Manfaat Sertifikat Elektronik: Jenis & Contohnya!

manfaat sertifikat elektronik

Sertifikat elektronik merupakan salah satu jenis sertifikat digital yang memuat tanda tangan digital, sehingga Anda tidak perlu lagi memberikan tanda tangan basah di sebuah dokumen. Sertifikat ini dikeluarkan secara resmi oleh pihak DJP atau Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSE).

Anda yang bekerja di industri keuangan dan perpajakan tentu tidak akan asing dengan istilah sertifikat dan transaksi elektronik ini. Adanya layanan digital sebagai bentuk kemajuan teknologi mampu menjamin keutuhan dan keamanan data. Lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jenis serta manfaat sertifikat digital. 

Apa Itu Sertifikat Elektronik?

Pada dasarnya, sertifikat elektronik merupakan dokumen yang berisi identitas dan tanda tangan digital yang diberikan kepada Pengusaha Kena Pajak (PKP). Dokumen ini berfungsi untuk menunjukkan autentikasi pengguna layanan keuangan secara elektronik. 

Dasar hukum yang menaungi adanya penyelenggaraan sertifikasi elektronik ini terdapat di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Ada pula Peraturan Menteri (PERMEN) Komunikasi dan Informatika Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik. 

Sertifikat elektronik umumnya mempunyai dua sifat. Pertama, mampu menjamin keutuhan data dengan memperhatikan ada atau tidaknya perubahan dalam suatu dokumen yang telah ditandatangani. 

Kedua, sertifikat ini bersifat anti penyangkalan, yaitu dapat menyangkal adanya pemalsuan terhadap suatu keutuhan data dengan cara membuktikan langsung waktu penandatanganannya.

Jenis Sertifikat Elektronik

Sertifikat digital ternyata memiliki beberapa macam. Berikut ini beberapa jenis sertifikat yang perlu Anda pahami:

1. Sertifikat Identitas

Jenis sertifikat digital yang pertama, yaitu sertifikat identitas. Jenis ini biasanya berisi informasi mengenai nama, alamat, nomor identitas, dan informasi penting lainnya. Dengan kata lain, sertifikat identitas bisa digunakan untuk mengidentifikasi pengguna di sebuah sistem.

2. Sertifikat SSL/TLS

Sertifikat SSL/TLS berguna untuk memastikan keamanan koneksi antara klien dan server di internet. Adanya sertifikat ini bisa membantu Anda untuk memastikan jika koneksi tetap aman dan terenkripsi, agar data tidak dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Sertifikat Tanda Tangan Digital

Salah satu jenis sertifikat elektronik yang paling umum adalah sertifikat tanda tangan digital. Sertifikat digital ini digunakan untuk menambahkan tanda tangan digital dalam dokumen elektronik. Anda bisa menggunakan sertifikat jenis ini untuk memastikan jika tanda tangan tersebut benar-benar dari pemilik sertifikat.

4. Sertifikat Server

Jenis sertifikat digital selanjutnya yaitu sertifikat server. Seperti namanya, sertifikat jenis ini biasa digunakan oleh server untuk memastikan bahwa koneksi selalu aman dan terenkripsi dengan klien di internet.

5. Sertifikat Kode

Sertifikat kode biasanya digunakan untuk mengamankan kode dan aplikasi yang didistribusikan melalui jaringan internet. Anda perlu memiliki sertifikat kode untuk memastikan tidak ada manipulasi atau perubahan kode dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Apa Itu Sertifikat Elektronik? Ini Manfaat & Cara Mendapatkannya

Manfaat Sertifikat Elektronik

Beberapa manfaat dan keuntungan yang Anda dapatkan ketika menggunakan sertifikat digital, antara lain:

1. Jaminan Keaslian Informasi Dokumen

Sistem enkripsi pada dokumen dengan sertifikat digital memiliki jaminan informasi yang valid. Karena, Anda bisa mengetahui adanya perubahan sekecil apapun itu pada dokumen elektronik setelah ditandatangani secara digital. 

Jadi, informasi di dalam dokumen sertifikat elektronik tidak bisa diganggu gugat ataupun dimodifikasi secara sembarangan. Dengan begitu, hal ini bisa meminimalisir adanya pemalsuan informasi.

2. Verifikasi Identitas Digital

Salah satu kegiatan dalam penyelenggaraan sertifikasi elektronik adalah melakukan verifikasi identitas calon pengguna sertifikat digital. Proses verifikasi identitas digital ini melibatkan beberapa data seperti nomor telepon, alamat email, KTP, dan facial recognition.

Penggunaan data verifikasi secara berlapis ini berguna untuk memastikan jika informasi identitas yang akan didaftarkan benar-benar valid. Sehingga, Anda pun bisa terhindar dari resiko penipuan dengan identitas palsu. 

