Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Intip Cara Kerja Absensi Face Recognition dan 5 Kelebihannya

absen face recognition

Saat ini, teknologi face recognition banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, salah satunya adalah pada sistem keamanan seperti absensi karyawan. Teknologi face recognition ini banyak digunakan oleh perusahaan sebagai salah satu cara absensi karyawan untuk menggantikan mesin fingerprint. Dengan sistem absensi face recognition, maka karyawan tidak perlu melakukan absensi di kantor.

Sebelum menilik bagaimana cara kerja dan keunggulannya, perlu dipahami bahwa face recognition adalah sebuah teknologi yang bisa mengidentifikasi atau mengkonfirmasi identitas seseorang menggunakan wajah mereka. Sistem ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi wajah melalui foto, video, atau bahkan secara langsung.

Face recognition juga merupakan bagian dari teknologi biometric security, di mana bentuk lainnya dari teknologi ini termasuk voice recognition, iris recognition, atau fingerprint recognition yang biasanya juga disematkan di dalam mesin absensi online. Teknologi ini banyak digunakan untuk sistem keamanan, termasuk juga digunakan oleh banyak badan hukum untuk keperluan penyelidikan. Seiring berjalannya waktu, teknologi biometric security seperti face recognition mulai banyak digunakan di berbagai area, termasuk di dalam dunia pengelolaan SDM.

Selain fingerprint solution, saat ini banyak perkantoran yang juga menggunakan sistem absensi face recognition. Hal ini akan meningkatkan efisiensi absensi di mana karyawan dapat melakukannya dari mana saja, tidak perlu datang ke kantor.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Absensi Face Recognition?

absen face recognition
Sumber: Freepik

Sebagian orang mungkin sudah familiar dengan teknologi ini melalui FaceID yang dimiliki oleh iPhone. Sebenarnya, teknologi face recognition tidak membutuhkan database foto seseorang untuk mengenali identitas seseorang. Namun, sistem face recognition bekerja dengan cara mengenali satu orang sebagai pemilik perangkat dan tidak akan memberikan akses kepada orang lain selain pemilik.

Berikut ini adalah informasi mengenai bagaimana face recognition bekerja selengkapnya:

  1. Mendeteksi Wajah. Kamera akan mendeteksi wajah pengguna, baik saat sedang sendirian atau berada dengan sekumpulan orang lain.
  2. Analisis Wajah. Selanjutnya, sistem akan menangkap dan melakukan analisis wajah pengguna. Kebanyakan teknologi dengan sistem pengenalan wajah akan mengandalkan gambar dua dimensi dibandingkan dengan tiga dimensi, karena lebih mudah mencocokkan gambar dua dimensi dengan foto yang ada di dalam database. Beberapa aspek yang akan dianalisis meliputi jarak di antara mata, kedalaman mata, jarak antara jidat dengan dagu, bentuk rahang, kontur bibir, kuping, serta dagu. Aspek-aspek tersebut yang akan menjadi kunci penentu untuk menilai kecocokan wajah pengguna.
  3. Mengolah Fitur Wajah Menjadi Data. Data-data dari wajah pengguna kemudian akan diolah menjadi sebuah informasi digital berdasarkan fitur wajah. Hampir mirip dengan bagaimana sidik jari masing-masing orang itu unik, setiap orang juga memiliki faceprint-nya masing-masing. Data faceprint ini yang nantinya akan diingat oleh sistem ketika pengguna ingin mengakses smartphone miliknya.

Manfaat dan Keunggulan Face Recognition Pada Sistem Absensi

absen face recognition
Sumber: Freepik

Ada beberapa keunggulan dan manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan face recognition pada sistem absensi bisnis Anda. Berikut ini adalah manfaat-manfaat tersebut:

1. Contactless

Tidak seperti teknologi sidik jari atau fingerprint yang mengharuskan karyawan untuk menempelkan jari mereka pada mesin, sistem absensi face recognition benar-benar contactless atau tidak memerlukan kontak sama sekali dengan mesin. Setiap pengguna juga tidak perlu menyentuh kartu identitas karyawan untuk didekatkan ke sensor pembaca. Dengan begini, proses absensi akan menjadi lebih steril.

2. Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan

Dengan menggunakan teknologi face recognition, akan lebih sulit bagi karyawan untuk memanipulasi absensi, sehingga perusahaan bisa memperoleh data absensi dengan lebih akurat dan real-time. Hal ini tentunya juga akan berdampak pada departemen lainnya dalam perusahaan, seperti departemen HRD dan keuangan. 

3. Efisiensi Kerja Dapat Meningkat

Proses absensi dengan menggunakan teknologi pengenal wajah juga cenderung cepat. Hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja, para karyawan bisa melakukan absensi dan menunjukkan bahwa mereka masuk kerja. Hal ini tentunya akan berdampak baik pada tingkat efisiensi kerja. Di mana dengan proses absensi yang cepat, para karyawan bisa langsung melakukan pekerjaan mereka daripada berlama-lama menulis absensi secara manual. Dengan kata lain, teknologi face recognition bisa membantu untuk menghemat waktu dan memaksimalkan waktu yang dimiliki karyawan untuk segera bekerja.

4. Meminimalisir Terjadinya Gagal Absen

Beberapa karyawan mungkin bisa kehilangan kartu identitas karyawan yang mereka gunakan untuk absen atau lupa password saat absensi. Sidik jari terkadang juga bisa sulit terbaca saat jari basah atau terkena bahan kimia seperti sabun. Nah, untuk meminimalisir gagal absen seperti ini, Anda bisa menggunakan sistem absensi face recognition, di mana foto wajah beserta data diri sudah tersimpan di dalam database, sehingga kemungkinannya kecil untuk berubah ataupun hilang.

5. Mencegah Terjadinya Tindakan Kriminal

Karena foto wajah dan informasi pribadi pengguna tersimpan di dalam database, maka pengguna teknologi pengenal wajah akan berpikir dua kali untuk melakukan tindakan kriminal. Dengan teknologi ini, pihak yang berwajib juga akan lebih mudah menemukan pelaku tindak kriminal. Jika Anda menggunakan teknologi pengenal wajah pada sistem absensi perusahaan Anda, maka itu artinya Anda bisa mengurangi terjadinya perilaku menyimpang atau tindakan kriminal di tempat kerja.

Baca juga: Mengenal 6 Jenis Sistem Absensi Karyawan, Ini Ulasannya!

Keamanan dan kenyamanan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam sistem absensi. Faktor keamanan berkaitan dengan sistem absensi yang tidak dapat dimanipulasi, serta data karyawan yang terproteksi dengan baik. Sedangkan faktor kenyamanan lebih berkaitan dengan pengalaman karyawan dalam menjalankan absensi yang lebih mudah, cepat, dan minim kendala. Adanya sistem face recognition, mampu memenuhi dua faktor utama tersebut.

Baca juga: 5 Efek Penerapan Sistem Absensi Modern untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja Perusahaan

Saatnya Membangun Ekosistem Digital bersama Verihubs!

Bersama Verihubs, Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam sistem verifikasi dan autentikasi yang terintegrasi di sistem perusahaan Anda. Teknologi yang dikembangkan oleh Verihubs akan membantu bisnis dan perusahaan Anda dalam berinovasi hingga memenangkan persaingan. 

Teknologi Biometric Verification Verihubs, yang memungkinkan Anda bisa mengenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Lantas Apa yang di dapat di Biometric Verification?

  • Ada Face Recognition, yang bisa diandalkan untuk membandingkan dan mengenali wajah pengguna melalui AI dengan akurasi tinggi. Verifikasi kemiripan wajah pengguna dapat diselesaikan dalam hitungan detik dengan Face Recognition!
  • Untuk menghindari upaya penipuan identitas dengan mendeteksi wajah pengguna secara langsung, bisa mengandalkan fitur Liveness Detection. Dengan fitur ini, Anda dapat mendeteksi objek di depan kamera secara akurat dan memastikan objek tersebut merupakan identitas asli yang hidup, bukan representasi dari foto ataupun topeng.

Segera dapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan dari Verihubs! Anda bisa menyesuaikan solusi terbaik dari Verihubs dengan kebutuhan bisnis dan perusahaan Anda.