Penerapan Teknologi Verifikasi Wajah di Berbagai Negara

verifikasi wajah

Penerapan verifikasi wajah atau face verification sangat erat kaitannya dengan aktivitas sehari-hari, misalnya saat akan membuka rekening bank secara online, membuka kunci ponsel pintar dengan pemindaian wajah, dan masih banyak lagi. 

Verifikasi wajah yang masuk dalam kategori biometric verification sangat penting untuk menjaga keamanan identitas digital. Sistem verifikasi identitas dengan menggunakan biometrik adalah teknologi verifikasi yang menggunakan identitas biologis dari seseorang. Pada face verification, data yang diambil yaitu foto wajah yang disimpan dan selanjutnya akan kembali digunakan jika pengguna berusaha untuk mendapatkan akses.

Lantas, bagaimana proses face verification ini berlangsung? Berikut ini adalah proses yang terjadi pada saat melakukan verifikasi biometrik wajah yang perlu kamu pahami:

  • Langkah pertama, wajah dipindai dan dipetakan ke username atau ID pengguna yang akan digunakan untuk otentikasi.
  • Setelah itu, proses pembuktian atau validasi identitas dilakukan dengan cara melakukan perbandingan karakteristik fisik pengguna terhadap hasil pindaian yang telah disimpan. Misalnya, kamera mendeteksi wajah pengguna kemudian menyimpan hasil pemindaian ke sistem. Jika wajah pengguna cocok dengan sampel yang telah disimpan sebelumnya, maka otentikasi dianggap berhasil.
  • Tahap terakhir adalah otorisasi, yaitu proses pemberian kuasa kepada pennguna yang telah tervalidasi dengan tepat.

Pertanyaan berikutnya adalah, apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika menerapkan teknologi face verification?

Manfaat Penerapan Verifikasi Wajah atau Face Verification

verifikasi wajah
Sumber: Freepik

Verifikasi biometrik wajah bisa digunakan untuk verifikasi identitas skala masif dengan waktu singkat, sehingga bisa menghemat biaya dan tidak melibatkan banyak pihak serta proses yang panjang. Manfaat lainnya bisa Anda pahami pada ulasan di bawah ini:

  • Verifikasi wajah dapat mengenali seseorang dengan tepat, akurat dan konsisten.
  • Teknologi ini cukup mudah dan praktis digunakan, karena pengguna tidak perlu membawa kartu atau peralatan apapun.
  • Data akses tidak akan hilang atau dipalsukan karena melekat pada diri pengguna.
  • Pencatatan segala aktivitas dapat dilakukan secara lebih tepat karena dilakukan oleh sistem komputer.
  • Hanya bisa diakses satu orang saja karena sifatnya yang sangat pribadi, sehingga tidak bisa dipalsukan oleh orang lain.

Baca juga:  Mengenal Fungsi Faceprint dalam Proses Face Recognition

Contoh Penerapan Teknologi Verifikasi Wajah

verifikasi wajah
Sumber: Freepik

Ada banyak sekali manfaat jika bisnis atau perusahaan Anda menerapkan teknologi verifikasi biometrik wajah. Tak heran, teknologi ini banyak digunakan di berbagai negara, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Amerika

Bandara di Amerika Serikat telah menerapkan teknologi biometrik wajah secara resmi untuk penumpang domestik yang ingin melakukan check-in di bandara, di mana teknologi verifikasi ini diberlakukan pertama kali di Bandara Internasional San Fransisco dan maskapai United Airlines. Kebijakan ini diberlakukan untuk merespon kebijakan physical distancing di era Pandemi Covid-19.

Selain itu, teknologi verifikasi wajah juga tersedia di sejumlah bandara dan banyak lembaga pemerintah turut memakainya, termasuk Departemen Keamanan Dalam Negeri AS. Bahkan, teknologi pengenalan wajah berhasil meringkus seorang pria yang mencoba menggunakan paspor palsu untuk masuk ke wilayah Amerika Serikat (AS) melalui Bandara Washington Dulles. 

2. Rusia

Lain halnya dengan penerapan verifikasi wajah di Amerika, pihak berwenang di Rusia telah mengandalkan teknologi biometrik wajah untuk memeriksa pelanggaran aturan karantina oleh carrier COVID-19.  

3. Singapura

Singapura menjadi negara pertama di dunia yang mengintegrasikan teknologi verifikasi wajah ke dalam KTP digital warganya atau SingPass, sehingga warga Singapura bisa mengakses berbagai layanan pemerintah atau layanan swasta. Selain itu, sistem verifikasi wajah di Singapura juga telah diandalkan oleh sejumlah kantor cabang perpajakan dan bank, di mana bank yang menggunakan teknologi ini akan memperbolehkan nasabah dengan menggunakan verifikasi wajah guna membuka rekening digital.

4. China

Saat ini, China memang belum memasukkan teknologi biometrik wajah pada KTP warganya namun tapi beberapa tahun lalu China telah mewajibkan warganya untuk memindai wajah saat membeli ponsel baru sehingga dapat dicocokkan dengan KTP. Kabarnya, di tahun 2023 ini China menjadi pemain tunggal terbesar di pasar teknologi biometrik wajah secara global.

5. India

India juga tidak ketinggalan dalam penerapan teknologi verifikasi biometrik, di mana Otoritas Kesehatan Nasional India sudah memulai uji coba teknologi biometrik wajah sebagai alat untuk mengidentifikasi orang-orang yang mengantri di pusat vaksin COVID-19. Sistem ini menggunakan pemindaian wajah yang diambil dengan skema ID Nasional Aadhaar India, yaitu sistem ID biometrik yang terbesar di dunia.  

6. Indonesia

Sementara itu di Indonesia, penggunaan dan pengelolaan keamanan data pribadi masih terus dikembangkan hingga saat ini. Meskipun belum menggunakan teknologi biometrik wajah pada KTP, namun sudah banyak bisnis atau perusahaan yang menggunakan teknologi ini untuk berbagai layanan seperti onboarding (registrasi) akun bank, akun investasi, pinjaman online dan lain sebagainya.

Baca juga: 3 Tahap Utama Face Analysis dalam Proses Otentikasi User

Saatnya Menerapkan Biometric Verification pada Bisnis Anda!

Sistem face verification menjadi semakin akurat dari waktu ke waktu, dan Anda pun bisa memanfaatkannya untuk bisnis atau perusahaan Anda. Pilih Verihubs sebagai partner terbaik untuk urusan yang satu ini!

Verihubs menawarkan berbagai kemudahan dalam sistem verifikasi serta autentikasi yang terintegrasi, salah satunya adalah Biometric Verification. Anda tidak perlu khawatir, karena  Verihubs telah tersertifikasi ISO 27001-2013 sehingga keamanan data perusahaan dijamin terjaga.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai apa saja keunggulan dari teknologi termutakhir ini, dengan menghubungi kontak layanan Verihubs. Bersama dengan Verihubs, pengalaman user akan menjadi lebih lancar, operasional menjadi lebih efisien, dan keamanan data bisnis Anda menjadi lebih terjaga. Verihubs telah dipercaya oleh banyak pelaku bisnis di Indonesia, sekarang telah tiba giliran Anda!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!