Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Pernah Menggunakan SMS OTP untuk Transaksi? Berikut Penjelasannya!

sms otp

Pernahkah Anda diminta memasukkan kode OTP ketika akan melakukan transaksi? Biasanya kode ini akan dikirimkan dengan cara SMS OTP atau WhatsApp OTP. Kedua cara tersebut dijadikan opsi, karena secara langsung melibatkan nomor seluler yang Anda gunakan.

Artikel singkat kali ini kemudian akan membahas lebih dalam mengenai SMS OTP, mulai dari pengertiannya, kegunaan utama dari OTP ini, dan alasan ketika pesan singkat berisi serangkaian kode ini tak kunjung masuk ke perangkat yang Anda gunakan.

Maka tanpa berpanjang lebar, berikut penjelasannya poin demi poin.

Memahami Apa Itu SMS OTP

Sumber : freepik.com

Sebelum membahas SMS OTP, ada baiknya Anda memahami apa itu OTP. OTP merupakan singkatan dari one time password yang digunakan untuk melakukan verifikasi atas permintaan akses yang dilakukan user.

Seperti namanya, one time password benar-benar hanya bisa digunakan dan diperlukan satu kali saja. Setelah user memasukkan kode atau password yang diberikan oleh layanan tertentu, maka password ini tak lagi bisa digunakan. Kode yang dikirimkan juga memiliki masa aktif, antara 1 hingga 2 menit saja sebelum hangus dan tidak dapat digunakan kembali.

SMS OTP kemudian adalah metode pengiriman OTP menggunakan pesan singkat atau short message service. Layanan akan mengirimkan kode unik ke nomor seluler yang Anda gunakan, untuk kemudian dimasukkan pada kolom yang tersedia pada layanan yang Anda gunakan.

Sifat dari OTP yang disampaikan lewat SMS dan WhatsApp adalah rahasia, dan tidak boleh diberikan pada pihak yang tidak secara sadar diberikan kewenangan. OTP bisa jadi kunci untuk masuk  dan mengakses informasi user melalui akun yang dimilikinya.

Kegunaan SMS OTP

Sumber : freepik.com

Secara garis besar kegunaan SMS OTP dan WhatsApp OTP adalah sama. Berikut penjelasannya.

Sebagai Kata Sandi Sekali Pakai yang Aman

Sekilas mungkin OTP terdengar seperti kode PIN yang digunakan dalam melakukan transaksi. Namun perbedaan mendasarnya adalah pada penggunaan OTP dan PIN. PIN digunakan dalam jangka waktu tertentu dan bersifat tetap, sebelum diperbarui dengan kode baru. PIN bisa digunakan berkali-kali selama belum diganti. Ini menyebabkan resiko keamanannya tinggi karena sifatnya lebih statis.

OTP sendiri merupakan kata sandi sekali pakai, atau memiliki masa aktif tertentu, dan akan hangus ketika masa aktif ini terlewati. Ini akan meningkatkan keamanan akun Anda, karena OTP hanya berlaku dalam waktu singkat seperti yang dijelaskan di bagian sebelumnya.

Perlindungan Ekstra saat Melakukan Transaksi

Karena sifatnya yang sementara, SMS OTP ini biasanya digunakan untuk urusan transaksional oleh user. Urusan jangka panjang masih mengandalkan PIN atau password jenis lain, yang sifatnya lebih statis.

Transaksi seperti masuk ke akun jual-beli, akun bank, pinjaman online, dan sebagainya. Atau justru digunakan dalam proses lain seperti penggunaan perangkat baru untuk masuk ke akun yang user miliki.

Sebenarnya secara mendasar, kegunaan SMS OTP adalah untuk membantu meningkatkan proteksi pada akun yang Anda miliki, sehingga tidak mudah dibobol atau dibajak oleh orang tidak bertanggung jawab.

Kode ini sendiri akan secara otomatis terkirim ketika user melakukan permintaan akses pada akun yang dimilikinya, sebagai prosedur standar pada beberapa akses. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan kode SMS OTP tidak diterima di perangkat user bersangkutan.

Apa Penyebabnya?

Sumber : freepik.com

SMS OTP memerlukan kondisi tertentu agar dapat diterima oleh perangkat user. Pertama adalah nomor yang dimasukkan tepat, dan ketersediaan jaringan.

Beberapa skenario bisa terjadi, dan membuat kondisi di atas tidak terpenuhi. Skenario yang dapat menyebabkan SMS OTP tidak diterima oleh perangkat user, atau mengalami penundaan, antara lain adalah sebagai berikut :  

  • Kesalahan memasukkan nomor seluler, kesalahan mendasar yang pertama mengapa perangkat tidak menerima kode OTP via pesan singkat adalah karena nomor seluler yang dimasukkan tidak tepat. Bisa disebabkan karena kesalahan input, atau mungkin nomor yang dimasukkan tidak digunakan lagi.
  • Kendala pada operator, penggunaannya sangat bergantung pada jaringan yang disediakan oleh operator seluler user. Ketika operator mengalami masalah atau sedang melakukan perawatan jaringan, maka bisa saja pesan singkat berisi OTP tidak diterima atau mengalami penundaan. 

Penggunaan SMS OTP hingga saat ini masih menjadi salah satu cara verifikasi dan autentikasi yang akurat, karena secara langsung akan terhubung dengan nomor seluler yang digunakan oleh user. Tentu, pengelolaan data yang sangat besar harus dilakukan dengan akurat, sehingga SMS OTP tidak salah sasaran dan justru membahayakan user.

Verihubs dengan Phone Number Verification Andalannya

Verihubs menjadi salah satu perusahaan paling unggul untuk urusan autentikasi dan verifikasi terkait permintaan akses yang dilakukan oleh user. Dengan kemampuan pengelolaan data yang sudah teruji, Verihubs akan menjadi solusi menyeluruh atas proteksi data dengan berbagai metode verifikasinya. Verihubs juga mampu membantu proses SMS Global OTP dengan WhatsApp Global OTP dengan Phone Number Verification yang akurat. Untuk turut menggunakan produk Verihubs, segara hubungi perusahaan kami dan ajukan demo sekarang juga!