3. Jaminan Hukum yang Sah

Beberapa layanan tanda tangan digital biasanya menawarkan dua layanan utamanya, yaitu tanda tangan digital tanpa sertifikat dan tanda tangan digital dengan sertifikat. Sayangnya, tanda tangan tanpa sertifikat tidak bisa menggantikan fungsi dari tanda tangan basah di suatu dokumen. 

Jadi, tanda tangan digital dengan sertifikat bisa menjadi pilihan yang aman untuk verifikasi identitas pengguna. Selain itu, sertifikat elektronik juga dilengkapi dengan enkripsi tingkat tinggi, sehingga lebih aman. 

Tidak hanya itu, sertifikat digital bahkan mempunyai kekuatan dan akibat hukum yang sah dan setara dengan tanda tangan basah.

4. Pelacakan Dokumen yang Mudah

Manfaat lain dari sertifikat digital adalah memudahkan Anda dalam melacak dokumen penting. Anda bisa mengawasi dan melacak dokumen yang mengandung tanda tangan digital secara cepat. Ini karena tanda tangan digital memiliki kode unik yang bisa Anda sesuaikan dengan kode asli pada dokumen yang dikirimkan ke pihak lain.

5. Transaksi Perbankan Lebih Cepat

Saat ini, Anda tidak lagi harus datang langsung ke bank untuk melakukan transaksi. Karena Anda yang sudah mempunyai sertifikat elektronik tidak perlu melakukan proses verifikasi identitas lagi. Adanya tanda tangan digital ini memudahkan proses verifikasi identitas nasabah cukup satu kali saja.

Selain itu, bank tidak perlu lagi mengakomodasi proses verifikasi identitas, karena bisa menerapkan certificate authority untuk menerbitkan sertifikat digital. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah ketika ingin transfer ataupun membayar tagihan secara online menggunakan aplikasi perbankan.

6. Menjaga Reputasi Bisnis

Semua pengusaha tentu ingin menjaga reputasi bisnis agar tetap baik di hadapan semua orang, terutama pelanggan. Penggunaan sertifikat digital akan membantu Anda untuk menjaga keamanan dan kepercayaan yang tinggi dalam proses transaksi. 

Ini tentu bisa meningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga membangun reputasi bisnis yang lebih baik. Kehadiran sertifikat digital saat ini bahkan bisa memberikan nilai tambah yang signifikan untuk reputasi bisnis Anda.

Peran E-KYC dalam Sertifikat Digital

Tahukah Anda istilah KYC atau Know Your Consumer? Penerapan e-KYC dalam sertifikasi elektronik tidak hanya sebatas mengubah praktik layanan manual menjadi digital saja. Tetapi juga mencakup cara memenuhi akurasi layanan secara digital. Karena KYC adalah sistem yang mampu mendeteksi asli atau tidaknya suatu data digital.

Oleh sebab itu, prinsip KYC sangat dibutuhkan oleh industri keuangan untuk memverifikasi identitas pelanggan, memastikan persyaratan data, menghindari adanya potensi pencucian uang, hingga menghindari pendanaan teroris. Adanya tanda tangan elektronik sebagai identitas digital pun mendukung penerapan e-KYC ini.

Sebagaimana dua faktor yang mendukung keakuratan identitas digital, yaitu faktor What Are You berisi biometric data, fingerprint, dan voice recognition dan What You Know berupa PIN, password, dan Nomor ID Card.

Baca Juga: KYC Adalah Mengenali Nasabah, Ini Manfaat & Cara Kerjanya!

Mari Verifikasi Sertifikat Elektronik di Verihubs!

Pada dasarnya, sertifikat elektronik memberikan banyak manfaat bagi Anda, seperti menjamin validitas dokumen, memverifikasi identitas, memberikan jaminan hukum yang sah, memudahkan pelacakan dokumen, dan memudahkan transaksi digital serta menjaga reputasi bisnis.

Untuk mencoba menggunakan sertifikat digital dan memverifikasi identitas, Verihubs menawarkan fitur dengan Optical Character Recognition (OCR) yang dapat menginput e-KTP konsumen maupun calon mitra bisnis dengan cara scan.

Ada pula fitur face recognition untuk mengenali pengguna dengan cara membandingkan wajah real time pada data yang tersimpan di KTP serta Liveness Detection untuk mencegah fraud dari pemalsuan wajah. Semakin lengkap lagi dengan adanya SMS OTP serta Whatsapp OTP. Tentunya, produk sertifikat elektronik dari Verihubs ini cocok untuk Anda yang memiliki bisnis dalam bidang perbankan, sebagai pendukung mesin absensi digital, pemesanan tiket online, hingga e-commerce.

Artikel Terbaru Kami

insurance fraud

Mengenal Apa Itu Insurance Fraud dan Cara Mencegahnya

10 Perkembangan Teknologi Asuransi Beserta Pemanfaatannya

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!