Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Mengenal OTP WhatsApp dan Perbedaannya dengan OTP SMS

otp whatsapp

One-Time Password (OTP) adalah kode yang yang dikirimkan melalui SMS, email, telepon, maupun WhatsApp ke nomor ponsel terdaftar dari pengguna yang mengajukan permintaan. Teknologi ini mungkin merupakan mekanisme paling populer yang digunakan oleh perusahaan di seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa permintaan yang masuk dibuat oleh orang yang berwenang. Tidak seperti kata sandi tradisional yang tetap statis atau kedaluwarsa setiap 30 hingga 60 hari, kode OTP digunakan untuk satu transaksi atau sesi login saja. Dengan cara ini, maka dapat dipastikan bahwa orang yang masuk ke akunnya diberi wewenang oleh pemegang akun, untuk mendapatkan akses ke sana. Lebih lanjut, apa perbedaan OTP WhatsApp dengan OTP SMS? Temukan jawaban selengkapnya melalui ulasan menarik di bawah ini.

Apa Bedanya OTP WhatsApp dengan OTP SMS?

Tak dipungkiri, sebagian besar transaksi online memang memerlukan autentikasi dua langkah, dan OTP yang dikirim melalui SMS seringkali merupakan salah satu dari dua langkah tersebut. Tujuan dari OTP adalah untuk mencegah terjadinya penipuan. Sedangkan OTP berbasis WhatsApp memiliki sistem yang sama, hanya saja memiliki platform distribusi password yang berbeda, yaitu dengan menggunakan WhatsApp.

Pengiriman OTP berbasis aplikasi seperti WhatsAppa kini memang mulai digandrungi. Sebagian orang menganggap bahwa sistem ini lebih mudah karena waktu operasi yang singkat, dan OTP dihasilkan pada perangkat pengguna tanpa bergantung pada Kartu SIM. Meski demikian, ternyata tidak sedikit orang yang lebih menyukai SMS OTP karena tidak semua orang memiliki aplikasi WhatsApp.

Apakah OTP WhatsApp Aman?

Di sisi lain, pernahkah Anda bertanya apakah pesan OTP yang dikirimkan melalui WhatsApp aman? Seperti yang diketahui, bahwa WhatsApp adalah salah satu teknologi komunikasi yang menggunakan enkripsi end-to-end. Itu artinya, dari segi teknologi, WhatsApp end-to-end encryption bisa dikatakan sangat kuat dalam mengamankan percakapan antar pengguna. Sehingga bisa dikatakan bahwa mengirimkan kode OTP sudah cukup aman dengan adanya teknologi yang dimiliki pihak WhatsApp. Namun tetap harus diakui, bahwa teknologi tercanggih pun tidak 100% menjamin bahwa akun tersebut tidak dapat dibobol.

Tapi perlu digaris bawahi, pada umumnya kasus peretasan terjadi karena human error disebabkan keluputan pengguna itu sendiri, di mana sering terjadi pada kasus kejahatan siber. Misalnya, Anda tiba-tiba menerima pesan OTP bersamaan dengan panggilan masuk dari pihak tertentu yang meminta informasi mengenai kode OTP tersebut. Karena berbagai alasan, akhirnya Anda membagikan kode OTP tersebut hingga terjadilah pembobolan akun. Itu artinya, kasus peretasan atau pembobolan akun terjadi akibat kesalahan pengguna.

OTP WhatsApp vs OTP SMS, Mana yang Lebih Unggul?

otp whatsapp

Penggunaan OTP tentu saja memastikan bahwa pengguna adalah ia yang berhak mengakses aplikasi tertentu. Menggunakan OTP berarti memastikan keamanan pengguna terjamin dan aman. Sebagian orang menganggap bahwa OTP SMS cukup rentan disadap karena tidak adanya enkripsi pada SMS. Selain itu, ketergantungannya terhadap jaringan operator juga dapat disadap karena secara teknis mungkin dilakukan jika celah keamanannya dieksploitasi. Bahkan, SMS terikat pada nomor telepon tertentu di mana hal ini membuatnya mudah diidentifikasi oleh penipu jika ingin melakukan rekayasa sosial. Selain faktor keamanan, faktor biaya sekarang juga menjadi pertimbangan. Tapi tunggu dulu, OTP SMS juga memiliki keunggulan.

