Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Produk Digital di Era Kekinian, Komoditas Bernilai Besar yang Kaya Peluang

produk digital

Distribusi kerja yang dilakukan pada era digital ini telah banyak melibatkan aplikasi dan program secara spesifik. Tak sedikit pula hasil dari industri kekinian berupa produk digital, hasil dari proses pengerjaan secara digital, dengan sumber daya utama data digital.

Ya, era industri digital sudah dimulai sejak beberapa saat lalu, dan kini masyarakat hidup di dalamnya. Disadari atau tidak, masyarakat sudah bersentuhan secara langsung dengan berbagai macam produk digital yang memudahkan banyak proses.

Tapi apa sebenarnya pengertian dari produk ini? Adakah kategorisasi atau pembagian jenisnya? Bagaimana dengan contoh nyatanya?

Memahami Definisi Produk Digital

produk digital
Sumber: freepik.com

Pengertian dari produk digital sendiri adalah produk yang memiliki bentuk digital, atau elektronik. Produk ini dapat berupa perangkat lunak yang memiliki fungsi lebih lanjut, dokumen, video, hingga e-book dan berbagai layanan jasa yang kini bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi yang tersedia.

Serupa dengan produk barang dan jasa yang diproduksi perusahaan dan kemudian dipasarkan ke masyarakat atau konsumennya, produk digital juga demikian. Produk ini merupakan hasil proses produksi yang dijalankan oleh perusahaan menggunakan sumber daya yang dimiliki perusahaan, dan setelah selesai akan memiliki sejumlah nilai fungsi atau nilai ekonomi untuk dijadikan objek transaksi.

Intinya, produk digital dalam konteks  bisnis merupakan segala jenis hal yang dibuat secara sengaja untuk memenuhi permintaan pasar, dengan tujuan ekonomi mencari keuntungan dalam berbagai bentuk.

Lalu Apa Saja Jenis Produk Digital yang Kini Beredar di Pasar?

produk digital
Sumber: freepik.com

Sebenarnya penggolongan produk ini sendiri dapat dilakukan dengan sangat luas. Namun jika dilihat secara umum, jenisnya terbagi dalam beberapa kelompok besar. Mulai dari aplikasi, foto dan video, e-book, kursus online, dan game serta berbagai produk turunannya yang lain.

1. Aplikasi

Produk pertama yakni aplikasi, yang didesain sedemikian rupa untuk membantu mempermudah masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Aplikasi di sini dapat berarti sangat luas, mulai dari software penyetelan alarm di smartphone, hingga berbagai program yang digunakan banyak perusahaan besar dalam mengelola data yang dimilikinya untuk kepentingan bisnis.

Aplikasi juga dibuat berdasarkan permintaan dari pelanggan atau klien, sesuai dengan masalah apa yang ingin diselesaikan.

2. Produk Foto dan Video

Produk foto dan video yang sudah diunggah ke platform digital kemudian menjadi salah satu jenis produk digital yang memiliki nilai ekonomis. Terlebih ketika foto atau video ini sudah diberikan lisensi berbayar dalam penggunaannya, maka secara nyata foto dan video memiliki harga tertentu untuk dapat digunakan dalam aktivitas komersial.

Nilai dari foto atau video tetap akan mengacu pada standar kualitas dari kedua produk tersebut. Semakin baik kualitas produknya, maka harga yang diberikan juga akan semakin tinggi.

3. E-Book

Produk yang satu ini, seperti namanya, adalah berbentuk buku digital. Format file yang digunakan umumnya adalah PDF atau sejenis. Fungsinya benar-benar serupa dengan buku berbentuk fisik, hanya saja memiliki bentuk digital yang dapat disimpan di berbagai jenis perangkat.

Untuk e-book sendiri tersedia versi berbayar dan versi gratis. Pada umumnya, versi berbayar diterapkan pada buku-buku yang sifatnya komersial dan memang dijual hak akses dan unduhnya, sedangkan buku dengan tipe gratis merupakan buku yang bersifat ringan dan tidak dikelola oleh perusahaan berorientasi bisnis.

4. Game

Game juga menjadi salah satu jenis produk digital yang memiliki nilai tinggi. Meski hanya sebagai sarana hiburan, namun tak sedikit juga game yang kemudian memiliki fitur mikro-transaksi di dalamnya sehingga memiliki value yang tidak kecil.

Diminati oleh banyak sekali golongan masyarakat dan terbagi menjadi banyak genre berbeda, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai game di platform berbeda. Game sendiri dijual dalam bentuk kode akses untuk melakukan pengunduhan, atau dilepas ke pasar sebagai game model free to play atau gratis.

5. Kursus Online

Produk digital yang satu ini belakangan cukup populer karena mulai banyak orang yang ingin mempelajari hal baru secara otodidak. Produk ini idealnya berbentuk video yang berisi tentang cara-cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan satu kemampuan atau skill spesifik.

Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan sejumlah uang untuk produk digital yang satu ini, baik dalam konsep file video atau konsep subskripsi untuk kanal yang telah disediakan. Nilai ekonominya juga tidak kecil, karena dianggap mampu memberikan skill baru pada peserta yang mengikutinya.

Untuk contoh dari produk di atas dapat dilihat langsung di dunia nyata. Mulai dari aplikasi m-banking dan marketplace, kemudian file foto dan video seperti pada platform iStock atau GettyImage, ragam buku digital, berbagai game baik online maupun offline, dan berbagai kursus yang disediakan di lembaga kursus modern.

Dengan demikian banyak jenis dari produk digital ini, beberapa jenis produk digital memerlukan verifikasi data yang jelas agar dapat digunakan dengan baik. Misalnya saja, aplikasi keuangan digital, atau aplikasi lain yang secara langsung bersentuhan dengan data bernilai tinggi milik user.

Verihubs, Partner Verifikasi untuk Perusahaan Anda

Meski keragaman jenis produk digital membuat peluang bisnis semakin besar, namun harus disadari bahwa ketersediaan produk ini tetap wajib mengutamakan kenyamanan dan keamanan dari user atau pelanggan yang Anda tuju.

Ini mengapa, produk verifikasi seperti Verihubs memiliki peran penting dalam industri produk digital modern. Verifikasi menjadi proses krusial dalam melindungi akses user yang memiliki data pada layanan Anda, untuk dapat mengelolanya dengan tujuan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Dengan fitur dan produk lengkap dari Verihubs, verifikasi data dapat dilakukan dengan cepat, akurat, dan aman, karena mengacu pada database milik lembaga pemerintahan yang resmi. Hubungi layanan pelanggan kami sekarang juga dan telusuri lebih jauh mengenai setiap produk verifikasi yang disediakan!