Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

SaaS adalah Solusi Banyak Proses Bisnis Anda, Simak Penjelasannya di Sini!

saas adalah

Istilah software as a service atau SaaS adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di era bisnis kekinian. Tak hanya sudah banyak dipahami, SaaS juga sudah banyak digunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Hal ini terjadi sebab perangkat lunak ini benar-benar tersedia dalam berbagai jenis yang dapat mengakomodir dan membantu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, baik secara internal atau secara eksternal.

Mungkin perusahaan Anda juga sudah menggunakan beberapa SaaS dalam praktek bisnis yang dijalankan sekarang, hanya saja hal ini tidak dipahami oleh banyak orang. Agar lebih memahami terkait apa itu SaaS, contoh, dan manfaatnya untuk perusahaan, Anda bisa simak penjelasannya di sini!

Mengenal Apa Itu SaaS

saas adalah
Sumber: freepik.com

Software as a service atau SaaS adalah layanan berbentuk perangkat lunak yang bisa digunakan pada perusahaan, untuk membantu mengelola berbagai hal yang ada di dalam kegiatan perusahaan. Dibedakan berdasarkan fungsi dan jenisnya, SaaS memiliki variasi yang cukup banyak untuk setiap keperluan perusahaan.

Layanan perangkat lunak ini menggunakan basis operasional cloud, yang artinya pihak perusahaan bisa menggunakan layanan tersebut hanya dengan sambungan internet aktif saja. Perusahaan, secara fisik, tidak perlu melakukan instalasi atau maintenance pada perangkat lunak ini, sebab dua hal tersebut sudah dilakukan oleh penyedia layanan terkait.

Hasilnya perusahaan dapat memiliki akses pada perangkat lunak tersebut secara langsung, sesuai dengan produk yang ingin digunakan. Saat sistem yang dimiliki perusahaan sudah terhubung dan terintegrasi, semua proses bisa dilakukan dengan cepat, mudah, dan aman.

Contoh Produk SaaS yang Dapat Digunakan

saas adalah
Sumber: verihubs.com

Jika berbicara mengenai contoh dari produk SaaS yang dapat digunakan sendiri daftarnya tentu akan sangat panjang. Setiap bagian kerja memiliki persaingan SaaS-nya masing-masing, dan startup produk ini juga terus bermunculan.

Anda bisa dengan mudah menemukan produk SaaS yang  beredar di dunia bisnis sesuai dengan segmen kerja yang Anda butuhkan. Secara singkat dan sebatas memberikan bayangan, berikut beberapa produk SaaS yang beredar di Indonesia.

  • Akuntansi dan keuangan tersedia produk seperti Jurnal, Accurate, Jojonomic, dan sebagainya.
  • Digital marketing tersedia produk seperti MailTarget, Socialbakers, Marketo, dan sebagainya.
  • Komunikasi dan kolaborasi tersedia produk seperti Slack, Monday, Trello, dan sebagainya.
  • Optimalisasi SEO tersedia AHrefs, Semrush, dan sebagainya.
  • PR dan media relation, tersedia Meltwater, Mention, dan sebagainya.
  • Pembayaran tersedia Spenmo dan sebagainya.
  • Keperluan HR tersedia Bamboo dan sebagainya.
  • Verifikasi dan validasi identitas tersedia di Verihubs.

Dan masih banyak lagi produk SaaS sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki untuk perusahaan Anda. Intinya, setiap perangkat lunak ini bergerak di satu bidang spesifik guna mengoptimalkan kinerja departemen dari perusahaan yang Anda miliki.

Jika ingin mendapatkan satu layanan lengkap tanpa harus menggunakan banyak layanan, Anda bisa menggunakan layanan enterprise resource planning yang berkonsep all-around. Satu produk ini bisa digunakan untuk setiap departemen berdasarkan fungsi modulnya masing-masing.

Namun produk atau layanan ERP memiliki harga yang cukup tinggi untuk biaya berlangganan atau setup awalnya.

Lalu Berikut Beberapa Manfaat SaaS dalam Rangka Pengembangan Perusahaan

saas adalah
Sumber: freepik.com

Tujuan penggunaan SaaS adalah untuk memudahkan pengelolaan dan proses yang diperlukan perusahaan. Jelas, hal ini akan berdampak pada simplifikasi berbagai proses sehingga effort dan sumber daya yang dimiliki perusahaan bisa difokuskan untuk keperluan pengembangan bisnis.

Manfaat penggunaan SaaS adalah sebagai berikut.

1. Efisiensi Biaya Operasional

Salah satu manfaat utama dari penggunaan SaaS adalah efisiensi biaya operasional dan modal yang dimiliki. Digitalisasi yang dilakukan bisa terjadi secara bertahap, dimulai dari satu departemen ke departemen lain, sehingga dapat menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Secara perhitungan modal, banyak pula penghematan kebutuhan SDM profesional, karena banyak fungsi sudah dijalankan dengan otomatis menggunakan SaaS yang Anda gunakan.

2. Optimalnya Kinerja Perusahaan

Penggunaan SaaS adalah upaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara umum. Pada satu departemen atau bagian yang telah terintegrasi dengan sistem software yang digunakan, kinerjanya bisa meningkat. Hal ini diharapkan bisa membawa pengaruh baik pada kinerja secara umum.

Otomatisasi berbagai proses ini akan menghemat waktu, energi, dan biaya yang dikeluarkan perusahaan, sehingga sumber daya tersebut dapat difokuskan pada pos lain yang lebih strategis.

3. Produktivitas Karyawan

Dengan bantuan sistem yang matang karyawan bisa bekerja dengan lebih nyaman dan cepat. Hal ini dikarenakan ketika input data yang dimasukkan ke dalam sistem SaaS salah, maka data tersebut tidak akan bisa diproses.

Mengurangi risiko human error dalam setiap proses bisnis bisa jadi pendukung besar dalam pengembangan bisnis yang Anda miliki.

4. Analisis Data Lebih Mudah

Ketika Anda menggunakan SaaS di bidang HR misalnya, analisa kinerja HR akan bisa dilakukan lebih baik karena semua pekerjaan bisa terdokumentasi dalam layanan tersebut. Pengambilan keputusan strategis bisa dilakukan lebih optimal, sehingga bagian HR bisa memberikan output kerja makin baik.

5. Kemudahan Akses

Karena SaaS berbasis sistem cloud, maka data yang diperlukan bisa diakses kapan saja dan dimana saja, selama akses sudah diberikan oleh kewenangan yang lebih tinggi. Produktivitas tetap terjaga meski karyawan tidak berada di kantor, dan pekerjaan tetap bisa diselesaikan.

Penggunaan SaaS adalah hal yang wajib pada konteks bisnis kekinian. Di berbagai sisi, SaaS tersedia untuk menjadi solusi dari kebutuhan perusahaan Anda dalam menjalankan proses bisnisnya.

Dalam urusan verifikasi data, SaaS paling handal saat ini adalah Verihubs, dengan berbagai modul yang dimilikinya. Menyediakan setidaknya 5 modul terbaik untuk masing-masing keperluan, Verihubs siap menjadi partner bisnis Anda dalam melakukan proses verifikasi data. Mulai dari Phone Number Verification, Identity Verification, Biometric Verification, Business Verification, hingga Employee Verification, semua bisa Anda dapatkan pada produk Verihubs. Lengkap dan terintegrasi dengan teknologi AI, Anda bisa langsung menghubungi layanan pelanggan untuk mencari tahu informasi selengkapnya!