OTP SMS adalah OTP yang paling populer digunakan di Indonesia dibandingkan dengan metode OTP lainnya. Kenapa? Karena penetrasi OTP, biaya pengadaan OTP, hingga kemudahan penggunaan OTP tersebut. Keunggulan pertama yaitu penetrasi SMS paling tinggi dibandingkan perangkat OTP lainnya. Kedua, OTP SMS tidak membutuhkan biaya pengadaan perangkat OTP dan sudah tersedia pada semua ponsel yang bisa menerima SMS. Dan yang ketiga, OTP SMS tidak membutuhkan instalasi aplikasi, sinkronisasi awal, proses pendaftaran yang rumit dan langsung tersedia pada nomor telepon yang diaktifkan. Keempat, sangat mudah digunakan. OTP SMS dapat digunakan semudah menerima dan membaca SMS, yang tidak membutuhkan latihan atau pengetahuan khusus untuk implementasi.

Sementara itu, OTP WhatsApp dianggap sebagai jenis OTP yang menggunakan aplikasi over the top atau OTT. Penggunaan OTP dengan jenis ini juga dinilai unggul karena efisiensi dan keamanan yang lebih baik. Menggunakan aplikasi OTT juga membuat pengiriman OTP menjadi lebih efisien. Pengiriman OTP berbasis WhatsApp juga lebih konsisten, selama pengguna memiliki jaringan internet.

Ketidaktergantungannya pada nomor ponsel pengguna memungkinkan kode OTP tidak dipengaruhi oleh sinyal provider nomor yang bersangkutan. Itu artinya, selama ada koneksi internet walaupun nomor pengguna sedang tidak aktif, maka kode OTP tetap masuk melalui WhatsApp. Penggunaan aplikasi OTT sebagai platform pengiriman OTP juga terbukti efisien dan memakan biaya yang rendah. 

Salah satunya dengan menggunakan Phone Number Verification Verihubs. Penyedia jasa OTP berbasis SMS dan WhatsApp ini menawarkan keuntungan yang sangat baik dibanding jasa penyedia OTP lainnya yang hanya berbasis SMS.

Keamanan Kode OTP Adalah yang Utama!

otp whatsapp

Pada umumnya, pengiriman kode OTP memang dilakukan melalui SMS dan email. Namun seiring perkembangan teknologi, kode OTP yang berbasis SMS dan email seringkali menimbulkan isu keamanan seperti peretasan, hingga pemalsuan akun. Padahal, keamanan dalam mengirim kode OTP yang kemudian berimbas pada keamanan akun pelanggan suatu bisnis adalah tanggung jawab pemilik bisnis. Pasalnya, pengiriman kode OTP menuju kontak pelanggan seharusnya bersifat eksklusif dan rahasia.

Apabila terjadi kebocoran data, maka ada yang salah dengan saluran komunikasi tersebut. Lain halnya dengan bisnis konvensional yang mempertemukan pemilik bisnis dengan pelanggan secara empat mata, bisnis digital tentu membutuhkan sistem komunikasi yang jauh lebih kompleks. Tanpa kualitas komunikasi yang bagus, maka hubungan antara pelaku bisnis dengan pelanggan akan terganggu, kemudian akan berujung pada hilangnya pelanggan dari berbagai segmentasi. Dalam hal ini, pengiriman kode OTP kepada pelanggan harus terjamin keamanannya.

Verihubs melihat celah yang ada, sehingga meluncurkan Phone Number Verification untuk mengintegrasikan kode OTP berbasis SMS dan WhatsApp. Diharapkan, dengan tidak hanya SMS namun juga ada WhatsApp dalam mengirim kode OTP, maka pengamanan akun pelanggan akan lebih terjaga. Layanan dari Verihubs ini, selain memberikan perlindungan lebih kepada pengguna juga dilengkapi dengan berbagai kemudahan dan keunggulan, sehingga layanan Phone Number Verification bisa efektif dan efisien.

Mari, Buat Alur Produk Digital Anda Lebih Nyaman!

Dari teknologi berbasi AI yang canggih dan mudah digunakan, Verihubs akan memberikan berbagai solusi untuk membuat customer journey yang lebih simple dan standar keamanan lebih unggul. Permudah autentikasi dengan API Verihubs, ID pengirim bisa disesuaikan (full masking), baik kirim pesan OTP maupun non-OTP ke semua ponsel atau WhatsApp dari jarak jauh. Jangan lupa, pastikan transformasi digital perusahaan Anda efisien, terkontrol dan lancar bersama Verihubs!