Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Pentingnya User Experience (UX) pada Aplikasi Bisnis Digital

user experience adalah

Bukan rahasia lagi jika hampir semua orang menginginkan kenyamanan dalam membaca website atau menggunakan aplikasi bisnis digital. Aplikasi yang nyaman digunakan sudah pasti akan terus digunakan secara berulang oleh user, dan sebaliknya jika aplikasi terasa berat, lambat, dan tidak nyaman dipandang maka akan menghasilkan user experience yang tidak baik. User experience adalah satu hal penting yang tidak boleh diabaikan.

Apa itu user experience? User experience (UX) adalah bagaimana pengalaman user dalam mengakses suatu website atau aplikasi bisnis digital. Beberapa komponen yang diperhatikan dalam hal tersebut di antaranya adalah kemudahan akses fitur, proses transaksi, hingga tampilan website atau aplikasi itu sendiri.

User experience adalah pengalaman user saat berinteraksi atau menggunakan produk atau layanan Anda, di mana pengalaman tersebut dilihat dari mudahnya user dalam menemukan apa yang mereka inginkan. Sederhananya, UX tidak akan menyulitkan user untuk mencapai tujuan mereka, sebagai contoh saat mereka mengakses halaman situs website loading-nya sangat cepat, tampilan website mobile friendly, tampilan menu tidak berbelit-belit, dan lain sebagainya.

Pentingnya User Experience

user experience adalah
Sumber: Freepik

Memangnya, sepenting apakah UX untuk para user dan designer-nya? User experience yang baik akan menghasilkan user yang bahagia, di mana mereka tidak akan segan untuk menggunakannya kembali atau mempromosikan kepada teman-temannya. Kemudian, user yang puas juga dapat menjadi loyal dan tetap akan bertahan menggunakan aplikasi yang mereka senangi. Dengan begitu, maka awareness dari brand pun akan terus naik. Selain itu, berikut ini ada beberapa poin penting yang menjadi alasan kenapa penerapan user experience yang baik sangat diperlukan.

1. UX yang Baik sebagai Investasi

Membuat website atau aplikasi tentunya membutuhkan uang, waktu, dan tenaga yang banyak. Pembuatan website, aplikasi, e-commerce, serta marketplace pun pastinya akan dimonetitasi. Perlu dipahami bahwa semakin baik UX-nya, maka akan semakin naik pula traffic-nya. Sehingga modal yang dikeluarkan dalam pembuatannya juga akan kembali dan malah bisa menjadi untung. Maintenance pun harus sering dilakukan demi memperbaiki kualitas user experience.

2. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Ternyata, UX yang baik berbanding lurus dengan produktivitas seseorang. Contohnya, aplikasi atau website bank yang digunakan oleh banyak orang setiap harinya. Mungkin dari beberapa penggunanya memiliki kegiatan yang berhubungan dengan perbankan, seperti transfer atau lainnya. Coba bayangkan, apa jadinya jika aplikasi atau website tidak memiliki UX yang baik? Tentunya, produktivitas akan menjadi terhambat. Aplikasi yang dikira akan mempermudah hidup, ternyata justru malah menjadi tidak efisien.

Contoh lainnya adalah e-commerce, di mana jika dalam sehari aplikasi sangat efisien digunakan tanpa harus melewati fase lambat dan down, maka penjualan pasti akan terus naik secara cepat.

3. Meningkatkan Kepuasan User

Anda bisa membayangkan jika aplikasi atau website merupakan jalan keluar bagi masalah user-nya, maka sudah dapat dipastikan bahwa mereka akan kembali lagi dan menggunakan aplikasi Anda.

Bagaimana Proses Penerapan User Experience yang Baik?

Setidaknya ada tiga proses dalam mendesain user experience yang baik, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencari tahu siapa saja target audience yang akan disasar dari website atau aplikasi yang Anda buat.
  2. Memahami tujuan utama perusahaan dan juga pengaruhnya terhadap para user.
  3. Mengaplikasikan ide yang out-of-the-box untuk menciptakan website atau aplikasi yang dapat dinikmati oleh para user.

Tips Merancang User Experience yang Baik Adalah Sebagai Berikut:

user experience adalah
Sumber: Freepik

User experience merupakan salah satu hal yang dapat terus berubah seiring perkembangan zaman, di mana selera, fungsi, dan juga tren sangat mempengaruhi UX seiring berkembangnya zaman. Bagi Anda yang baru saja ingin menciptakan sebuah website atau aplikasi, ada syarat-syarat mutlak dalam merancang user experience yang bisa Anda jadikan sebagai pedoman. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Ciptakan Aplikasi/Website dengan Sentuhan Personal

Walaupun website atau aplikasi bentuknya mesin, namun user tetap ingin merasa bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan manusia. Maka dari itu, salah satu tantangan UX designer adalah menciptakan aplikasi atau website dengan sentuhan personal supaya tidak terasa kaku. Buatlah aplikasi yang membuat user tidak merasa sedang berbicara dengan robot, misalnya dengan cara menambahkan feedback berupa tulisan.

2. Buat Rancangan UX yang Kontekstual

Seorang creator atau desainer tentu menginginkan user sangat mengerti dengan apa yang diciptakan. Maka dari itu, rancangan UX semestinya berfungsi sebagai petunjuk user saat menggunakan aplikasi atau website. Jangan sampai aplikasi atau website yang dibuat justru membuat user merasa tersesat atau lelah menggunakannya.

3. Pastikan User Tidak Kesulitan Mencari Aplikasi Anda

User pastinya tidak mau menghabiskan waktunya untuk mencari aplikasi Anda saat ingin menggunakannya. Inilah saatnya Anda merancang dari segi thumbnail, logo, atau fungsinya supaya lebih mudah ditemukan dan dikontrol.

4. Aplikasi/Website Harus Mudah Digunakan

Pastikan Anda tidak terlalu susah dalam membuat website atau aplikasi. Pasalnya, user experience yang baik adalah di mana user merasa enjoy dan tidak merasa kesusahan dengan segala fungsi yang ada di dalamnya. Buatlah secara konsisten dan tidak bertele-tele supaya user tetap merasa nyaman saat menggunakannya.

5. Buatlah Fungsi dari Aplikasi/Website yang Simple

Ternyata, terlalu banyak tulisan di dalam aplikasi atau website Anda merupakan sebuah kesalahan besar. Buatlah fungsi dari aplikasi atau website tetap simple, jangan menggunakan banyak deskripsi di dalam box yang sempit.

Baca juga: 4 Langkah Membuat Produk yang End User Friendly

Seiring dengan perkembangan teknologi digital hingga saat ini, keinginan user terhadap pengalaman menggunakan website atau aplikasi bisnis digital juga semakin kompleks. Hal ini tentu saja akan menjadi tantangan tersendiri bagi para perancang user experience atau UX designer.

Mengingat user experience adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan kesuksesan bisnis, maka pastikan Anda benar-benar memperhatikannya. Sebagai pelaku bisnis Anda pun perlu memanfaatkan layanan verifikasi dari Verihubs yang akan meningkatkan user experience pada aplikasi bisnis digital Anda. Beberapa layanan yang bisa diimplementasikan pada bisnis Anda di antaranya adalah Phone Number Verification, Identity Verification, Biometric Verification, Business Verification, hingga Employee Verification. Tentunya, Anda bisa membangkan infrastruktur digital perusahaan Anda dengan sistem keamanan yang otomatis dan terintegrasi di Verihubs.

Jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan kami untuk penjelasan berbagai produk Verihubs secara lebih detail.