Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Butuh Solusi Chatbot Pemasaran untuk Bisnis? Ikuti 3 Tips Ini

solusi chatbot

Sebagian besar bisnis telah bertransformasi digital, dan mungkin Anda pun termasuk salah satunya. Nah, pertanyaannya, mengapa solusi chatbot diperlukan untuk bisnis?

Pada dasarnya, chatbot adalah aplikasi komputer yang berkomunikasi dengan pengguna berdasarkan skenario yang telah ditentukan sebelumnya atau dengan bantuan kecerdasan buatan (AI). Teknologi chatbot menjadi solusi cerdas bisnis saat ini yang ingin memberikan pelayanan pelanggan terbaik. Dikatakan demikian, karena teknologi ini mampu memberikan pesan balasan ke banyak pelanggan secara otomatis dalam hitungan detik, di mana hal ini tentu tidak bisa dilakukan oleh seorang customer service.

Selain itu, chatbot juga bisa diandalkan sebagai solusi pemasaran bisnis. Chatbot pemasaran merupakan sarana untuk mempromosikan produk dan layanan melalui penggunaan sebuah bot percakapan. Sebagai alat otomatisasi pemasaran, chatbot digunakan untuk membantu bisnis dalam menghasilkan prospek yang lebih baik, menawarkan diskon yang bertarget, dan melakukan tugas otomatisasi pemasaran lainnya.

Lantas, bagaimana chatbot pemasaran dapat menguntungkan bisnis Anda? Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Keuntungan Menerapkan Chatbot Pemasaran pada Bisnis

solusi chatbot
Sumber: Freepik

Berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, jika Anda menerapkan chatbot sebagai solusi pemasaran bisnis Anda.

1. Segmentasi Calon Pelanggan Potensial dan Fasilitasi Pemasaran Lebih Bertarget

Setiap calon pelanggan tentunya memiliki tujuan dan preferensi yang berbeda terkait produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan. Nah, chatbot pemasaran dapat mensegmentasikan prospek ini berdasarkan interaksi mereka dan variabel lainnya.

Chatbot dapat mengidentifikasi setiap petunjuk penting dalam pertanyaan yang telah diajukan, misalnya jika pengguna meminta detail harga maka chatbot dapat mendeteksinya sebagai niat untuk membeli. Kemudian, chatbot akan menyarankan pengguna untuk memesan atau memberikan penawaran khusus lainnya. 

Singkatnya, chatbot pemasaran akan membantu Anda dalam mengkategorikan pelanggan potensial dan membuat interaksi dengan mereka menjadi lebih personal. Pesan yang disesuaikan ini, akhirnya akan mengajak mereka untuk berinteraksi lebih lanjut.

2. Menghasilkan Banyak Prospek yang Berkualitas

Memang tidak mudah untuk memutuskan prospek mana yang layak untuk dikejar. Selain itu, penyaringan prospek dalam setiap tingkatan juga menghabiskan banyak waktu. Jadi, solusi chatbot pemasaran dapat digunakan untuk mengajukan pertanyaan penting guna memenuhi syarat prospek, yang nantinya akan menghemat waktu dan sumber daya tim pemasaran Anda.

Selain itu, prospek berkualitas juga dapat diidentifikasi berdasarkan pertanyaan yang mereka ajukan dan tindakan yang mereka ambil. Sebagai contoh, pengguna akan diberi skor prospek jika mereka melihat pesan broadcast, bertanya soal harga, meminta atau mengunduh brosur, atau berlangganan informasi terbaru mengenai bisnis Anda. Skor prospek yang lebih tinggi juga dapat diberikan ketika mereka sudah melengkapi detail kontaknya, menyelesaikan kuis, atau membagikan informasi mengenai chatbot.

Sebaliknya, poin negatif akan diberikan kepada pengguna jika terdapat sentimen negatif terdeteksi oleh chatbot, seperti keluhan. Setelah mengkategorikan prospek yang ada, maka chatbot Anda juga dapat mengarahkan calon pelanggan tersebut ke tim penjualan untuk langkah berikutnya, sehingga transaksi penjualan terfasilitasi dengan lebih cepat.

3. Tindak Lanjut Penjualan Menjadi Otomatis

Seringkali, transaksi pembelian tidak langsung berhasil pada saat interaksi awal, karena butuh komunikasi dan tindak lanjut yang konsisten. Jika Anda mengirimkan tindak lanjut secara manual, maka Anda berisiko terlambat mengirimnya atau tidak pernah mengirimnya sama sekali. Nah, dengan solusi chatbot maka tim pemasaran Anda dapat mengirimkan serangkaian pesan tindak lanjut yang sudah dipersonalisasi, yang nantinya dapat membantu pelanggan dalam bertransaksi serta mengubahnya menjadi prospek yang berkualitas.

4. Menargetkan Kembali Iklan

Penargetan ulang iklan akan menjadikan pengalaman belanja pelanggan lebih personal dengan mengambil data percakapan dan mengubahnya menjadi iklan di platform lain. Hal ini juga akan menghasilkan prospek dengan menargetkan pengunjung lama dan menghimbau mereka untuk kembali ke chatbot atau situs website Anda guna menyelesaikan transaksi pembelian.

