusi : Sebelum meminta kode OTP, pastikan perangkat yang Anda gunakan memiliki sinyal yang cukup untuk menerima pesan. Tidak harus berada pada bar penuh, namun cukup untuk menerima pesan singkat berisi kode OTP ini.

5. Jaringan Bermasalah dari Pusat

kode otp tidak masuk
Sumber: freepik.com

Penyebab terakhir mengapa kode OTP tidak masuk adalah adanya permasalah pada jaringan server penyedia layanan komunikasi, atau bahkah pihak pengirim OTP ke perangkat Anda. Idealnya, maintenance memang dilakukan pada waktu yang dipilih secara cermat. Namun pada kasus tertentu maintenance harus dilakukan mendadak, sehingga menyebabkan permasalahan ini.

Solusi : Untuk masalah ini sebenarnya tidak ada solusi yang bisa diberikan selain menunggu hingga jaringan kembali seperti semula, dan kode OTP bisa dikirimkan kembali.

Sebenarnya urusan pengiriman kode OTP ini bisa dikelola dengan baik jika perusahaan atau layanan mempercayakannya pada pengelola yang berpengalaman. Verihubs, dalam urusan autentikasi dan verifikasi, menjadi yang terbaik di Indonesia.

Verihubs dengan Phone Number Verification-nya

perusahaan kami sendiri merupakan perusahaan fokus pada bidang autentikasi dan verifikasi. Terkait dengan kode OTP tidak masuk, sistem yang dimiliki Verihubs menjamin kehandalannya, sehingga kode dipastikan masuk saat diminta atau diperlukan. Dengan fitur Phone Number Verification, urusan kode OTP jadi mudah dan sangat praktis. Pengguna layanan Verihubs sendiri juga sudah sangat luas, mulai dari industri startup hingga perusahaan fintech. Maka dari itu, segera percayakan urusan pengelolaan OTP pada Verihubs, dan dapatkan proteksi terbaik pada data user yang dimiliki dan hubungi kami sekarang juga!