Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Upaya Scam adalah Praktik yang Sering Terjadi, Simak Ulasannya di Sini!

scam adalah

Aktivitas online saat ini telah menjadi bagian besar dari kegiatan masyarakat dunia. Mulai dari belajar, bekerja, belanja, transaksi finansial, transportasi, dan lain sebagainya, bisa dilakukan secara online. Namun hal yang wajib diwaspadai adalah maraknya scam. Scam adalah salah satu bentuk kejahatan digital atau cyber crime, yang harus lekas dikenali agar efek buruknya tidak meluas.

Pada artikel singkat kali ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai apa itu scam, kemudian jenis-jenis dari kejahatan ini, cara kerja scammer dalam melakukan kejahatan tersebut, serta cara menghindarinya.

Tentu artikel ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya tetap waspada, dan betapa pentingnya memiliki proteksi yang kuat pada akun digital Anda.

Memahami Apa Itu Scam

Scam adalah sebuah istilah untuk menggambarkan skema penipuan untuk mendapatkan uang atau barang atau data dari korban sasarannya. Pada era teknologi modern scam adalah upaya untuk mendapatkan sejumlah dana dan keuntungan sebesar-besarnya bagi pelaku tindakan ini dengan melakukan penipuan secara terorganisir.

Celah untuk tindak kejahatan scam sendiri adalah kelalaian dan kurang telitinya user pada informasi yang diberikan. Kelalaian ini dimanfaatkan untuk berupaya mengeruk data pribadi dan informasi berharga, atau uang secara langsung dan digunakan dengan cara yang tidak bertanggungjawab oleh pelakunya.

Jenis-Jenis Scam yang Sering Terjadi

scam adalah
Sumber : freepik.com

Karena scam adalah bentuk kejahatan digital yang secara langsung menyasar sejumlah nilai uang, maka jenisnya bisa dibagi ke dalam beberapa poin berbeda.

Kontak Langsung

Jenis scam yang pertama adalah upaya kontak langsung yang dilakukan oleh scammer pada korbannya. Kontak ini bisa dilakukan melalui nomor telepon, media sosial, atau cara lain. Pada dasarnya, jenis pertama ini dicirikan dengan adanya hubungan langsung antara scammer dan calon korban.

Masih ingatkan Anda pada motif penipuan anggota keluarga kecelakaan dan pihak rumah sakit yang menjadi idenitas penipu meminta transfer sejumlah uang? Ini adalah contoh nyata dari scamming yang dilakukan pihak tidak bertanggungjawab demi keuntungan pribadi.

Prakteknya sangat luas dan beragam, bisa menggunakan motif seperti yang disebutkan sebelumnya, motif badan amal, cek palsu, hadiah, diterima di suatu pekerjaan, situasi darurat, dan lain sebagainya.

Scam dengan Voucher

Scam jenis ini sering terjadi di negara atau daerah yang sudah memiliki pola belanja menggunakan voucher. Sederhananya, pelaku akan menghubungi korban dengan mengaku sebagai CS dari suatu layanan atau toko.

Pelaku kemudian meminta pembayaran ulang karena transaksi yang sebelumnya dilakukan tidak berjalan lancar, sehingga dana yang belum diterima oleh penyedia layanan atau produk. Pelaku akan menyampaikan bahwa dana yang berlebih akan dikembalikan dalam waktu tertentu dari pihak bank atau layanan, setelah pembayaran selesai dilakukan.

Scam dengan voucher ini juga dilakukan dengan modus lain, yakni dengan melakukan transfer fiktif berlebih pada akun yang dimiliki korban. Modusnya dengan menghubungi korban, menyatakan adanya pengembalian dana berlebih, dan korban diminta mengembalikan dana tersebut.

Scam Menggunakan Situs Duplikasi

Modus atau jenis scam yang lain adalah menggunakan situs duplikasi, yang menyerupai situs asli dari layanan, produk, atau brand. Modus ini digunakan untuk memanfaatkan kelengahan dari user dalam mencermati informasi.

Hal yang sering digunakan untuk memancing adalah untuk melakukan pengambilan hadiah, promo, potongan harga, atau klaim tertentu. Nantinya user akan diminta memasukkan informasi pribadi atau secara langsung melakukan transfer uang, untuk mendapatkan apa yang menjadi hadiah.

Cara ini cukup sering digunakan, namun jika user atau Anda cukup cermat dalam memperhatikan situs yang digunakan, akan ada perbedaan jelas. Sebagai contoh, misalkan satu brand  memiliki nama MejaKursi dengan situs resmi pada mejakursi.com, scammer bisa saja menggunakan nama mejakurs1.com untuk menyamarkan atau menipu user-nya.

Hal serupa juga terjadi pada media sosial, dengan menggunakan akun palsu yang menyamar sebagai brand aslinya.

Cara Kerja Scammer secara Umum

Secara umum metode scam adalah metode yang digunakan penipu dalam mengelabui korbannya untuk mengirimkan sejumlah uang atau data yang kemudian disalahgunakan. Meski tidak berarti apa yang disampaikan di artikel ini 100% akurat, namun setidaknya berikut cara kerja scammer secara umum.

  1. Kontak pada user atau korban, akan dilakukan oleh scammer dengan berbagai cara dan media.
  2. Scammer akan berupaya meyakinkan dengan informasi, kalimat persuasif dan intimidatif, sehingga membuat korbannya percaya pada apa yang akan diinfokan selanjutnya.
  3. Memancing untuk mengunjungi situs tertentu, menghubungi nomor tertentu, atau melakukan kontak dengan suatu pihak guna mendukung apa yang disampaikan sebelumnya.
  4. Melakukan permintaan transaksi secara langsung atau tidak langsung, dan memintanya mengirimkan pada akun atas nama pribadi.
  5. Melakukan pengecekan, dan menjanjikan klaim dalam tempo waktu tertentu.
  6. Mengakhiri panggilan dengan berbagai alasan, dan tidak dapat dikontak kembali.

Tips Menghindari Upaya Scamming

scam adaalah
Sumber : freepik.com

Karena scamming menitikberatkan pada permintaan transaksi dan data pribadi, maka berikut tips menghindarinya.

  • Tidak merespon email yang meminta data pribadi
  • Cermati halaman yang diakses, pastikan halaman tersebut terverifikasi dan aman
  • Tidak membagikan kode OTP
  • Rahasia password dan username semua jenis akun
  • Pastikan validitas pihak yang menghubungi Anda
  • Senantiasa melindungi data pribadi Anda
  • Hati-hati dalam mengklik tautan
  • Waspadai penggunaan QR Code
  • Waspada dalam memberikan persetujuan akses pada aplikasi, pihak lain, dan sejenisnya
  • Gunakan layanan pengecekan fraud atau scam yang berlisensi dan legal

Verihubs Hadir dengan Identity Verification

Bahasan terkait isu scam adalah satu bahasan yang sebenarnya wajib dipahami manusia modern. Isu keamanan data selalu menjadi fokus dari Verihubs, sehingga setiap perusahaan dan user sama-sama memiliki proteksi optimal. Berbagai fitur Verihubs, salah satunya Identity Verification, dapat membantu perusahaan Anda dalam melakukan all platform verification, sehingga membantu perlindungan akses yang dimiliki. Praktis, cepat, aman, dan legal, Verihubs siap membantu Anda melakukan verifikasi dengan teknologi modern! Hubungi kami sekarang untuk penjelasan lebih lengkapnya.