6 Manfaat dan Penggunaan Teknologi Face Recognition

teknologi face recognition

Teknologi face recognition menjadi sebuah hal yang semakin populer, karena fleksibilitas penerapannya yang sangat luas. Mengandalkan fitur dan profil wajah seseorang sebagai faktor kunci dalam melakukan pengenalan, teknologi ini nyata manfaatnya di berbagai sektor industri dan kehidupan.

Secara sederhana, face recognition adalah teknologi yang dapat mengenali atau mengkonfirmasi identitas seseorang menggunakan data dari wajah yang dimasukkan. Sistem ini dapat mengenali wajah melalui citra foto, citra video, atau hasil pemindaian secara langsung.

Akurasinya yang tinggi menjadikan teknologi tersebut banyak digemari dan terus dikembangkan untuk dapat disempurnakan di kemudian hari.

Sederet manfaat dan penggunaannya dalam industri serta kehidupan nyata dapat Anda cermati di sini.

Baca Juga: Teknologi Zaman Now, Bagaimana Cara Kerja Face Unlock?

1. Pada Sektor Fintech

teknologi face recognition

Sumber: freepik.com

Pada sektor fintech, Anda dapat menggunakannya untuk penerapan prosedur know your customer. Onboarding secara online kini menjadi hal yang ideal dilakukan, sebab user layanan tersebar dan tidak lagi memiliki banyak waktu untuk mengurus administrasi ke kantor secara langsung.

Proses pengenalan, input data, penyelesaian administrasi, dan verifikasi dapat berjalan dengan mudah berkat bantuan teknologi face recognition ini. Memanfaatkan perangkat kamera yang ada di smartphone milik user, Anda dapat melakukan verifikasi dengan cepat dan efektif.

Praktek penggunaannya sendri umum ditemukan pada layanan mobile banking, serta jasa pinjaman dana online. Verifikasi dilakukan dengan meminta swafoto dari user dan dapat dilengkapi dengan foto kartu identitas, guna melakukan pencocokan antara foto user dengan foto yang ada di kartu identitasnya.

2. Industri Hospitality

Satu hal yang dikedepankan dari jenis industri ini adalah kenyamanan, kecepatan, dan waktu yang menyenangkan bagi pelanggannya. Teknologi pengenalan wajah menjadi relevan ketika hal ini diterapkan pada proses check-in, baik di fasilitas hotel atau di transportasi umum seperti bandara.

Kemudahan yang disediakan dengan face recognition membawa pelanggan dan user ke tingkat yang lebih baik. Check-in yang awalnya dilakukan secara manual dengan memasukkan nama, identitas diri, serta KTP, dapat dilakukan hanya dengan menghadap pada mesin pemindai saja.

Dalam tempo beberapa detik, data pelanggan akan diketahui oleh resepsionis dan kemudian diverifikasi secara langsung. Proses check-in yang singkat dan cepat memberikan kenyamanan yang lebih baik pada user, dan kepuasan yang juga lebih tinggi.

3. Sektor Akademik

teknologi face recognition

Sumber: freepik.com

Menjelang pergantian tahun ajaran baru, akan banyak dilakukan tes dan ujian yang melibatkan banyak orang. Pada urusan tes masuk perguruan tinggi misalnya, lembaga pendidikan akan dihadapkan pada tantangan melakukan verifikasi identitas calon mahasiswa yang datang, dengan jumlah yang tidak sedikit.

Ketika penerapan teknologi face recognition dilakukan, maka proses verifikasi identitas ini dapat berjalan dengan lebih cepat. Tidak lagi perlu melakukan verifikasi manual dengan mencocokkan data pada kartu peserta dengan data pada KTP, karena dengan pemindaian wajah saja sistem dapat mengenali peserta ujian.

Hal ini juga dapat menekan risiko adanya peserta ujian ilegal yang masuk dengan motivasi melanggar aturan yang telah ditetapkan. Ujian berjalan dengan aman, dan proses verifikasi tidak akan memakan waktu lama.

4. Aparat Kepolisian dan Keamanan

Pada sektor keamanan, face recognition juga dapat dimanfaatkan oleh aparat penegak hukum. Pengenalan wajah dari citra CCTV atau rekaman yang didapatkan dengan mudah dapat membantu identifikasi pelaku kejahatan atau korban yang menderita kerugian.

Secara riil, praktek ini sebenarnya telah dilakukan dengan proses identifikasi pelanggan peraturan lalu lintas. CCTV yang dipasang pada beberapa titik strategis dapat menangkap citra wajah dari pelanggar lalu lintas, kemudian melakukan notifikasi pada pelanggar tersebut melalui email.

Nantinya proses hukum akan dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku. Bila terjadi kesalahan identifikasi, terduga pelaku dapat mengajukan pembelaan.

5. Urusan Presensi Kantor

teknologi face recognition

Sumber: freepik.com

Penerapan teknologi ini yang paling sederhana salah satunya adalah pada presensi kantor. Beberapa waktu lalu ketika model presensi sidik jari tidak lagi didukung situasi dan kondisi, presensi dilakukan melalui pemindaian wajah dari karyawan.

Hasilnya adalah kualitas presensi yang jauh lebih baik karena minim akan tindakan kecurangan, proses yang lebih cepat, dan akurasi pencatatan yang lebih baik. Secara tidak langsung, verifikasi wajah pada presensi di kantor juga meningkatkan performa bisnis di sektor pencatatan kehadiran.

Jelas hal ini masih dapat diperluas dengan verifikasi akses pada file tertentu atau lokasi tertentu yang ada di kantor. Semua fleksibel, dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

6. Pada Industri Umum

Secara umum, teknologi face recognition dapat membantu urusan registrasi pengguna baru dan verifikasi dalam melakukan pengaturan password ulang. Verifikasi wajah dapat dilakukan untuk memastikan bahwa user legal merupakan pihak yang mengajukan upaya registrasi, atau permintaan pengaturan ulang password ini.

Penerapannya dapat dilakukan di hampir setiap layanan digital yang saat ini ada dan digunakan di masyarakat.

Baca Juga: AI Face Recognition, Kini dan Nanti 

Teknologi face recognition sepertinya akan menjadi standar baru dalam urusan verifikasi dan proteksi akses atas akun yang ada di seluruh dunia. Jelas, dalam penerapannya Anda wajib memilih produk berkualitas dan handal, seperti yang disediakan oleh Verihubs.

Verihubs dengan Face Recognition-nya

Verihubs kemudian hadir sebagai solusi atas kebutuhan Anda pada teknologi face recognition yang handal, fleksibel, namun tetap solid dan dapat dipertanggungjawabkan akurasi verifikasinya. Dengan menggunakan bantuan dari teknologi AI, proses pengenalan wajah akan berlangsung dalam hitungan detik saja, tanpa membuat pelanggan menunggu lama. Anda dapat segera menggunakan produk yang kami sediakan dengan menghubungi layanan pelanggan kami, dan mengajukan penggunaan produk di sistem yang Anda miliki. 

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya