Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Username Artinya Identitas di Dunia Maya, Inilah Kegunaannya

username artinya

Saat membuat akun media sosial, blog, email, pastinya ada kewajiban untuk membuat username dan password. Username maupun password sebenarnya bukan merupakan hal baru lagi, sebab telah menjadi pengetahuan umum. Namun sayangnya, tidak semua orang memahami dan mengerti kedua hal ini, terlebih lagi bagi para pemula dan orang tua yang baru saja mengenal dunia internet yang luas ini. Username artinya apa? 

Secara basic, untuk dapat mendapatkan akun dasar seperti Google dan email, setiap pengguna diharuskan untuk menentukan nama atau username beserta kata sandinya alias password. Tentu saja, hal ini akan menyulitkan bagi sebagian orang yang baru ingin membuat dan mendaftarkan akun. Namun tak perlu khawatir, karena seperti sifatnya yang dasar, ini adalah pengetahuan yang bisa dipelajari setiap orang dengan cepat dan praktis. Mari mengetahui username artinya apa, dan perbedaannya dengan password, serta manfaatnya bagi setiap pengguna internet.

Username artinya adalah nama identitas seseorang yang dipakai di dunia maya, di mana username ini hanya satu bagi setiap pengguna yang terdaftar, jadi tidak mungkin ada orang yang menggunakan username sama antara satu dengan lainnya.

Username Artinya Identitas Pengguna, Inilah Kegunaannya:

username artinya
Sumber: Freepik

Sifat username adalah unik, artinya satu username hanya bisa digunakan oleh satu orang atau tidak boleh sama. Untuk masuk ke Instagram, Twitter, atau lainnya, setiap pengguna membutuhkan username dan password yang dapat dibuat pada saat melakukan pendaftaran akun tertentu. Username ini bisa dibuat jika pengguna telah memiliki akun. Adapun untuk membuat akun pada umumnya, setiap pengguna harus menyiapkan email dan password.

Meskipun menjadi persyaratan dasar, namun masih banyak yang menyepelekan membuat username dan password. Sebagian besar orang justru membuat username secara asal, begitu pun juga dengan pembuatan password-nya. Mereka tidak memikirkan bahwa membuat kombinasi secara serampangan akan berakibat membahayakan keamanan akun sosial medianya. Hacker akan dengan mudah membobol akun media sosial dan menggunakanya untuk berbuat kejahatan.

Pada dasarnya, username dibuat untuk memberikan identitas setiap pengguna di dunia maya yang mempunyai jutaan identitas dan agar pengguna dapat menemukan identitasnya sendiri dengan mudah. Sedangkan password bertujuan untuk mengamankan identitas pengguna dari pencurian dan membedakannya dari identitas username yang mungkin hampir serupa. Jadi, tentu saja kedua hal ini menjadi perpaduan yang sempurna untuk menentukan tempat setiap pengguna di dunia maya. Selain itu juga dapat membantu mengamankan semua informasi dari peretasan yang berkemungkinan terjadi.

Cara Membuat Username dan Password

username artinya
Sumber: Freepik

Username adalah langkah awal bagi setiap pengguna yang ingin mendapatkan akun, artinya username merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai identitas pengguna. Lantas, bagaimana cara membuat username?

1. Nama Username Harus Menarik

Username sosial media adalah hal pertama yang dilihat oleh semua yang mengikuti sosial media kita. Jika username tersebut dibuat menarik, maka orang lain dapat menemukan kita dengan mudah. Hal ini juga akan menambah kemungkinan bertambahnya orang yang mengikuti atau follow akun kita. Misalnya, kita dapat menggunakan unsur nama pribadi yang datang dengan keuntungan tersendiri seperti branding yang unik dan personal. Jika ingin menampilkan image tertentu, maka penggunaan username yang tidak sesuai patut dihindari. 

2. Buat Username yang Mudah Diingat

Meskipun harus membuat username yang menarik, namun sebaiknya yang mudah diingat dan mudah diketahui jika seseorang ingin mencarinya. Selain itu, tentu username tersebut akan digunakan setiap login ke media sosial. Username ini juga mudah untuk setiap pemiliknya, untuk mengingatnya dengan mudah dan tidak mudah terlupakan karena terlalu rumit atau justru sangat sederhana. Kalau kita sebagai pemiliknya lupa, maka akses masuk akan ditolak dan kita akan diminta untuk mengikuti serangkaian verifikasi.

3. Username Tidak Boleh Sama Persis

Username itu hanya satu, yang artinya tidak ada yang sama meskipun pengguna sosialnya berbeda. Walaupun keinginan tetap kokoh untuk menggunakan nama yang sama, namun tetap akan ini ditolak oleh pihak media sosial nantinya. Biasanya, namanya ada yang sama antara satu sama lain, hal tersebut tidak masalah karena kita dapat mengubah username dengan memberikan sedikit perbedaan. Misalkan username yang ingin digunakan adalah @salsabila yang ternyata sudah ada penggunanya, maka dapat menambahkan @salsabila_ supaya username dapat disetujui.

