Pentingnya Transformasi Digital dan Peranannya bagi Bisnis

transformasi digital

Digitalisasi yang telah terjadi di segala aspek memaksa perusahaan atau bisnis untuk terus beradaptasi, salah satunya adalah melalui transformasi digital. Transformasi digital telah membawa dampak positif untuk berbagai aspek kehidupan. Melalui transformasi digital, perusahaan bisa mendapatkan cara pandang baru dalam mengelola perusahaan, mengoptimalkan operasional perusahaan, dan mengubah model bisnis menjadi lebih efisien. Jadi, bisa dikatakan bahwa transformasi digital adalah transformasi bisnis di era modern. Ungkapan ini memang tengah menjadi hal yang umum di era digitalisasi. Itu karena setiap organisasi semakin bergantung pada data dan teknologi untuk beroperasi lebih efisien dan memberikan nilai kepada pelanggan.

Dengan transformasi digital, maka perusahaan maupun bisnis dapat bertahan dalam persaingan melawan para kompetitor. Kita bisa mengambil contoh Gojek dan Grab yang menerapkan transformasi digital dengan membuat aplikasi online yang mampu memudahkan masyarakat dalam memesan ojek, taksi, makanan dan minuman, hingga kebutuhan sehari-hari. Dengan adanya layanan tersebut, maka dapat mengurangi aktivitas di luar rumah.

Pentingnya Transformasi Digital bagi Bisnis dan Perusahaan

transformasi digital

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa transformasi digital sangat penting untuk keberlangsungan bisnis maupun perusahaan.

1. Mampu beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen

Kemajuan teknologi dan transformasi digital saat ini telah membawa perubahan pada perilaku pelanggan atau konsumen. Perubahan yang paling mendasar yaitu minat konsumen untuk berbelanja secara langsung dengan mendatangi toko telah berkurang. Saat ini, sebagian besar konsumen lebih tertarik untuk melakukan transaksi online karena lebih praktis dan efisien. Hanya dengan smartphone yang terhubung dengan koneksi internet, maka konsumen dapat membeli berbagai kebutuhan mereka. Itu artinya, mereka tidak perlu mengkhawatirkan jalanan yang macet, cuaca buruk, atau menunggu lama saat antre.

Nah, supaya bisnis tetap berjalan dengan lancar, maka sebagai pebisnis Anda harus melakukan transformasi digital untuk dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut. Misalnya dengan membuat toko online, dan mengoptimalkan pemasaran produk atau jasa dengan digital marketing. Saat ini sudah banyak pebisnis yang membuat website atau memanfaatkan marketplace untuk membuka toko online

2. Meningkatkan kepuasan konsumen

Transformasi digital juga akan memudahkan konsumen dalam memperoleh informasi terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan tanpa batasan waktu dan tempat. Pelayanan juga dapat dilakukan secara lebih optimal, baik dalam proses transaksi pembelian, pengiriman, hingga komplain atas kendala yang mungkin terjadi maupun cara mengatasinya. Dengan begitu, adanya transformasi digital akan mampu meningkatkan kepuasan bagi konsumen.

3. Lebih menghemat waktu dan biaya

Dalam mengaplikasikan teknologi digital untuk bisnis, perusahaan akan memperoleh banyak keuntungan dari sisi efisiensi waktu, serta penghematan biaya pengeluaran. Misalnya jika Anda memiliki bisnis dengan cabang yang tersebar di berbagai kota, pengiriman dokumen antar cabang bukan lagi menjadi suatu masalah. Pasalnya, data atau dokumen dapat dengan mudah di share melalui Google Drive. Selain itu, pengaplikasian teknologi digital juga memungkinkan bisnis kecil dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Jika sebelumnya pemasaran hanya dilakukan dengan membayar iklan di televisi atau media cetak, kini pemasaran dapat dilakukan secara online

4. Upaya yang efektif dan efisien

Setelah terjadinya transformasi, semua sistem akan terkomputerisasi dan terintegrasi. Pelayanan terhadap konsumen dan pemasaran juga dapat berjalan secara lebih optimal. Selain itu, kemungkinan human error juga dapat diminimalisir. Hal ini merupakan upaya yang efektif dan efisien, tidak hanya waktu dan biaya, namun juga tenaga.