Misalnya, seorang calon pembeli sedang mencari sepatu baru sehingga ia akan memulai percakapan dengan chatbot Anda, bertanya mengenai rekomendasi terbaik yang nantinya akan ditambahkan ke keranjang belanjanya. Namun, dikarenakan satu dan lain hal, ia memutuskan tidak langsung menyelesaikan transaksi pembelian tersebut. Kemudian, pada saat mulai browsing di sosial media, ia akan melihat iklan sepatu yang sama yang sudah ia tambahkan ke troli sebelumnya. Ketika ia membuka iklan tersebut, maka ia akan berinteraksi kembali dengan chatbot untuk menyelesaikan proses pembelian.

Baca juga: Fast Respon, Wajib Disediakan untuk  Pengalaman Terbaik

Tips Memilih Solusi Chatbot Pemasaran untuk Bisnis

solusi chatbot
Sumber: Freepik

Jika sudah tahu bagaimana chatbot bisa menjadi solusi yang efektif untuk pemasaran bisnis, maka sudah saatnya Anda mengetahui bagaimana cara memilih chatbot yang tepat. Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Tentukan Tujuan Pemasaran dan KPI Bisnis

Sebelum memilih solusi chatbot, sangat penting bagi Anda untuk menetapkan tujuan pemasaran yang ingin dicapai dan KPI terkait terlebih dahulu. Apakah Anda bermaksud untuk menjual produk yang sudah ada, mempromosikan yang baru, atau sekadar ingin menghasilkan prospek yang bagus? Selain itu, metrik apa yang akan Anda gunakan untuk mengukur target tujuan Anda juga perlu ditentukan.

Menyisihkan waktu dalam mencari jawaban dari pertanyaan di atas akan sangat membantu Anda dalam menghasilkan imbal balik investasi yang maksimal di masa mendatang. Bagaimanapun, teknologi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar bisa memberikan hasil yang nyata untuk bisnis Anda, bukan hanya untuk ikut-ikutan semata.

2. Pilih Saluran yang Tepat untuk Penerapan Chatbot

Tips berikutnya, Anda perlu mempertimbangkan saluran mana yang tepat untuk solusi chatbot pemasaran Anda, misalnya Whatsapp, atau saluran perpesanan lainnya. Dari sini Anda dapat memutuskan solusi chatbot pemasaran yang tepat dan memprogramnya supaya bisa berfungsi secara optimal di saluran yang Anda pilih. 

Saluran Whatsapp sangat cocok jika dukungan pelanggan dan privasi data adalah prioritas utama Anda. Pasalnya, Whatsapp tidak mengizinkan pengiriman pesan di luar dari promosi dan di enkripsi secara end-to-end untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain yang dapat membaca atau mendengarkan seluruh isi percakapan selain Anda dan orang yang diajak berkomunikasi, bahkan pihak Whatsapp sekalipun.

3. Tentukan Penyedia Chatbot

Jika Anda sudah berhasil melakukan kedua tips sebelumnya, maka kini saatnya memilih penyedia chatbot yang tepat untuk bisnis Anda. Seiring peningkatan penggunaan chatbot yang terus berkembang di mana-mana, jumlah opsi penyedia juga menjadi lebih bervariasi. Namun, Anda akan menjadi lebih mudah untuk memilih jika Anda sudah menentukan dengan jelas, apa tujuan pemasaran dan saluran dari chatbot pemasaran yang akan Anda gunakan.

Baca juga: Mengenal Chatbot Flow, 3 Tipe dan Cara Membangunnya

Veriflow Hadir Menawarkan Solusi Chatbot Terbaik untuk Bisnis Anda!

Apa itu Veriflow? Veriflow adalah salah satu produk dari Verihubs yang akan membantu perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi lebih menyenangkan, dengan otomatisasi jawaban FAQ dari pelanggan, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti untuk memberikan informasi yang tepat.

Melalui chatbot yang terintegrasi dengan Whatsapp, maka akan mempermudah bisnis Anda dalam memberikan pelayanan 24 jam nonstop, dan membantu merespon pelanggan menjadi lebih cepat. Veriflow juga dapat meningkatkan efektifitas serta fleksibilitas alur verifikasi pengguna sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Karena menggunakan teknologi yang tinggi, maka proses mengubah flow verifikasi menjadi lebih cepat karena tidak memerlukan coding dan melibatkan engineer Anda. Bahkan, fitur ini sudah terintegrasi dengan sistem verifikasi, sehingga mampu mempercepat proses onboarding di Whatsapp dan memvalidasi identitas pelanggan Anda.

Dengan menerapkan Veriflow, Anda bisa memberikan rasa nyaman dengan komunikasi yang lebih ramah kepada pelanggan. Hubungi kontak layanan Verihubs sekarang! Sudah saatnya meninggalkan percakapan yang kaku, dan mengubahnya menjadi lebih menyenangkan.