Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Menilik Fungsi Phone Verification, Penunjang Keamanan Bisnis Masa Kini

phone verification

Selama ada email, kebanyakan bisnis mengandalkan verifikasi alamat email untuk membuktikan kepemilikan akun yang baru dibuat. Namun saat ini, memastikan pengguna baru yang mendaftar adalah manusia nyata menjadi hal yang sangat penting. Ketika hanya alamat email saja yang digunakan untuk memverifikasi pengguna baru, pembuatan akun palsu menjadi hal yang mudah dilakukan. Sebaliknya, phone verification akan memberikan tingkat keamanan yang lebih kuat, dan dengan cepat menjadi cara yang disukai untuk memvalidasi kepemilikan akun baru.

Daripada memerlukan alamat email pengguna selama pembukaan akun baru, verifikasi nomor telepon akan meminta pengguna untuk memberikan nomor telepon mereka. Dengan memverifikasi bahwa nomor telepon tidak hanya valid, namun juga dapat diakses oleh pengguna, bisnis di mana pun mengandalkannya sebagai lapisan keamanan tambahan. Sekarang, giliran Anda! 

Bagaimana Cara Kerja Phone Verification

phone verification

Penasaran, bagaimana cara kerja phone verification? Pemilik nomor telepon akan dikirimi sebuah kode berupa angka melalui pesan SMS, yang kemudian mereka ketik kembali ke dalam aplikasi untuk membuktikan identitas mereka, biasanya pada saat mendaftar untuk akun baru. Karena nomor telepon bersifat universal, dan hampir semua ponsel dapat menerima pesan teks, maka verifikasi nomor telepon adalah solusi keamanan yang dapat diakses secara global dan relatif murah. Bahkan untuk orang yang masih menggunakan telepon rumah (atau telepon lain yang tidak menerima SMS), verifikasi telepon masih dapat dilakukan dengan cara menelepon pengguna dan meminta suara otomatis membacakan kode kepada mereka. 

Verihubs bisa diandalkan untuk persoalan ini. Tersedia produk OTP yang terdiri dari SMS OTP dan WhatsApp OTP yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Mengapa Bisnis Anda Perlu Menerapkan Phone Verification?

phone verification

Sebagian orang mungkin bertanya, memangnya apa kegunaan dan manfaat phone verification? Anda harus tahu bahwa kenyataannya ada oknum tertentu yang sengaja membuat akun penipuan. Misalnya, membuka rekening atas nama orang lain yang sering kali merupakan langkah integral dalam mencuri identitas seseorang. Kemudian, profil palsu di media sosial atau di aplikasi sosial mungkin dibuat untuk spam, troll, atau menyerang pengguna yang asli. Akun palsu juga memberikan perlindungan yang bagus saat menyalahgunakan uji coba produk gratis, kontes, serta penawaran lainnya. Bahkan, bisa dikatakan memiliki banyak akun dapat membantu ‘memainkan’ sistem.

Membuat akun email palsu membutuhkan sedikit usaha dan biaya yang sangat minim. Itu sebabnya, penjahat dunia maya mencari situs yang hanya memerlukan alamat email dan kata sandi saja untuk menetapkan identitas pengguna baru. Untuk memerangi kerentanan yang melekat dalam verifikasi email, banyak bisnis yang akhirnya mengadopsi phone verification sebagai cara yang lebih baik untuk memastikan bahwa orang sungguhan sedang membuka akun baru. Setidaknya, ada lima alasan mengapa verifikasi telepon adalah pilihan yang lebih baik bagi bisnis Anda. 

  1. Untuk membuktikan bahwa pengguna adalah pengguna asli, maka kode unik dikirimkan ke nomor telepon yang diberikan pengguna melalui SMS. Penerima kemudian akan diminta untuk memasukkan kode yang telah dikirimkan tersebut ke dalam aplikasi atau situs website
  2. Anda harus memastikan bahwa Anda bekerja sama dengan mitra yang dapat mengirimkan kode keamanan verifikasi telepon hampir di mana saja. Verihubs, layanan berbasis API yang akan membantu perusahaan digital dalam proses verifikasi menggunakan kode OTP yang dikirimkan kepada pengguna melalui SMS atau WhatsApp.

Alasan lain adalah karena phone verification mudah digunakan. Mengingat masyarakat umum sudah terbiasa menerima dan menanggapi pesan teks dan menerima telepon, maka menerapkan proses verifikasi telepon berbasis SMS relatif mudah.

Phone Verification, Lebih Utama! 

Anda perlu beralih ke phone verification demi keamanan bisnis Anda. Gunakan API phone verification untuk memverifikasi pembuatan akun, melakukan pemulihan kata sandi, verifikasi pembayaran, hingga melindungi merek maupun bisnis Anda.

Dengan Verihubs, Anda dapat secara drastis mengurangi pendaftaran penipuan dengan memvalidasi pengguna asli yang sedang membuat akun. Ingat, tidak memverifikasi pengguna dapat berdampak negatif pada retensi pelanggan dan bisnis Anda. Namun, dengan mengonfirmasi bahwa akun baru dibuat oleh pengguna asli, maka hal tersebut akan membantu melindungi data bisnis Anda, reputasi merek Anda, serta pengguna Anda itu sendiri.