Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

5 Efek Penerapan Sistem Absensi Modern untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja Perusahaan

meningkatkan efisiensi

Efisiensi kinerja perusahaan berpengaruh langsung pada output dari perusahaan itu sendiri. Semakin optimal gerakan setiap bagian di dalam perusahaan, maka semakin baik pula kualitas hasil yang diperoleh. Jelas, cara meningkatkan efisiensi dapat dilakukan di berbagai sektor yang menjadi kegiatan rutin dari perusahaan tersebut.

Salah satu contohnya adalah dengan meningkatkan efisiensi pada pengelolaan data karyawan di bidang absensi. Penerapan absensi yang semakin modern memungkinkan perusahaan memiliki data lengkap, valid, dan dapat digunakan sebagai dasar banyak analisis guna menunjang kebutuhan strategis perusahaan.

Tapi apa sebenarnya efek dari penerapan sistem absensi yang lebih modern ini?

Baca Juga: Digitalisasi adalah Proses Fundamental di Era Modern, Simak di Sini!

1. Efisiensi Waktu dalam Melakukan Absen Masuk dan Keluar

meningkatkan efiensi
Sumber: freepik.com

Beberapa sistem absensi selama ini digunakan oleh perusahaan. Mulai dari absen manual dengan tanda tangan, absen analog dengan menggunakan mesin pencatat waktu kehadiran, kemudian beralih ke model sidik jari, hingga yang terkini menggunakan absen online berbasis website atau menggunakan basis biometrik.

Semakin modern sistem absensi yang digunakan, maka idealnya semakin cepat pula proses absensi yang dilakukan oleh karyawan. Meski hanya berselang beberapa menit, atau bahkan detik, peningkatan efisiensi penggunaan waktu ini akan berpengaruh pada kinerja karyawan.

Bayangkan saja jika karyawan berangkat dari tempat tinggal, harus melalui transportasi berdesakan, dan masih harus menunggu lama hanya untuk melakukan proses absensi, maka semangat kerjanya akan menurun bukan?

Jika kemudian dihadapkan pada sistem absensi modern, yang mampu menyelesaikan urusan ini hanya dalam hitungan detik, maka semangat kerja karyawan bisa benar-benar dijaga dan optimal untuk bekerja.

2. Efisiensi Biaya Pengadaan dan Pengelolaan Data Absensi

Untuk pengadaan dan biaya pengelolaan data absensi, sistem yang modern dapat memberikan efisiensi yang lebih baik. Mengapa demikian? Sebab sistem modern banyak mengandalkan layanan online dan digital, sehingga secara materi, kebutuhannya lebih kecil.

Memang, diperlukan investasi yang tidak kecil untuk melakukan setup awal pada sistem digital dan online ini. Namun dalam jangka panjang, pemeliharaan dan biaya operasional yang menjadi beban perusahaan akan banyak berkurang.

Secara langsung, cara meningkatkan efisiensi ini berguna untuk sisi finansial. Semakin baik pengelolaan keuangan yang dimiliki perusahaan, dalam hal ini urusan absensi, maka dana yang dimiliki bisa lebih dioptimalkan penggunaannya.

3. Penghitungan dan Pencatatan Jam Kerja Semakin Akurat

meningkatkan efiensi
Sumber: freepik.com

Salah satu keunggulan mutlak yang dimiliki sistem absensi modern dalam meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan adalah pencatatan dan penghitungan jam kerja karyawan menjadi semakin akurat. Hal ini karena sistem jam yang digunakan biasanya bersifat online, sehingga terintegrasi dengan pusat jam yang kredibel.

Selain itu, karena proses absensi yang dilakukan juga cepat, maka waktu karyawan masuk dan keluar akan tercatat benar-benar tepat. Perhitungan jam kerja dapat dilakukan secara cermat, sehingga sistem pengupahan yang digunakan juga akan semakin akurat dari waktu ke waktu.

Hal ini juga termasuk pada penghitungan waktu lembur yang dilakukan oleh sistem, ketika telah terintegrasi dengan sistem pelaporan kinerja harian. Secara singkat, analisa dapat dilakukan dan ditentukan ketepatan waktu lembur yang dilakukan oleh karyawan.

4. Risiko Kecurangan Dapat Ditekan

Kecurangan pada sistem absensi menjadi salah satu hal yang dapat menurunkan kinerja perusahaan secara umum. Bagaimana tidak? Ketika jam kerja karyawan tidak tercatat dengan benar, atau bahkan terjadi absensi palsu yang dilakukan oknum karyawan, maka akan banyak pekerjaan perusahaan yang tidak terselesaikan tepat waktu.

Sistem absensi paling modern, yang menggunakan basis biometrik, dapat mengeliminir hal tersebut. Sistem ini dibuat sedemikian rupa sehingga hanya akan dapat mengenali profil unik dari wajah setiap karyawan yang telah tersimpan datanya di database.

Jadi, kejadian kecurangan dapat dihilangkan, dan menjamin karyawan masuk kerja tepat waktu, dan keluar dari kantor tepat waktu. Disiplin waktu akan jadi faktor besar dalam meningkatkan efisiensi kerja perusahaan. Dengan demikian output yang dihasilkan juga akan semakin baik.

5. Analisis Data Absensi yang Relevan

meningkatkan efiensi
Sumber: freepik.com

Pengaruh penggunaan sistem absensi yang modern pada upaya meningkatkan efisiensi kerja bagian HR akan sangat besar. Data yang tersaji dan terdokumentasi pada sistem database akan sangat akurat, sehingga analisis lebih baik dapat dilakukan.

Seperti yang dipahami bersama, bahwa analisis yang kuat memerlukan basis data yang solid. Hal ini secara otomatis terpenuhi, sehingga berbagai keputusan yang diambil akan benar-benar baik dan berkualitas, demi kebaikan perusahaan secara umum.

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis Sistem Absensi Karyawan, Ini Ulasannya! 

Penggunaan sistem absensi karyawan memiliki peran besar dalam meningkatkan efisiensi kerja perusahaan. Salah satu absensi populer yang digunakan saat ini, dan dinilai paling efektif, adalah absensi menggunakan fitur biometrik.

Verihubs, Fleksibilitas Penggunaan Fitur dalam Urusan Verifikasi

Verihubs memang terkenal sebagai salah satu produk verifikasi terbaik di Indonesia. Namun demikian, penerapan fitur yang dimilikinya, seperti pada Biometric Verification, dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi sistem absensi yang digunakan. Dengan pengenalan wajah yang cepat, akurat, dan terjamin keamanan datanya, Verihubs mampu menjadi partner perusahaan dalam mengembangkan kinerjanya dari waktu ke waktu. Hubungi layanan pelanggan kami sekarang juga, dan dapatkan informasi lengkap seputar produk dan penerapannya!