Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Fitur Pengenalan Wajah dengan Akurasi Tinggi, Verihubs Jawabannya!

pengenalan wajah

Fitur pengenalan wajah sudah sejak beberapa waktu lalu digunakan oleh perusahaan dan penyedia layanan sebagai sarana verifikasi dan autentikasi akses. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan sederet manfaat yang dimilikinya, dan dirasa lebih baik dari cara autentikasi sebelumnya.

Sebelum penggunaan fitur ini dalam urusan autentikasi dan verifikasi, fitur sidik jari atau telapak tangan awam digunakan. Sebagai upaya perlindungan ganda pada data yang dimiliki, fitur-fitur ini diperlukan setelah seseorang memasukkan password atau kode PIN tertentu.

Secara praktis, berikut ulasan mengenai manfaat pengenalan wajah, dan kelebihan yang ditawarkan sehingga memikat banyak perusahaan dan layanan dalam penggunaan fitur tersebut.

Manfaat Pengenalan Wajah dalam Urusan Autentikasi dan Verifikasi

pengenalan wajah
Sumber : freepik.com

Sederet manfaat bisa dirasakan oleh perusahaan atau layanan yang menggunakan pengenalan wajah sebagai salah satu metode autentikasi dan verifikasinya. Berikut selengkapnya.

Sifatnya Permanen dan Tidak Mudah Berubah

Tidak sedikit diantara Anda yang membaca artikel ini mungkin beranggapan identifikasi atau autentikasi sidik jari lebih praktis. Namun demikian perlu dipahami bahwa sidik jari memiliki resiko tinggi untuk berubah, pudar, atau tidak terbaca oleh scanner.

Sifat dari sidik jari yang memiliki resiko tinggi untuk berubah atau memudar ini kemudian jadi kelemahannya. Pengenalan wajah, dalam hal ini, sifatnya lebih permanen dan tetap, sehingga meski diperlukan perubahan dari waktu ke waktu pada database yang dimiliki namun tidak sesering sidik jari..

Meminimalisir Kontak Fisik

Jika pada pengenalan sidik jari diperlukan kontak fisik dengan perangkat scanner, maka pengenalan wajah tidak memerlukan hal tersebut. Pemindaian dilakukan pada jarak tertentu dari scanner atau kamera yang digunakan, sehingga kontak fisik yang terjadi hampir nihil.

Teknologi pengenalan wajah ini sangat populer ketika pandemi berlangsung, karena dapat membantu melakukan verifikasi identitas, baik dalam hal pendataan pengunjung atau absensi, tanpa harus meningkatkan resiko penularan. Secara langsung, cara ini lebih higienis.

Prosesnya Cepat dan Akurat

Identifikasi yang dilakukan sistem pengenalan wajah bisa berlangsung cepat. Ini mengapa, proses tersebut banyak diterapkan di berbagai titik yang memerlukan waktu singkat untuk melakukan identifikasi sehingga tidak menghambat proses yang berjalan.

Misalnya saja, Anda bisa menemukan perangkat pengenalan wajah dengan deteksi suhu pada pintu masuk mall, area perkantoran, stasiun, hingga bandara. Identifikasi wajah dan deteksi suhu bisa dilakukan dalam hitungan detik, sehingga tidak membuat antrian panjang dalam prosesnya.

Verifikasi Identitas dalam Hitungan Detik dengan Face Recognition dari Verihubs

pengenalan wajah

Verihubs sebagai perusahaan yang menjadi spesialis dalam urusan verifikasi dan autentikasi memiliki fitur face recognition yang menjadi unggulannya. Fitur ini memungkinkan seorang atau sebuah sistem terhindar dari penipuan biometrik dengan memanfaatkan artificial intelligence guna melakukan pengenalan identitas melalui perbandingan wajah (selfie, foto di KTP atau kartu identitas, dan video secara real time).

Fitur pengenalan wajah yang dimiliki Verihubs juga berbeda, dengan sederet kelebihan berikut ini.

