Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Kenali 7 Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan Akun WA Biasa

perbedaan whatsapp bisnis

Penggunaan WhatsApp Business dalam menunjang konektivitas bisnis dengan pelanggan atau pasarnya semakin diminati, lantaran sederet keuntungan yang ditawarkan. Meski demikian, cukup banyak orang yang belum memahami benar apa perbedaan WhatsApp bisnis dengan akun biasa yang digunakan secara umum.

Dalam artikel ini Anda akan diajak untuk mencermati perbedaannya secara lebih detail, sehingga Anda memahami benar apa yang diperoleh dari penggunaan akun bisnis dalam aplikasi WhatsApp ini. Sebagai pelengkap, Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai keuntungan penggunaan akun bisnis untuk perusahaan yang Anda miliki.

Baca Juga: 8 Tugas dan Peran Penting Customer Service di Perusahaan

Cermati 7 Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan Akun Biasa

perbedaan whatsapp bisnis
Sumber: freepik.com

Setidaknya terdapat 7 perbedaan mencolok yang dapat dilihat dari WhatsApp bisnis dan akun biasa yang digunakan. Penjelasan masing-masing perbedaannya akan Anda peroleh dalam poin singkat di bawah ini.

1. Pertama, Mengenai Logo

Logo pada dua akun ini akan memiliki perbedaan. Tampilan logo WhatsApp Business akan  berlatar belakang warna hijau dengan huruf kapital B, sedangkan pada akun biasa hanya menggunakan logo berlatar hijau dengan icon gambar telepon mungil seperti yang biasa ditemukan di aplikasi ini.

2. Pada Profil Pengguna

Perbedaan selanjutnya terletak pada profil pengguna. Jelas, pada akun biasa profil pengguna hanya akan berisi nama pengguna, sedikit penjelasan atau deskripsi, dan detail nomor telepon. Pada akun bisnis, informasinya akan lebih lengkap.

Mulai dari nama bisnis, kemudian logo yang digunakan, keterangan kategori bisnis, tautan atau URL situs yang dimiliki, tampilan katalog produk, deskripsi perusahaan atau bisnis secara lengkap, dan informasi lokasi atau jam operasional.

Hal ini akan memberikan informasi yang diperlukan pelanggan ketika melakukan komunikasi dengan kaun WhatsApp Business yang Anda miliki, sehingga informasi dasar tadi dapat dipahami dengan cepat dan jelas.

3. Label di Kontak

Akun WhatsApp biasa tidak mendukung pemasangan label pada kontaknya, sedangkan pada akun bisnis terdapat fitur penyematan label dengan kode warna secara sistematis. Label ini dapat membantu memberikan tanda pada masing-masing kontak atau grup yang dimiliki.

Dengan fitur yang sederhana namun sangat berguna ini, pemilik akun bisnis dapat mengurutkan kontak berdasarkan nama dan label khusus. Kategori label ini dapat dibuat hingga mencapai 20 jenis label.

4. DIlihat dari Sisi Keamanan

Layanan WhatsApp sebenarnya telah memberikan proteksi yang cukup tinggi pada akun penggunanya, baik akun biasa maupun akun bisnis. Setiap pesan akan diamankan dengan protokol tertentu, sehingga tidak dapat diakses oleh pihak ketiga atau ‘penyusup’ dengan maksud apapun.

Pada dasarnya, dari sisi keamanan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hanya saja sedikit lebih tinggi proteksi yang diberikan pada akun bisnis, sebab akun ini juga dapat mengumpulkan informasi pelanggan saat melakukan komunikasi.

5. Fitur Otomatisasi Pesan

Tentu hal ini tidak ditemukan di akun WhatsApp biasa, dan hanya ditemukan pada akun WhatsApp Business. Fitur ini menjadi salah satu hal utama perbedaan WhatsApp bisnis dengan akun biasa. Pada dasarnya, fitur ini memungkinkan akun bisnis Anda untuk membalas pesan secara otomatis, yang sebelumnya telah diatur sedemikian rupa.

Pesan otomatis ini sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yakni Quick Replies, kemudian Away Messages, dan Greeting Messages.

6. Laporan Statistik Pesan

Akun bisnis memungkinkan Anda memperoleh laporan statistik pesan dengan rincian yang baik, sehingga dapat digunakan sebagai data pendukung penyusunan keputusan strategis. Pada akun biasa, laporan ini akan sangat terbatas.

Statistik yang dilaporkan mulai dari jumlah pesan yang dikirim, dibaca, dan diterima.

7. Konektivitas Profil Akun

Perbedaan WhatsApp bisnis dengan akun biasa juga tampak pada konektivitas yang dimiliki. Kedua akun memang dapat membuat kode QR untuk terhubung dengan akun lain. Namun untuk pembuatan shortlink, hanya dapat dilakukan oleh WhatsApp Business saja.

Shortlink ini kemudian dapat dibagikan ke akun calon pelanggan, untuk terhubung dengan akun bisnis yang dikelola.

Lalu Apa Keuntungan Penggunaannya?

perbedaan whatsapp bisnis
Sumber: freepik.com

Ada sederet keuntungan yang bisa diperoleh ketika bisnis yang Anda jalankan menggunakan akun WhatsApp Business. Secara singkat berikut ini penjelasannya.

  • Peningkatan layanan, informasi mengenai bisnis yang Anda jalankan dapat disampaikan ke pelanggan secara real-time. Informasi ini dapat menjadi data yang diperlukan pelanggan, sehingga pelanggan merasa puas dan menjadi loyal.
  • Adanya kepercayaan pada brand, karena akun bisnis telah terverifikasi, maka komunikasi yang terjalin dengan pelanggan cenderung akan menjadi komunikasi yang didasari kepercayaan. Pelanggan tidak cemas membagikan data yang diperlukan, karena ada jaminan akun resmi.
  • Dapat menjangkau pasar global, aplikasi ini digunakan oleh mayoritas penduduk dunia, sehingga memungkinkan Anda terhubung dengan pasar global manakala terdapat kesempatan yang bisa dimanfaatkan.
  • Pesan otomatis meningkatkan kepuasan pelanggan, jelas, ketika pesan yang dikirimkan dibalas dengan cepat maka pelanggan akan merasa puas dan hal ini baik untuk perusahaan Anda.
  • Menjaga relasi dengan pelanggan Anda, karena sifatnya personal, percakapan dalam akun WhatsApp dapat menjaga relasi baik antara bisnis yang Anda miliki dengan pelanggan yang sudah ada.

Baca Juga: 3 Use Case Chatbot yang Paling Populer di Indonesia 

Setelah memahami perbedaan WhatsApp bisnis dengan akun biasa, apakah Anda mulai tertarik menggunakannya?

Jika ya, Anda bisa langsung mengubah akun WhatsApp menjadi akun bisnis, atau membuat akun bisnis baru. Tak perlu cemas, Verihubs telah menyediakan layanan untuk urusan ini, dan mengakomodirnya dengan produk Veriflow. Anda bisa dengan mudah menghubungi layanan pelanggan kami dan berkonsultasi mengenai hal ini, sehingga Anda bisa segera mendapatkan akun WhatsApp bisnis yang didukung oleh layanan Veriflow. Pahami perbedaan WhatsApp bisnis dengan akun biasa di atas, dan segera optimalkan penggunaannya dalam perusahaan dan bisnis Anda!