Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Ingin Tahu Bagaimana Proses Verifikasi Akun Digital Verihubs? Simak di Sini

verifikasi akun

Istilah verifikasi akun cukup sering muncul saat Anda menggunakan internet. Tidak jarang kata verifikasi muncul saat Anda ingin masuk ke akun media sosial. Hal ini tidak mengherankan, sebab verifikasi sendiri memang ditujukan untuk pemeriksaan tentang kebenaran suatu laporan. Jadi, saat Anda ingin masuk ke akun media sosial, verifikasi akan muncul untuk memastikan semua informasi yang Anda masukkan adalah benar dan berkaitan dengan akun Anda tersebut. 

Verifikasi adalah pemeriksaan tentang kebenaran laporan, di mana verifikasi ini tidak hanya bisa ditemukan pada penggunaan media sosial saja, namun juga dalam berbagai bidang lainnya dalam kehidupan. Dalam dunia layanan keuangan misalnya, verifikasi akun merupakan suatu proses yang membantu bisnis memverifikasi kepemilikan rekening bank. Hal ini biasanya dilakukan sebagai persyaratan peraturan, serta untuk membantu mengurangi risiko penipuan atau kesalahan yang merugikan. 

Bagi perusahaan fintech misalnya, menagih atau mengirimkan uang kepada pelanggan adalah aktivitas yang sering terjadi.  Untuk melakukan hal itu, tentunya akan dibutuhkan informasi terkait rekening bank. Selama ini, pelaku fintech akan mengandalkan pelanggan untuk memberikan detail akun mereka, termasuk rekening bank.  Namun kebanyakan kasus, human error seringkali sulit dihindari, atau bahkan ada pengguna yang mencoba melakukan penipuan. Di situlah verifikasi akun diperlukan, yaitu untuk memastikan bahwa nomor akun yang diberikan tidak hanya valid, tetapi juga milik orang (atau bisnis) yang mengklaim memilikinya. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan kedua belah pihak. 

Apa yang Anda Dapatkan dari Verifikasi Akun?

verifikasi akun

Katakanlah Anda menjual beberapa produk secara online, dan perlu menghubungkan informasi akun rekening bank Anda untuk memastikan Anda akan menerima pembayaran.  Tetapi nomor rekening bank Anda memiliki rangkaian angka yang panjang, dan Anda salah ketik.  Maka pembayaran dari pelanggan Anda akan terpental, dan transaksi tidak akan terjadi.  Jika hal ini terjadi, maka membutuhkan beberapa saat untuk mencari tahu dan menemukan titik masalahnya.  Akan sangat mengganggu, bukan? Lalu, bagaimana jika Anda kehilangan sejumlah uang karena Anda salah memasukkan angka?  Tentunya hal itu tidak hanya mengganggu, namun juga sangat merugikan.  Ini merupakan kesalahan dari human error yang sangat kecil yang harus dibayar dengan biaya yang sangat tinggi. Maka dari itu, verifikasi akun dapat melindungi Anda dari situasi ini.  Karena dengan adanya verifikasi akun akan membantu memastikan uang Anda pergi ke tempat yang tepat.

Di sisi lain, baik itu persyaratan peraturan atau tidak (beberapa bisnis mungkin perlu memverifikasi kepemilikan akun untuk mematuhi peraturan Anti Pencucian Uang atau KYC), verifikasi akun juga dapat melindungi bisnis dari situasi yang tidak menyenangkan. Ini akan membantu melindungi bisnis dari human error, nomor rekening bank yang tidak valid, atau biaya yang salah. Tetapi yang lebih penting dari itu, ini juga membantu melindungi bisnis dari mereka yang berniat buruk, seperti penipuan online atau cyber crime lainnya.

Verihubs Kembangkan Solusi Verifikasi Berbasis API untuk Perusahaan Digital

verifikasi akun

Di era serba teknologi seperti saat ini, implementasi verifikasi sangat diperlukan untuk mengukur kebenaran dan kompatibilitas satu sama lain dalam berbagai ekosistem perusahaan, termasuk dalam e-commerce, lembaga keuangan, permainan online, hingga media sosial. Verihubs hadir menawarkan layanan berbasis API yang membantu perusahaan digital dalam proses verifikasi menggunakan sumber data lokal dan identitas pengguna. Perusahaan ini telah lulus dan berhasil meraih seed funding dari program akselerator Y Combinator. 

Berawal dari isu pinjaman ilegal yang menerpa salah satu anggota keluarganya, CEO & Co-founder Verihubs, Rick Firnando yang pada saat itu bekerja di sebuah perusahaan SaaS, mulai melihat hal ini sebagai peluang yang besar. Semasa bekerja, Rick Firnando juga mendapati beberapa permintaan dari perusahaan untuk solusi verifikasi. Pertemuannya dengan Williem yang saat itu sedang mendalami ilmu AI untuk face recognition di salah satu universitas di Korea, semakin memantapkan niat Rick Firnando untuk membangun solusi verifikasi berbasis API ini.

Verihubs mulai menawarkan solusinya sejak 2019, mencakup proses Phone Number Verification), Identity Verification, Biometric Verification, dan Business Verification. Teknologi deep learning yang diterapkan diklaim dapat mengurangi risiko kesalahan, serta memastikan proses berjalan dengan mulus demi meningkatkan pengalaman user. Verihubs mengandalkan teknologi autentikasi berbasis AI, yaitu Face Recognition, Liveness Detection, Face Search, OCR.

Kenapa harus menggunakan layanan dari Verihubs? 

Verihubs, sebagai perusahaan autentikasi dan verifikasi sangat aman untuk menjaga validasi data pengguna bisnis Anda. Kenapa Anda harus memilih untuk ber-partner dengan Verihubs? Sebab, Verihubs menghadirkan solusi e-KYC berbasis AI untuk mempercepat proses verifikasi secara aman. Dari yang awalnya butuh waktu mingguan, dipercepat menjadi beberapa detik saja. Dengan layanan verifikasi ini, Verihubs dapat mencegah dan memperkecil adanya penipuan atau cyber crime yang sedang marak terjadi di Indonesia.

Sebagian besar pelanggan Verihubs saat ini memiliki posisi finansial, di mana teknologi Verihubs juga dapat digunakan untuk e-commerce hingga perhotelan. Sekarang, giliran Anda! Mari, pelajari berbagai teknologi yang tawarkan oleh Verihubs dengan lebih dalam dan segera terapkan pada bisnis Anda. Tim Verihubs akan sangat senang membantu Anda!