1. Deteksi Teknologi AI Akurat

Teknologi yang dimiliki Verihubs dapat membedakan dan mengidentifikasi wajah dengan kacamata hitam, jilbab, hingga penggunaan masker sekalipun. Ketika user melakukan input foto dengan menggunakan masker misalnya, sistem akan mengenali hal ini dan memberitahukan kepada user untuk melepas masker. Setelahnya, input yang dilakukan tanpa masker akan diterima dan diproses oleh sistem. 

Kecanggihan ini dimiliki Verihubs untuk memaksimalkan akurasi identifikasi dalam proses autentikasi dan verifikasi, sehingga memudahkan user-nya dalam melakukan proses tersebut.

2. Fitur Putar Gambar Otomatis

Dalam upaya melakukan identifikasi, sistem yang digunakan Verihubs juga mampu memudahkan user dalam pengambilan gambar dan pencocokan. Jika pengambilan gambar dilakukan terbalik, sistem kami dapat mendeteksinya sehingga melakukan pemutaran gambar secara langsung ke arah yang benar.

Meski terbilang sederhana, namun fitur ini sangat bermanfaat dan memudahkan user. User bisa melakukan pengambilan gambar wajah pada posisi paling nyaman dan paling jelas.

3. Pencocokan Data Satu Detik

Verihubs dapat membaca, mengenali, dan mencocokan data yang diambil dari kamera dengan data yang ada pada database dalam satu detik saja. Dengan begini, identifikasi dan verifikasi akan berjalan cepat, tanpa mengesampingkan akurasi pencocokan yang dilakukan.

4. Adaptif dengan Teknologi Touchless

Fitur selanjutnya yang menjadi pembeda Verihubs dengan produk lain adalah adanya teknologi touchless yang memungkinkan user merekam dari kejauhan, sehingga mengurangi kontak fisik secara langsung. Hal ini juga akan meningkatkan proteksi pada perangkat keras yang digunakan, karena risiko kecerobohan pada perangkat akan berkurang.

5. Dapat Dihubungkan dengan Sumber Data Terpercaya

Untuk melakukan konfirmasi lebih lanjut, data yang diinput bisa dibandingkan dengan database milik perusahaan Anda, atau database legal milik pemerintah untuk mendapatkan hasil yang lebih beyakinkan.

Cara Kerja Pengenalan Wajah Verihubs

Sumber : freepik.com

Menerapkan cara kerja yang sederhana namun tetap mengacu pada keutaman proteksi keamanan data user, Verihubs menggunakan metode yang mudah dipahami.

Setidaknya ada empat langkah yang akan dilakukan, berikut penjelasan singkatnya.

  • Liveliness, memastikan objek di depan kamera adalah objek asli dan hidup, jadi bukan hanya gambar atau ilustrasi saja.
  • Compare, membandingkan input data objek pertama dengan objek gambar yang diambil setelahnya, untuk memastikan kesamaan data yang dimasukkan.
  • Search, proses ini akan menghubungkan perangkat dengan database yang dijadikan acuan, guna mencari data yang cocok dengan data yang dimasukkan.
  • Verify, ketika data yang dimasukkan dan yang tersimpan di dalam database cocok, maka verifikasi dilakukan dan user bisa melanjutkan proses berikutnya.

Akurasi pencocokan mencapai persentase 98%, sehingga dapat dipastikan proses analisis yang dilakukan akurat dan benar-benar handal.

Teknologi pengenalan wajah dari Verihubs masuk dalam World’s Top 100 National Institute of Standards and Technology oleh Face Recognition Vendor Test 1:1, sehingga validitasnya terbukti dan sudah teruji. Ini mengapa kemudian Anda, pemilik perusahaan atau layanan, wajib menggunakan Verihubs untuk urusan autentikasi dan verifikasi. Database yang dijadikan acuan juga dipastikan aman dan valid, karena Verihubs telah bekerja sama dengan berbagai pihak terkait secara legal. Jadi gunakan Verihubs sekarang, dan berikan perlindungan terbaik pada data user yang Anda miliki!