Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Metode Paylater adalah Cara Pembayaran Kekinian, Simak Ulasannya di Sini!

paylater adalah

Tidak sedikit perusahaan menyediakan fitur paylater di dalam layanannya, dimana hal ini terbukti dapat meningkatkan ketertarikan pelanggan untuk melakukan transaksi kepada mereka. Namun akan lebih baik bila terlebih dahulu memahami bagaimana sistem paylater sebelum memasukkan ke dalam salah satu fitur pembayaran.

Untuk memahami seputar pengertian, keuntungan, sisi keamanan, dan tips bijak menyematkan paylater pada fitur bisnis Anda, Anda bisa simak penjelasannya di sini!

Pengertian Paylater adalah Sebagai Berikut

paylater adalah
Sumber : freepik.com

Secara harfiah, paylater berarti membayar nanti, merupakan bentuk metode pembayaran dengan jenis mengangsur, mirip dengan cara kerja kartu kredit. Bedanya, metode ini tidak mengharuskan pengguna untuk memiliki kartu kredit, hanya perlu mendaftar dan memenuhi syarat verifikasi dari penyedia jasa yang digunakan.

Nantinya setiap bulan, atau periode waktu tertentu, pengguna harus mengangsur sejumlah dana dari pembelian yang dilakukannya. Akan lebih menarik layanan ini disediakan tanpa bunga, sehingga terasa lebih menguntungkan bagi pengguna secara umum.

Lalu siapa yang membayar tagihan belanja yang muncul? Tentu dari pihak penyedia jasa paylater yang digunakan oleh pengguna. Sebelum bisa menggunakannya, user wajib memenuhi syarat yang diberikan, dan yang paling umum adalah memasukkan data diri atau kartu identitas yang dimiliki.

Keuntungan Perusahaan Menyediakan Fitur Paylater

Sebenarnya jika dilihat secara sekilas, ‘kontrak’ yang dibuat dari pihak pemberi pinjaman dan peminjam benar-benar sederhana dan memiliki risiko pada tertentu. Tapi secara praktis, ada pula sederet keuntungan yang didapatkan perusahaan dengan menggunakan fitur ini.

1. Menarik Minat User untuk Transaksi

Metode pembayaran ini dinilai efektif untuk menarik minat user produk Anda dalam melakukan pembelian. Pertimbangan ketiadaan dana pada saat akan melakukan transaksi bisa dijawab dengan pembayaran di belakang, sesuai periode angsuran yang dipilih.

Poin ini juga termasuk bunga yang minim, atau bahkan benar-benar nol persen sampai pada periode angsuran tertentu. Jelas, hal ini bisa menjadi stimulan yang cukup efektif dari segi pemasaran produk.

2. Transaksi yang Dilakukan Cenderung Lebih Besar

Karena bisa membagi tagihan yang dibayarkan dalam beberapa termin, maka user juga cenderung akan melakukan transaksi dengan nominal lebih besar. Efek psikologis pada user benar-benar bekerja, saat produk bisa dibeli dalam jumlah banyak namun dengan biaya yang terasa ringan.

Hal ini akan membuat pendapatan perusahaan naik dalam jangka waktu tertentu, dan meningkatkan penjualan secara umum.

3. Memudahkah User dalam Pembayaran

Salah satu fitur paylater adalah memudahkan user dalam melakukan pembayaran, sebab user tanpa kartu kredit bisa menikmati fitur angsuran yang cepat, praktis, dan aman. Jelas, diperlukan verifikasi yang handal untuk urusan validasi data user yang mengajukan metode pembayaran ini.

Namun secara praktis user kekinian sudah cukup familiar dengan proses verifikasinya, sehingga hal ini tidak akan jadi masalah besar.

Verifikasi Identitas untuk Metode Pembayaran Paylater

paylater adalah
Sumber : freepik.com

Salah satu sisi yang tidak bisa dikesampingkan saat membahas metode pembayaran ini adalah keamanan transaksi yang dilakukan. Bagaimana perusahaan bisa mendapatkan jaminan bahwa user akan menyelesaikan pembayaran hingga akhir? Bagaimana perusahaan bisa memastikan bahwa input data identitas yang diberikan valid?

Verifikasi identitas user kemudian menjadi proses yang wajib disertakan dalam urusan ini, sehingga perusahaan Anda dapat memastikan input data yang dilakukan user. Pengecekan dari berbagai sisi bisa dilakukan jika Anda memiliki layanan verifikasi yang tepat, sehingga identitas yang dimasukkan user akan dapat diproses dengan lebih baik.

Idealnya, proses ini akan melibatkan beberapa poin penting.

  • Pertama dengan melakukan fraud check, untuk mengetahui profil user yang mengajukan pinjaman untuk mengetahui bagaimana riwayat personalnya.
  • Kedua ID Check dengan melakukan verifikasi data di KTP dari NIK, nama user, tempat dan tanggal lahir, hingga foto yang dimasukkan.
  • Ketiga, dengan text recognition yang mampu membaca data di foto KTP atau kartu identitas yang menjadi syarat dari pengajuan pinjaman untuk pembayaran ini.

Dengan tiga poin di atas, perusahaan akan mendapatkan data valid terkait user, sehingga risiko terjadinya kecurangan atau hal merugikan lain bisa ditekan.

4 Tips Bijak Menggunakan Metode Paylater di Dalam Bisnis

Sebelum benar-benar menyediakan metode pembayaran ini dalam bisnis Anda, beberapa tips bisa Anda simak dengan cermat.

  • Pastikan proses verifikasi data user benar-benar dapat diandalkan, valid, dan bisa dipertanggungjawabkan.
  • Berikan syarat dan ketentuan yang jelas, lugas, dan tidak membingungkan untuk user yang akan menggunakannya.
  • Buat sistem manajemen risiko yang baik, sebagai langkah mitigasi pada potensi kerugian yang muncul.
  • Lakukan analisa mendalam, dan pastikan metode pembayaran ini tepat dengan jenis bisnis Anda.

Verihubs, Partner Verifikasi Terbaik untuk Perusahaan Anda

Sehubungan dengan ketiga poin dan tips yang disebutkan di atas, semua dapat Anda peroleh dengan produk dari Verihubs. Hadir sebagai solusi verifikasi data yang handal dan terpercaya, Verihubs mampu mengintegrasikan data yang dimasukkan user dengan database milik pemerintah dan pihak keamanan, sehingga proses verifikasinya lebih valid dan terjamin.

Karena fitur paylater adalah satu hal yang umum saat ini, Anda wajib pula menggunakan cara verifikasi yang akurat dan terpercaya. Verihubs dapat menjawab kebutuhan ini, dengan setiap fitur yang dimilikinya untuk membantu perusahaan melakukan verifikasi dengan cepat, akurat, dan efisien. Gunakan Verihubs sekarang juga, dan selesaikan urusan verifikasi dalam waktu singkat!