SLIK OJK untuk Integrasi Data Lembaga Keuangan di Indonesia

slik ojk

Pengajuan pinjaman atau kredit kini akan menggunakan SLIK OJK sebagai bahan acuan utamanya. Memahami apa itu SLIK OJK sangat penting, terutama untuk Anda yang mungkin akan menyelenggarakan layanan keuangan digital atau sistem pembayaran dan pinjaman online seperti yang tengah marak bermunculan belakangan ini.

Penjelasan terkait pengertian, manfaat, dan cara memeriksa SLIK OJK dapat Anda dapatkan di dalam artikel singkat kali ini. Sekali lagi ditekankan, pemahaman atas sistem layanan informasi keuangan ini penting untuk Anda yang berencana menyediakan layanan pinjaman online atau pembiayaan sejenis.

Memahami Apa Itu SLIK OJK

slik ojk
Sumber: freepik.com

SLIK OJK merupakan sebuah sistem yang menggantikan peran krusial dari SID yang dikelola oleh Bank Indonesia. Pada awal 2018 lalu, proses BI Checking yang mengandalkan sistem SID ini digantikan dengan SLIK yang dikelola oleh OJK.

SLIK OJK adalah kependekan dari Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan, dan merupakan sistem informasi yang dikelola oleh OJK. Sistem yang tersedia kemudian dapat mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan pada informasi di bidang keuangan.

Kehadiran sistem ini membantu kerja BI, OJK dan Lembaga Penjamin Simpanan untuk terus berkolaborasi dan saling terhubung. Akses informasi yang dilakukan bisa lebih terbuka, dan informasi penting dapat diperbarui secara aktual.

Secara menyeluruh semua informasi keuangan yang diperlukan OJK, BI, LPS, dan lembaga keuangan legal lain tersedia di dalam arsip sistem ini. Dengan database terpadu, diharapkan kinerja OJK dalam mengelola pinjaman dan kredit akan semakin baik.

Sederet Manfaat dari Keberadaan Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK

slik ojk
Sumber: freepik.com

Manfaat keberadaan sistem seperti ini secara nyata tidak hanya dirasakan oleh pihak kreditur atau pemilik dana saja, namun juga untuk pihak debitur atau pihak yang ingin mengajukan pinjaman. Secara singkat, berikut manfaat untuk keduanya.

Manfaat untuk Kreditur

Beberapa manfaat keberadaan SLIK OJK untuk kreditur adalah sebagai berikut.

  • Mendorong terjadinya transparansi pengelolaan pinjaman kredit secara cepat
  • Meningkatkan efisiensi biaya operasional, karena pengecekan credit score bisa dilakukan dengan cepat
  • Penilaian pada calon debitur bisa dilakukan dengan cepat, efektif, dan akurat
  • Mengurangi tingkat ketergantungan pelapor atau pemberi pinjaman kredit pada agunan konvensional
  • Menurunkan risiko pinjaman atau kredit bermasalah di masa yang akan datang
  • Mempercepat proses analisa dan pengambilan keputusan pemberian kredit atau pinjaman yang diajukan

Jelas, dengan sistem informasi terpadu yang disediakan dan dikelola OJK ini, semua penyedia kredit bisa memiliki database lengkap dan aktual, serta legal dalam aksesnya. Akses pada database ini juga diawasi secara ketat oleh lembaga terkait, sehingga tidak terjadi penyalahgunaan data debitur atau kreditur.

Manfaat untuk Debitur

Pencatatan data yang akurat dan aktual memungkinkan nasabah baru, baik dalam konteks perorangan atau bisnis UMKM, mendapatkan akses lebih luas pada pemberi pinjaman yang tersedia dengan mengandalkan reputasi yang dimiliki dan tercatat di sana.

Keberadaan SLIK juga dapat membantu penerima tanpa kartu kredit dalam menjaga reputasi KTA dan credit score yang dimiliki. Di waktu bersamaan, koreksi catatan dapat dilakukan dengan data terkini sehingga memudahkan perubahan credit score yang dimiliki dalam SLIK OJK.

Cara Cek SLIK OJK dengan Metode Online

slik ojk
Sumber: freepik.com

Sebenarnya cara cek SLIK OJK sendiri bisa dilakukan dengan langsung mendatangi kantor OJK atau kantor cabang yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Namun seiring digitalisasi dan desakan akibat pandemi lalu, OJK mengembangkan sistem cek online yang bisa digunakan.

Berikut tahapannya.

  1. Isi formulir antrian online di laman https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi 
  2. Isi seluruh data yang diminta di dalam formulir secara jelas dan benar
  3. Untuk bagian Kantor OJK, isikan dengan Kantor Pusat OJK yang berada di Jakarta
  4. Data yang harus diisi antara lain adalah nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, NIK, jenis kelamin, email, dan nomor telepon
  5. Lampirkan foto atau scan dokumen asli (KTP atau SIM atau kartu identitas lain) untuk perorangan, atau dokumen identitas pengurus, NPWP Badan usaha, dan akta pendirian.
  6. Tunggu email dari OJK yang berisi bukti registrasi antrian SLIK OJK online
  7. Proses verifikasi akan dilakukan, dan jika selesai akan diberikan persetujuan, Anda harus menghubungi nomor WhatsApp OJK-SLIK yang tertera di email untuk melakukan proses verifikasi data
  8. Setelah selesai, maka iDeb SlIK OJK akan dikirimkan ke email yang Anda masukkan tadi

Cukup mudah bukan?

Proses verifikasi data yang terjadi saat kreditur mengajukan pinjaman akan berlangsung dengan acuan data yang tersedia pada SLIK OJK tersebut. Pada layanan modern dan sudah up-to-date, prosesnya akan dimaksimalkan dengan Verihubs, layanan verifikasi handal yang memberikan solusi praktis urusan data debitur.

Produk Verihubs sendiri dapat membantu sebuah layanan keuangan dalam memastikan identitas dari penggunanya, baik untuk keperluan pendaftaran atau keperluan pengajuan pinjaman. Proses verifikasi akan berjalan cepat dengan acuan database SLIK OJK, sehingga validitasnya tidak perlu diragukan lagi. Untuk Anda yang ingin mengintegrasikan produk Verihubs dengan layanan yang disediakan perusahaan Anda, segera hubungi layanan pelanggan kami dan dapatkan informasi lengkap terkait produknya!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya