Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Penggunaan WhatsApp API untuk Kelancaran Bisnis, Ini 7 Fungsinya!

whatsapp api

Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan yang Anda miliki menjadi salah satu cara efektif untuk terus meningkatkan penjualan. Diperlukan kanal dan metode komunikasi yang dapat menjangkau sejumlah besar pelanggan tanpa harus banyak membuang waktu. WhatsApp API adalah jawaban dari kebutuhan Anda dalam bisnis tersebut.

Tapi apa yang dimaksud dengan WhatsApp API? Apakah ini fitur resmi dari WhatsApp atau justru merupakan aplikasi lain yang menyerupai WhatsApp? Apa pula gunanya?

Dalam artikel singkat kali ini, akan disajikan bahasan menarik mengenai pemahaman WhatsApp API. Selanjutnya, akan coba dipetakan pula kelebihan yang ditawarkan, dan signifikansinya untuk digunakan pada bisnis yang Anda kelola.

Memahami Apa Itu WhatsApp API

API merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yang merupakan salah satu fitur dari WhatsApp untuk membantu aktivitas komunikasi bisnis Anda dengan pelanggan yang dimiliki. Karena menggunakan media WhatsApp, tentu pesan yang dikirimkan akan langsung tertuju pada pelanggan secara personal.

API sendiri berupa rangkaian kode yang dapat digunakan untuk menghubungkan WhatsApp dengan berbagai perangkat lunak milik perusahaan, sehingga pengelolaan pesan yang dilakukan akan lebih mudah dan efektif sampai ke perangkat milik pelanggan Anda.

Fungsi Fitur WhatsApp API

Sumber: freepik.com

Jika melihat fungsi yang dijalankannya, WhatsApp API sendiri terbilang memberikan cakupan yang menyeluruh untuk urusan komunikasi dengan pelanggan melalui media sosial ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Berfungsi sebagai Asisten Virtual

Fungsi in akan dirasakan oleh bagian customer service, dalam rangka melaksanakan tugasnya. Berbagai pertanyaan yang diajukan pelanggan dapat direspon dengan cepat menggunakan Chatbot yang tersedia dalam sistem ini.

Bahasa yang digunakan dapat diatur sedemikian rupa sehingga menjawab apa yang dibutuhkan pelanggan. Karena bersifat otomatis, respon yang diberikan tersedia setiap hari dan setiap jam, 24/7.

2. Dapat Terhubung dengan Sistem CRM yang Dimiliki

Terhubungnya aplikasi ini dengan sistem CRM akan sangat memudahkan perusahaan Anda mengelola data yang terkait dengan transaksi pelanggan. Misalnya saja, sistem akan dapat mendeteksi pelanggan atau calon pelanggan baru dan menyimpan data ke database, atau memasukkan tickets, deals, hingga pesanan dari percakapan WhatsApp ke dalam CRM yang dimiliki.

3. Memberikan Update pada Transaksi yang Dilakukan

Setiap transaksi yang dilakukan pelanggan akan melalui berbagai tahap hingga sampai saat transaksi tersebut selesai. Setiap tahapan ini, akan diinformasikan secara langsung pada pelanggan sehingga pelanggan tidak perlu kebingungan menunggu update dari transaksinya.

4. Dapat Terhubung dengan Sistem CRM yang Dimiliki

Terhubungnya aplikasi ini dengan sistem CRM akan sangat memudahkan perusahaan Anda mengelola data yang terkait dengan transaksi pelanggan. Misalnya saja, sistem akan dapat mendeteksi pelanggan atau calon pelanggan baru dan menyimpan data ke database, atau memasukkan tickets, deals, hingga pesanan dari percakapan WhatsApp ke dalam CRM yang dimiliki.

5. Memudahkan Proses Pembayaran

Ketika aplikasi ini sudah terhubung dengan sistem milik perusahaan maka pembayaran yang harus dilakukan pelanggan akan dapat terjadi dengan cepat. Berbagai metode dapat diakomodir, mulai dari transfer antar bank, penggunaan e-money dan e-wallet, dan sebagainya hanya dengan sistem dari WhatsApp ini.

6. Terhubung dengan Program Loyalitas Pelanggan

Ketika seorang pelanggan telah melakukan pembelian berulang dan perusahaan memiliki program loyalitas pelanggan, mereka bisa dengan mudah melacak perolehan poin dan informasi lain yang terkait dengan hal tersebut. Jelas, semua sudah tersedia di WhatsApp sehingga Anda tak perlu menambahkan fitur lain yang merepotkan.

7. Integrasi dalam Satu Nomor

Perusahaan hanya memerlukan satu nomor WhatsApp untuk dikelola secara bersama-sama oleh semua admin yang bertugas. Selain memudahkan perusahaan untuk pengelolaan data dan komunikasi, hal ini juga memudahkan pelanggan dalam menghubungi nomor layanan pelanggan yang disediakan.

Kelebihan Penggunaan API dalam Pengelolaan Hubungan dengan Pelanggan

Dalam setiap fitur yang ditawarkan sebuah layanan, harus ada kelebihan yang menjadi kekuatannya bukan? Anda juga tentu perlu diyakinkan dengan kelebihan ini, sehingga dapat turut menggunakan API dalam sistem yang Anda miliki.

Kelebihan yang ditawarkan antara lain:

  • Dapat secara otomatis menyimpan data pelanggan, sehingga mempersingkat waktu proses data yang diperlukan
  • Integrasi dengan perangkat dan sistem lain yang telah dimiliki perusahaan lebih mudah
  • Menyediakan fitur centang hijau, sebagai bentuk verifikasi atas identitas perusahaan
  • Mempermudah kerja admin yang bertugas sebab semua data akan terintegrasi dan mudah dilacak
  • Membantu melakukan sinkronisasi riwayat percakapan yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan
  • Dapat mengirimkan pesan blast secara langsung namun tetap terlihat organik
  • Lebih mudah dikelola sebab hanya memerlukan satu nomor aktif

Penggunaan WhatsApp API dalam Verifikasi Data Pengguna Fintech

Sumber: freepik.com

Sempat disinggung sebelumnya mengenai urusan pembayaran yang dapat dibantu dengan layanan WhatsApp API ini. Tentu, sebagai pengusaha Anda juga wajib memastikan keamanan proses pembayaran yang dilakukan ini bukan?

Hal ini karena proses pembayaran akan melibatkan banyak data penting dan bersifat rahasia, sehingga keamanannya wajib benar-benar dijaga.

Pada praktek bisnis nyata, verifikasi dapat dilakukan secara langsung dengan WhatsApp API, sebab aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan produk verifikasi seperti yang disediakan oleh Verihubs. Integrasinya dengan WhatsApp Global OTP yang tersedia pada Verihubs ini kemudian dapat membantu proses verifikasi yang diperlukan perusahaan, secara aman namun tanpa membuang banyak waktu.

Integrasi sistem perusahaan, WhatsApp API dan layanan verifikasi seperti yang disediakan Verihubs, dapat memaksimalkan pengalaman yang didapatkan oleh pelanggan dalam setiap transaksinya. Cepat, akurat, dan aman, proses akan menjadi sangat efisien sehingga loyalitas pelanggan terus meningkat dan transaksi berjalan secara progresif. Jadi, segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan integrasikan setiap proses bisnis dengan verifikasi terjamin dari Verihubs!