Itulah cara membuat username yang baik dan tepat. Kemudian, langkah berikutnya adalah membuat pasangannya yaitu password atau kata sandi yang juga harus dibuat dan ditentukan secara cermat. Perhatikan cara membuat password yang kuat dan tidak mudah diretas seperti berikut ini:

1. Hindari Penggunaan Password Yang Umum Digunakan

Hingga kini, masih banyak orang yang membuat password secara asal, seperti password asal yaitu “123456” yang merupakan urutan angka dari satu sampai enam. Password tersebut sangat mudah ditebak oleh para hacker, bahkan semua orang pun hampir dapat menebaknya juga. Maka dari itu, mulai sekarang buatlah password baru yang menurut Anda tidak mudah disamai apalagi diretas.

2. Buat Password Kombinasi Huruf dan Angka

Semua akun media sosial menyarankan untuk membuat password kombinasi, supaya sulit untuk ditebak oleh hacker. Meskipun Anda membuat password kombinasi, namun tetap usahakan untuk dapat mengingat kombinasi tersebut. Sebab jika lupa, maka kita tidak bisa masuk ke akun dan harus membuat password lagi. Salah satu tips membuat password kombinasi adalah dengan mengkombinasikan angka, nama hewan peliharan, nama pribadi, kesukaan, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Jangan Lupa Menggunakan Simbol Unik! 

Password juga bisa dibuat menggunakan simbol yang unik supaya lebih sulit diretas. Kita bisa menggabungkan semua simbol, angka, serta huruf besar dan kecil hingga menjadi kombinasi yang bagus! 

Terapkan Verifikasi Berbasis Teknologi untuk Bisnis Anda! 

Untuk pendaftaran, aktivasi akun atau aktivasi ulang, Anda bisa mengandalkan Phone Number Verification dari Verihubs. Layanan ini berupa SMS OTP dan WhatsApp Global OTP. 

SMS OTP Verihubs

Dengan SMS OTP Verihubs, proses verifikasi nomor telepon user dapat dilakukan secara real-time. Bahkan, Anda bisa mengandalkan SMS OTP Verihubs yang simple untuk verifikasi hingga keperluan promosi. Pesan dapat dikirim ke semua pelanggan dengan tarif API terbaik untuk pengiriman one-time password, notifikasi atau pesan promosi. Apa keunggulan SMS Global OTP Verihubs? 

  1. Hemat biaya dengan deteksi anomali. Verihubs dapat mendeteksi anomali (spam request) SMS, serta menonaktifkan pengiriman OTP ke nomor yang tidak aktif sehingga Anda tidak mengeluarkan biaya yang tidak diperlukan.
  2. Diciptakan untuk jangkauan global. Optimalkan keamanan akun dengan one-time password untuk verifikasi pengguna dengan verifikasi API yang dibuat untuk jangkauan skala global.
  3. Pilihan paket SMS yang fleksibel. Verihubs menawarkan dua pilihan layanan SMS, yaitu SMS Premium untuk pengiriman OTP, dan SMS Reguler untuk pengiriman dalam satu waktu dengan cakupan wilayah di Indonesia hingga Internasional.
  4. SMS OTP Verihubs akan menjamin bahwa hampir setiap SMS yang disebar ke berbagai user di berbagai daerah, sukses diterima.
  5. Verifikasi, botifikasi, mass alert, hingga promosi. Anda bisa mengirim konfirmasi log-in user, memberikan real-time notifications, hingga memasarkan produk ke user secara massal dengan Programmable Messaging API Verihubs.
  6. ID pengirim bisa custom.  Kirimkan SMS OTP, promosi atau notifikasi menggunakan ID pengirim yang sesuai dengan nama bisnis Anda.

WhatsApp Global OTP Verihubs

Selain SMS OTP, Anda pun bisa mengirim pesan secara otomatis dan melakukan verifikasi via WhatsApp. Tak lagi bergantung dengan provider telekomunikasi, kirim OTP dan notifikasi akan lebih efektif dan efisien dengan WhatsApp. Keunggulan WhatsApp Global OTP Verihubs adalah sebagai berikut:

  1. Hemat biaya dengan transaksi yang transparan. Silakan bayar sesuai kebutuhan Anda, karena Verihubs menghitung sesuai penggunaan dan hanya akan mengenakan biaya pada pengiriman WhatsApp yang berhasil.
  2. Tetap aman dan terpercaya. Keamanan akan tetap terjaga, bahkan lebih terpercaya dengan akun resmi WhatsApp bisnis Anda.
  3. Tingkat pengiriman yang lebih tinggi. WhatsApp akan mengirimkan OTP dan notifikasi dengan tingkat keberhasilan lebih tinggi dibandingkan SMS dan panggilan seluler.
  4. Verifikasi, notifikasi, mass alert, promosi, hingga CRM. Memaksimalkan keamanan lewat verifikasi, kirim real-time notifications, pasarkan produk ke user secara massal dan tingkatkan hubungan dengan pelanggan, semua bisa dilakukan lewat program CRM via WhatsApp.
  5. ID pengirim bisa disesuaikan. Anda bisa mengirimkan WhatsApp OTP, promosi, atau notifikasi menggunakan ID pengirim sesuai dengan nama bisnis Anda dan centang hijau resmi dari WhatsApp.

Selain Phone Number Verification, Verihubs juga menawarkan berbagai solusi verifikasi lainnya yang tak kalah menarik. Silakan hubungi kontak layanan Verihubs sekarang juga!