5. Mengurangi risiko kecurangan internal

Pengembangan IT beserta segala sistem yang terkomputerisasi dan terintegrasi adalah suatu bentuk dari transformasi digital. Hal itu dapat mengurangi risiko kecurangan yang terjadi di internal perusahaan, karena setiap data informasi dan laporan akan terekam dalam database. Selain itu juga ada sistem keamanan yang membuat akses pada data penting, hanya terbatas pada orang yang punya otoritas saja.

6. Meningkatkan nilai saing dan profit

Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, ada lebih banyak sekali tantangan yang harus dihadapi dalam menjalankan suatu bisnis. Salah satunya adalah ketatnya persaingan bisnis. Laju bisnis di era digital ini terus bergerak dinamis dan sangat cepat. Supaya tidak kalah dalam persaingan antar bisnis atau setidaknya bisa bertahan di pasar, maka setiap pebisnis harus meningkatkan nilai saing dengan melakukan transformasi digital. Dengan demikian profit juga dapat meningkat.

7.  Membuat customer journey lebih simple dengan standar keamanan lebih unggul

Transformasi digital dalam hal memperkuat perlindungan data adalah salah satu hal wajib yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya, perlindungan data diperlukan supaya data tidak mudah dieksploitasi oleh penjahat siber. Sebagai contoh, jika pada umumnya, autentikasi yang digunakan untuk mengakses suatu sistem adalah dengan SFA (single factor authentication). Namun, semenjak bank dan banyak perusahaan lainnya kini menggunakan online banking dan e-commerce untuk menjalankan bisnisnya atau menyimpan data, maka keamanan autentikasi pun sekarang sudah beralih menggunakan 2FA (two factor authentication).

Dengan adanya autentikasi semacam ini, itu artinya hanya orang yang benar-benar berwenang saja yang dapat mengakses suatu sistem, file, atau aplikasi. Jadi, dalam rangka transformasi digital pastikan bisnis Anda menggunakan 2FA. Dengan teknologi berbasis AI yang canggih dan mudah digunakan dari Verihubs, maka customer journey akan lebih simple dan tentunya dengan standar keamanan lebih unggul.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Transformasi Digital Bisnis?

transformasi digital

Dalam hal ini, waktu yang tepat untuk memulai transformasi digital adalah sekarang. Sebab, saat ini banyak teknologi dengan harga terjangkau. Selain itu, perkembangan teknologi semakin memanjakan user dengan experience yang mudah untuk digunakan. Alasan lain adalah untuk mengurangi risiko kecurangan-kecurangan bisnis. Ingat, sekarang adalah era kecepatan. Itu artinya, jika Anda lambat maka akan terlambat! 

Pastikan Transformasi Digital Perusahaan Berjalan Efisien, Terkontrol, dan Lancar!

Bagaimana, sekarang sudah semakin paham kan betapa pentingnya transformasi digital bagi bisnis maupun perusahaan? Maka dari itu, Anda perlu mengembangkan infrastruktur perusahaan digital dengan sistem keamanan dan otomatisasi yang terintegrasi. Seperti Verihubs yang memiliki teknologi verifikasi, otentikasi, dan berbagai layanan lainnya yang bisa menunjang keamanan data bisnis maupun customer. Dari satu partner, Anda bisa mendapatkan semua komponen krusial untuk menyukseskan pembangunan infrastruktur perusahaan digital dan fintech Anda:

  • Verifikasi dan kelola informasi pelanggan dengan lebih mudah dan akurat.
  • Efisiensikan operasional dengan teknologi modern.
  • Investasi Teknologi Informasi (TI) terintegrasi dengan modal yang lebih hemat.
  • Sesuaikan solusi terbaik dari berbagai pilihan modul sistem (customizable).

Jika saat ini Anda sedang membutuhkan solusi infrastruktur lengkap untuk produk digital perusahaan Anda, jangan ragu untuk menghubungi tim Verihubs.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya