Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Berkenalan dengan Kode Verifikasi SMS untuk Proteksi Akses User

kode verifikasi sms

Identitas yang digunakan pelanggan atau user bisa dilihat dari beberapa poin. Pertama melalui email yang digunakan, menggunakan NIK pada KTP, hingga menggunakan nomor telepon. Pada penggunaan berbagai layanan elektronik saat ini, kode verifikasi SMS masih cukup sering jadi andalan untuk memastikan validitas identitas dari pengguna yang mendaftar atau melakukan transaksi.

Tapi apa yang dimaksud kode verifikasi SMS itu sendiri? Apa fungsi dari kode ini dan bagaimana cara menggunakannya?

Anda, secara runtut, dapat melihat penjelasan dari pertanyaan di atas pada poin di bawah ini. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tips mengenai cara menjaga keamanan kode verifikasi SMS yang dikirimkan pada nomor seluler yang Anda gunakan untuk mendaftar.

Memahami Apa Itu Kode Verifikasi SMS

kode verifikasi sms
Sumber: freepik.com

Kode verifikasi SMS pada dasarnya memiliki pengertian yang sama dengan kode verifikasi OTP lain, yakni merupakan serangkaian kode yang dikirimkan oleh penyedia layanan pada user untuk memastikan validitas identitas user yang melakukan pendaftaran atau transaksi di layanannya.

Jika kode verifikasi yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya dikirim melalui email atau melalui WhatsApp, maka kali ini kode verifikasi dikirimkan melalui layanan pesan singkat atau short message service menggunakan jaringan seluler smartphone penggunanya.

Pesan singkat ini akan masuk ke inbox dan identitas pengirimnya akan jelas. Pada beberapa layanan, nomor unik akan digunakan dan diberitahukan sebelumnya pada proses pendaftaran. Di beberapa layanan lain identitas pengirim akan berupa nama layanan secara jelas, untuk memberikan kepastian pada user bahwa pesan singkat tersebut datang dari penyedia layanan secara resmi.

Lalu Apa Fungsinya?

Jika membahas mengenai fungsi dari kode verifikasi SMS ini tentu tidak akan lepas dari proteksi data user dan sebagai cara utama memastikan identitas dari user yang melakukan pendaftaran. Namun secara umum berikut beberapa fungsi kode verifikasi SMS yang bisa dijelaskan.

Memastikan Identitas Pengguna

Pendaftaran yang dilakukan pada sebuah layanan selalu memerlukan identitas dari pengguna. Karena data yang dimasukkan ini sensitif, maka harus dipastikan bahwa data tersebut dimasukkan oleh pengguna yang sebenarnya.

Dengan verifikasi kode SMS ini, layanan dapat memastikan bahwa pihak yang mendaftarkan sebuah data adalah pemilik data terkait. Setidaknya, identitas yang dimasukkan kemudian dapat dicek ke database yang dimiliki sehingga validitas data terjamin.

Memastikan Nomor Seluler Pengguna Aktif

Nomor seluler sebenarnya sudah cukup lama harus didaftarkan menggunakan KTP pemilik nomor tersebut. Tujuannya sederhana, agar identitas setiap pengguna nomor seluler menempel pada identitas valid yang datanya dimiliki pemerintah melalui lembaga terkait.

Dengan mengirimkan kode verifikasi SMS, dapat dicek kembali bahwa nomor yang digunakan terhubung dengan dengan identitas yang sebenarnya pada database yang dimiliki. Dengan demikian data yang dimasukkan bisa diproses ke tahap selanjutnya.

Perlindungan Ekstra saat Melakukan Transaksi

Ketika metode verifikasi transaksi yang dipilih adalah penggunaan kode verifikasi SMS, maka setiap transaksi yang dilakukan oleh user akan memerlukan kode ini. Penyedia layanan otomatis akan mengirimkan kode unik setiap transaksi untuk digunakan, sehingga transaksi yang dilakukan benar-benar aman.

Tanpa input kode verifikasi yang masuk melalui pesan singkat seluler, transaksi tidak akan bisa diteruskan ke proses selanjutnya. Bilamana terjadi akses ilegal oleh pihak tidak bertanggungjawab, maka akses ini bisa segera dihentikan dan tidak sampai merugikan user dengan transaksi yang tidak dikehendaki user.

Cara Menggunakan Kode Verifikasi SMS

kode verifikasi sms
Sumber: freepik.com

Lalu bagaimana cara menggunakan kode verifikasi SMS ini?

Untuk penyedia layanan yang digunakan oleh user, kode ini bisa secara otomatis dibuat oleh sistem yang digunakan, ketika terjadi input data atau permintaan transaksi yang dilakukan. Kode secara langsung akan dikirim ke nomor seluler dari user untuk kemudian dimasukkan ke aplikasi layanan pada kolom yang tersedia.

Kode yang dikirimkan ini idealnya juga memiliki masa berlaku, selama beberapa menit. Ketika kode dimasukkan setelah melewati masa aktif maka kode tidak akan bisa berfungsi sebagai alat verifikasi, dan permintaan kode verifikasi bisa kembali dibuat.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, permintaan ini dapat diberikan batasan dalam waktu tertentu atau jumlah tertentu sehingga ketika permintaan yang dilakukan melewati batas wajar sistem dapat mendeteksinya. Sistem akan menunda pengiriman kode verifikasi, karena bisa jadi satu indikasi upaya akses atau transaksi ilegal.

Tips Menjaga Keamanan Kode Verifikasi yang Dikirimkan

Cara menjaga keamanan kode verifikasi yang dikirimkan oleh penyedia layanan cukup sederhana, yakni dengan tidak memperlihatkannya pada pihak lain. Kode ini sifatnya sangat rahasia dan menjadi tanda untuk penyedia layanan bahwa akses atau transaksi yang diminta berasal dari user.

Ketika muncul kode verifikasi tanpa adanya permintaan transaksi dari perangkat yang dimiliki user, maka user bisa segera melaporkan hal ini pada layanan pelanggan. Lakukan konfirmasi, dan pastikan akses yang saat itu diajukan bukan dari pihak user yang sah.

Pastikan juga apapun yang terjadi untuk tidak memberikan kode verifikasi pada pihak lain, dalam rangka apapun kecuali benar-benar dalam kondisi darurat.

Itu tadi sedikit pembahasan mengenai kode verifikasi SMS yang bisa disampaikan dalam artikel singkat ini. Tentunya untuk Anda yang berencana menggunakan verifikasi SMS sebagai metode verifikasi, pastikan menggunakan produk terbaik yang dapat mengakomodir keperluan Anda demi keamanan akses user Anda.

Verihubs, Solusi Berbagai Jenis Metode Verifikasi Praktis

Verhubs telah hadir dan menyediakan produknya untuk berbagai produk layanan perusahaan besar di Indonesia. Produk yang dimiliki sendiri salah satunya adalah SMS Global OTP, yang dapat membantu layanan Anda menggunakan kode verifikasi SMS untuk mengamankan akses dan transaksi yang dilakukan user yang Anda miliki. Verihubs sendiri unggul dari segi biaya, jangkauan global untuk pengiriman SMS-nya, paket layanan fleksibel, dan masih banyak lagi. Jadi segera gunakan produk Verihubs sekarang, dan hubungi layanan pelanggan kami untuk informasi lebih lengkapnya!